Holisah

Lahir di Serang, 03 Mei 1979. Putri ke tiga pasangan H. Kurtubi dan Hj. Dewi fatimah. Tingal di Sempu Seroja Serang. Menikah dengan Idrus warga Kp. Pematan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

#Tagur menulis hari ke 80

#Media Guru Indonesia#Gurusiana#

Hari ke 1 Diklat daring Guru Belajar berjudul AKM

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bismillahirohmanirohim.

Sy mencoba untuk menjelaskan tentang AKM yang saya dapatkan dari diklat daring guru belajar hari ke 1.

Program guru belajar adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Tujuan diadakannya program guru belajar adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Salah satu program guru belajar adalah AKM. Apa itu AKM?

AKM adalah program pembelajaran yang dirancang untuk guru dan kepala sekolah dengan tujuan meningkatkan kompetensi berdasarkan literasi dan numerasi. Literasi merupakan keterampilan individu dalam berbahasa (mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara). Sedangkan numerasi adalah kemampuan individu dalam mengaplikasikan konsep bilangan berupa angka dan simbol untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Mas Nadiem " AKM merupakan bagian dari AN (Asesmen Nasional). Yang digunakan untuk mengukur capaian murid dari hasil belajar kognitif, baik literasi maupun numerasi. Keduanya menjadi syarat utama dalam berkontribusi di masyarakat. Tanpa mengecilkan arti penting mata pelajaran. Justru dengan AKM dapat membantu siswa dalam mempelajari berbagai bidang ilmu. Untuk meneruskan informasi dalam bentuk tulisan dan angka pada semua mapel yang diajarkan.

Pada tahun 2021 AKM Akan mulai diberlakukan sebagai pengganti UN. Adapun soal yang diberikan berbeda dengan UN yaitu soal bisa berbentuk uraian, pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan jawaban singkat.

Bersambung

Serang, 21 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post