Hotlider H Simamora Moeslim

Nama saya Hotlider H Simamora, pada Maret Tahun 2015, Nama saya bertambah satu kata, untuk menemukan kedamaian didalan menjalani kehidupan saya. "Moeslim"...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGAMATAN SEDERHANA

PENGAMATAN SEDERHANA

TINDAKAN MELAKUKAN PENGAMATAN KECERDASAN SECARA SEDERHANA KEPADA PESERTA DIDIK

Mengetahui "kenakalan" anak:

Anak yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi akan suka menyela pembicaraan, tanya atau berdebat.

Anak yang memiliki tingkat kecerdasan spesial tinggi, akan suka mencoret-coret atau melamun

Anak yang memiliki tingkat kecerdasan kinestetis-jasmani tinggi tidak bisa duduk diam saja.

Anak yang memiliki minat tinggi pada alam, mungkinakan membawa binatang kedalam kelas tanpa izin lebih dahulu.

Menagamati dan menilai cara anak-anak menghabiskan waktu luang/waktu bermainnya di lingkungan sekolah. Apa yang dilakukan apabila tidak ada yang menentukan jenis kegiatan yang dilakukan :

Anak yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung menghabiskan waktunya dengan membaca buku-buku.

Anak dengan kecerdasan interpersonal akan memilih permainan kelompok/ngrumpi.

Anak yang memiliki kecerdasan spasial, cenderung akan memilih menggambar.

Menyediakan buku catatan, buku harian, atau agenda di meja untuk mencatat pengamatan terhadap anak didik. melakukan hal ini mungkin sulit untuk dilaksanakan namun kita bisa melajukan cara dibawah ini.

Cara memudahkan kita adalah kita boleh memilih beberapa siswa, yaitu siswa yang paling "nakal". Dengan cara ini kita akan menemukan cara belajar yang di senangi siswa, sehingga kita tidak terlalu repot mencatat satu persatu dari keadaan siswa, dan siswa pasti akan senang belajar.

Mengumpulkan dokumentasi.

Tidak ada salah pada moment tertentu seorang guru menyiapkan kamera atau alat perekam ketika anak memperlihatkan kemampuan yang menonjol pada salah satu kegiatannya, mari kita dokumentasikan. data dokumentasinya akan membantu menemukan kecerdasan anak.

Melihat Data Sekolah.

Diharapkan sekolah harus memiliki data yang dapat digunakan sebagai pusat informasi tentang keadaan setiap siswa. Kita bisa membandingkan prestasi siswa selama beberapa waktu dalam bahasa anak selalu memeperoleh yang lebih tinggi ?. Kalau memang demikian yang terjadi, mungkin ia menonjol pada kecerdasan linguistik.

Memperoleh informasi dari Guru-guru lain.

Masing-masing Guru memiliki catatan berdasarkan pengalaman dan pengalamannya dengan anak. Informasi ini bisa bermanfaat untuk mengetahui kecerdasan anak.

PENAFSIRAN KECERDASAN SELAMA INI BERMAHZAB IQ MARI SEGERA MERUBAH PARADIGMA INi, DENGAN PANDANGAN SEPERTI INI SANGATLAH TERLALU SEMPIT

HOWARD GARDNER

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sepakat Pak Hotlider. Terutama yang menangani kelas kecil. Saya usulkan paling banyak satu guru menangani 12 siswa. Insyaa Allah akan tertangani.

02 May
Balas

iya Pak YK, ini pengalaman pertama saya mengajar SD kelas bawah, dengan jumlah siswa yang lumayan, jumlahnya 32 orang. Saya bingung mengatasinya dan akhirnya saya monitor saja anak-anaknya bermain.

03 May
Balas

Memang jadi tantangan ya pak. Tetap semangat.

03 May

Benar Pak, Tantangan yang begitu luar biasa Bagi Kita, Bagi Semua Pihak Pemerhati Pendidikan untuk menciptakan Anak-anak Bangsa ini yang berilmu dan berahlak mulia.

03 May
Balas

Keren banget. Assalamu alaikum saudara???

14 Sep
Balas



search

New Post