Anik Zuroidah

ANIK ZUROIDAH, S. pd. Mengajar di MtsN 5 Jombang IKATLAH ILMU DENGAN PENA (ALI BIN ABI THOLIB) Maqola ini sangat memotivasi saya untuk selalu menu...

Selengkapnya
Navigasi Web
BELAJAR BERMAKNA, SEBUAH REFLEKSI PEMBELAJARAN (Hari ke-30)
BELAJAR YANG BERMAKNA

BELAJAR BERMAKNA, SEBUAH REFLEKSI PEMBELAJARAN (Hari ke-30)

Bagi penulis, Aktivitas pembelajaran hari ini, Selasa 10 Januari 2023 sangatlah bermakna. Pagi tadi,, jadwal pembelajaran untuk jam ke 1 dan 2 dikelas 9-H. Materi pembelajaran adalah menyajikan teks tanggapan kritis. Pembelajaran tadi merupakan lanjutan pembelajaran sebelumnya. MAteri sebelumnya ialah Menyusun teks tanggapan kritis. Penyusunan teks tanggapan kritis dilakukan secara berkelompok. Kelompok dibagi penulis menjadi 9 kelompok karena jumlah siswa sebanyak 30 peserta didik. JAdilah per kelompok berjumlah 3 [peserta didik.

Di awal pembelajaran penulis menyampaikan bahwa hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Apersepsi ini menjadi motivasi para peserta didik. Kemudian penulis meminta peserta didik untuk presentasi di depan kelas terkait tugas kelompok yang telah dilaaukannya. Namun peerta didik tak begerak. Mereka saling memandang. Memperhatikan hal tersebut penulis menanyakan mengapa mereka tidak segera maju. Mereka menjawab bahwa merasa malu tampil di depan.

Menghadapi hal tersebut, penulis segera mengambil sikap denganaa cara menyampaikan bahwa penulis tidak bersedia memberikan nilai psikomotorik jika mereka tidaka berkenan untuk presentasi. Umpan balik ini pun ditanggapi oleh kelompok dua, Salsa dan anggota kelompoknya.

Kelompok dua segera mau kemudian menyampaikan idenya tentang teks tanggapan kritis yang bertemakan Siswa berprestasi , berakhlak kurang terpuji. Memperhatikan penyajiannya, kelompok dua cukup bagus. Penulis pun memberikan apresiasi dengan memberikan nilai sangat bagus atau A dan menyampaikannya di hadapan peserta didik sebagai motivasi. Setelah itu barulah kelompok yang lain bersedia untuk maju. Satu demi satu kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Ternyata mereka bisa.

Usai tampil secara keseluruhan, penulis mengajak peserta didik untuk merefleksi kegiatan pembelajaran. Luar biasa, mereka bisa menyampaikan tujuan, manfaat, dan materi dalam pembelajaran teks tanmaggapan kritis ini.

Bagi penulis, pembekajarn di kelas 9-H tadi pagi membrikan makna bahwa peserta didik membutuhkan motivasi dan apresiasi dalam kegiatan pembelajaran agar mereka bersemanagat untuk belajar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya Bu Anik, salam sukses

10 Jan
Balas

Terima kasih. Salam sukses juga.

11 Jan



search

New Post