Fransisca Setyatun, S.Pd.

Sejak 1991 menjadi guru di SMP Fransiskus Tanjungkarang Bandarlampung. Setelah berkarya selama 32 tahun, terhitung 1 Februari 2023 memasuki purnabakti. P...

Selengkapnya
Navigasi Web

ETIKA MERASA BISA

Janji Hati

Tantangangurusiana

10 April 2024

KETIKA MERASA BISA

Oleh: Fransisca S. Tanoyo

Seorang teman datang ke rumah dengan mata sembab karena menangis. Nampak jelas aura tubuhnya menyampaikan sinyal dia sedang tidak baik- baik saja. Dia menopang beban berat dan menyimpan duka yang dalam.

Setelah sejenak saling sapa, saya mencoba untuk memahami kondisinya dan memilih banyak diam untuk jadi pendengar. Dengan berat dia membuka percakapan dengan sesekali menghela nafas.

Teman saya merasa jadi orang gagal. Selama tiga tahun dia mengurus anak saudara yang sudah yatim piatu. Dengan ikhlas dia mengambil peran itu demi menyelamatkan masa depan anak ini. Sedihnya setelah berhasil menyelesaikan sekolahnya anak ini meninggalkan rumah, dan tak mau mengenalnya lagi.

Rasanya nyesek mendengarnya. Saya sangat mengenal teman itu sangat baik suka menolong. Pengorbanannya total untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain. Banyak orang telah dibantu, banyak orang diterima dengan tangan terbuka di rumahnya. Anak ini ternyata sudah merasa bisa dan tidak perlu bantuan orang lain. Dia lupa ada orang yang menyayangi dengan tulus dan berkorban untuknya.

Tentu sangat miris kalau memikirkan orang yang sombong merasa bisa, dan tidak tahu berterima kasih dengan orang yang pernah berjasa bagi hidupnya. Seharusnya manusia belajar lebih tinggi lagi untuk memiliki kualitas hidup. Bukan dengan Rumongso Biso ( merasa bisa) tapi Biso Rumongso.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bgtlah kenyataan hdp di sekeliling kt, banyak yg spt ini bunda. Smga generasi mulenial.punya kepekaan sosial.

11 Apr
Balas

Ya Bunda, di sekitar kita ternyata banyak warna ya. Hanya sabar dan ikhlas berjiwa besar yang perlu dimiliki.Terima kasih Bunda, salam sukses

11 Apr

Ya rumah yang berkah

11 Apr
Balas

Yakin sesuatu yang dilakukan baik dan penuh keikhlasan akan menjadi berkat. Terima kasih Pak Sandi, salam sukses.

11 Apr

Sama sama

12 Apr



search

New Post