Hasmaraeni

Hasmaraeni, Guru di SMPN 1 Suli Kab. Luwu Sulawesi Selatan. Alamat: Jl. Topoka Kel. Senga Ke. Belopa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memudahkan Hidup Melalui Kegiatan Membaca

Oleh: Hasmaraeni

Kelangsungan hidup manusia sangat ditentukan dari kemampuan mereka beradaptasi dengan alam. Alam telah menyediakan sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hanya saja dalam pemenuhan kebutuhan, manusia harus pandai memanfaatkan alam. Memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengelola alam secara bijaksana.

Keberadaan sumber daya alam boleh dikata sangat dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Olehnya itu penting bagi manusia untuk mengelola sumber daya alam sebaik-baiknya. Salah satu caranya yaitu, memiliki kemampuan untuk membaca kondisi alam disekitarnya. Hal ini dapat dilakukan baik secara mandiri maupun secara berkelompok. Membaca berbagai sumber pengetahuan menjadikan diri kita semakin paham dengan keberlangsungan hidup.

Membaca yang dimaksudkan disini yaitu mengkaji ilmu pengetahuan yang dapat menuntun pribadi kita menggapai kebahagiaan. Misalnya dalam memenuhi kebutuhan makanan, maka perlu memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara memperoleh bahan baku, bagaimana mengolah dan bagaimana memanfaatkannya dengan baik. Untuk memiliki pengetahuan tersebut salah satu caranya yaitu membaca berbagai sumber pengetahuan tentang pemenuhan kebutuhan makanan.

Contoh lain misalnya, seorang guru untuk dapat terus menjalankan perannya sebagai pendidik yang profesional yang dapat mengikuti perkembangan zaman, maka jalan terbaik yang harus ditempuh yakni memperbanyak membaca. Kesempatan untuk membaca berbagai sumber pengetahuan telah terbuka lebar. Kesempatan tidak lagi berbatas ruang maupun waktu. Bahan bacaan telah tersedia bebas, baik berupa buku maupun dalam bentuk bacaan elektronik. Membaca mandiri atau pun melalui webinar dan pelatihan.

Sebagaimana pengalaman penulis dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru, perlu terus membaca untuk meningkatkan kompetensi. Mengingat tanggungjawab sebagai seorang guru sangat besar. Membelajarkan seorang anak tidak semudah menulis di atas lembaran kertas putih. Mentransfer ilmu ke peserta didik membutuhkan keterampilan khusus agar terhindar dari kegagalan dalam mendidik. Seorang pendidik memiliki tekad yang kuat untuk mencerdaskan anak didiknya. Jadi tidak ada alasan untuk berhenti membaca.

Kegiatan membaca yang dilakukan oleh seorang pendidik, selain untuk kepentingan mendidik generasi bangsa, juga untuk peningkatan prestasi mereka. Pendidik yang aktif melakukan kegiatan membaca dapat menjadikan dirinya pendidik kreatif dan inovatif. Menjadi pendidik yang dapat mengikuti perubahan zaman.

Demikian halnya dengan para petani, peternak, pedagang, dan penggiat lainnya. Untuk meraih sukses perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidangnya masing-masing. Mereka dapat dengan mudah mengetahui cara terbaik menjalankan aktivitasnya hingga mencapai hasil yang diinginkan. Mereka dapat dengan mudah memanfaatkan teknologi yang ada. Teknologi telah menyediakan sumber pengetahuan di berbagai bidang. Teknologi telah memudahkan hidup manusia. Membantu menghemat biaya, tenaga, dan mengefisienkan waktu, hanya dengan cara membaca.

Begitu pula dengan masyarakat umum, dengan memanfaatkan teknologi untuk membaca berbagai informasi maka dapat mewujudkan masyarakat sejahtera, aman dan damai. Misalnya, upaya untuk menjaga agar lingkungan tetap sehat, bersih, dan jauh dari bencana, maka masyarakat harus mengetahui melalui membaca peraturan atau tata tertib yang telah disepakati bersama. Masyarakat dapat bersikap bijaksana apabila didasari oleh pengetahuan yang cukup.

Olehnya itu, dari berbagai manfaat yang diperoleh melalui kegiatan membaca maka bagi seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat membiasakan diri untuk membaca berbagai sumber informasi dan pengetahuan. Selain teknologi yang ada, pemerintah dan pemerhati pendidikan telah menyiapkan berbagai sarana untuk menunjang kegiatan membaca bagi warganya. Mulai dari perpustakaan desa, kecamatan, dan kabupaten dengan berbagai bahan bacaan. Dapat dibayangkan apabila masyarakat gemar membaca dan mengambil pelajaran dari hasil bacaannya maka, akan terwujud masyarakat cerdas, sejahtera dan dapat menjalani hidup dengan mudah.

#hasmaraLuwu

#Beriman

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post