SRI SUNARTI POETRY PENGAWAS

Biodata Sri Sunarti lahir di Indramayu, 24 Mei 1965, Alumni Pascasarjana UPI Bandung Prodi Pendidikan,Bahasa Indonesia. Pendidikan S1 Prodi Pendidikan Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
Puisi Bertema Negeriku

Puisi Bertema Negeriku

Tantangan Gurusiana Menulis Hari ke-49

Negeri Kaya , tapi Tak Berpunya

Sri Sunarti

Aku masih berdiri,

di punggung bumi yang melahirkan banyak kekayaan

di gigir pantai yang menyembunyikan mutiara manikam

di indahnya geliat wisatawan yang snorkeling

ikan-ikan cantik bertebaran di bawah karang laut

negeriku kaya ikan hingga harus mengimpor ikan

dari negeri saudara tua

hingga cacing berprotein tinggi bertengger di ikan kemasan kaleng

Aku masih berdiri,

di gigir pantai jauh menatap

negeriku subur hingga harus mengimpor rumput laut

dari negeri sebelah

mengekspor pasir untuk reklamasi hingga laut abrasi

lalu kapal-kapal asing berlalu lalang mencuri ikan

dan siap dtenggelamkan

negeriku kaya tetapi selalu kekurangan

negeriku dijaga tetapi selalu kemalingan

lalu siapa pemilik dan penjaga negeri ini

Aku masih berdiri, digigir pantai

Tersenyum dalam kepahitan

Indramayu

Negeri Impor

Sri Sunarti

terik menerpa jalanan tak bertepi

di antara ayunan langkah laki-laki bertelanjang dada

menuju pematang menjemput asa

di antara tumpukan jerami yang terangkum

di setiap musim tiba

tapi semua melimpah di negeri subur penuh hasil bumi

sementara ia tak kuasa melawan regulasi impor beras

yang menggilasnya

di jargon negeri kaya swasembada pangan

lalu apa yang tersisa, kedelai,pupuk,pestisida,garam

dan deret daftar barang impor lainnya

hingga dosen impor isyu terkini

tak kuasa menepisnya , membanjiri negeri ini

sampai semburat merah di kaki langit menjemput senja

langkahnya tak surut dan kian pasti

untuk tetap berdiri tegak menjadi tuan di negeri sendiri

Indramayu

Sumber Gambar:Kumpulan info/ wisata

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus....mantap bgt

05 Jul
Balas

Mantap majasnya ....

05 Jul
Balas



search

New Post