Supardi Harun Ar Rasyid

lahir di Kab.Sukoharja,Jawa Tengah.Lulusan IKIP Negeri Semarang ,jurusan bahasa Inggris. Sebagai pecinta literasi dan pemerhati pendidikan.Pernah me...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU INVESTASI MASA DEPAN

GURU INVESTASI MASA DEPAN

GURU : INVESTASI MASA DEPAN

Oleh: Supardi HR

"Jika Anda ingin mulia jadilah guru,

Jika Anda ingin kaya jadilah pengusaha "( Supardi HR)

Hari ini , 25 November 2023 diperingati sebagai hari guru. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah untuk seluruh guru di Indonesia.

Dunia terus berkembang. Tantangan teknologi dan masyarakat global semakin komplek. Sehingga pendidikan harus menjadi inklusif, berpusat pada murid dan mampu kritis,agar bisa menjawab tantangan tersebut.

Oleh karena itu untuk menghadapi masa depan perlu adanya investasi. Ya... investasi pendidikan.

Sebab pendidikan akan memberikan landasan yang sangat strategis,agar individu menjadi lebih berkualitas.

Untuk menjadikan sumberdaya yang handal, pendidikan usia dini , PAUD,SD,SMP, SMA sangat dibutuhkan. Sehingga peran guru sangat vital. Karena jika guru salah dalam mendidik maka hasilnya, buahnya pun juga tidak akan baik. Di sinilah dibutuhkan seorang guru yang benar-benar tulus, gigih dan semangat dalam mendidik dan membimbing para siswa.

Perlu diketahui ,pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam mengantisipasi masa depan, karena pendidikan selalu diorientasikan pada penyiapan peserta didik untuk berperan dimasa yang akan datang. Tonggak estafet kepimpinan bangsa ada di tangan pemuda. Generasi Z sekarang perlu di siapkan secara matang

Proses pendidikan adalah mempersiapkan manusia agar dapat hidup layak di masa depan. Sehingga peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan.

Guru perlu dibekali dengan ilmu pengetahuan.

Upaya peningkatan guru profesional terus dilakukan oleh pemerintah melalui kegiatan misalnya seminar, pelatihan, dan program sertifikasi guru.

Dihimbau para guru selalu mengupgrade dirinya. Salah satunya adalah mengikuti seminar dan pelatihan guru. Saat ini banyak beberapa instansi atau perguruan tinggi mengadakan beberapa seminar yang bertajuk pendidikan. Misalnya, sebuah seminar dengan tema " Peningkatan metode guru dalam implementasi kurikulum merdeka", penggunaan media digital dalam pembelajaran, dan lain sebagainya. Serta pelatihan-pelatihan guru yang diselenggarakan oleh swasta atau pemerintah. Baik yang gratis atau berbayar.

Semua itu adalah sebagai penunjang guru. Diharapkan guru berkualitas. Dengan demikian akan ada perubahan yang terjadi dalam sistem dan metode belajar siswa di dlama mauapun di luar kelas, intrakurikuler maulin ekstrakurikuler.

Dengan kata lain, dengan mengikuti seminar dan pelatihan akan menambah skill dan kemampuan guru , yang belum pernah didapatkan .

Sehingga guru dapat meningkatkan kualitas dirinya lebih berkembang lagi. Diharapkan kemampuan dan ilmu yang baru akan terus berkembang ketika selalu mengikuti pelatihan-pelatihan.

Selain itu progam sertifikasi guru ( PPG) yang diselenggarakan oleh pemerintah juga dapat meningkatkan kualitas guru. Sehingga sumber daya pendidik atau guru akan meningkat. Semua perlu anggaran yang tidak sedikit. Bahkan anggaran pendidikan APBN lebih tinggi dibanding kementerian lainya. Hal ini merupakan investasi jangka panjang semua bangsa.

Selamat hari guru.

Semoga sehat selalu.

Bekasi,25 November 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post