yuliati mulyana

Tinggal di Kabupaten Bandung di SMP Negeri 1 Paseh di Jawa Barat Saya adalah seorang guru IPA profesional yang lahir di desa Sunda Tatar. Banyak yang...

Selengkapnya
Navigasi Web
lokakarya guru penggerak

lokakarya guru penggerak

lokakarya

Pembukaan di mulai jam 08 00 sampai dengan 09. 30 di ruang aula SMP NEGERI 1 SOLOKAN JERUK. Jam 09.30 sampai dengan jam 11 WIB perkenalan pengajar praktik, dari PAK wawas, BU Yanti dan BU Yuliati sebagai pengajar praktik kelas 07. Ice breaking senam maumere.

PEMBUKAAN

Pembukaan & Pengenalan Pengajar Praktik

Icebreaking

ATURAN MAIN :

Saya akan menyampaikan sebuah cerita Teman-teman merespons dengan suara, jika pada cerita terdapat kata “PAGI”, “SIANG”, “SORE”, atau “MALAM” Teman-teman merespons dengan suara sebagai berikut. Jika dalam cerita terdapat kata “PAGI”, teman-teman harus bersuara “KUKURUYUK” Jika dalam cerita terdapat kata “SIANG”, teman-teman harus bersuara “EMBEE” Jika dalam cerita terdapat kata “SORE”, teman-teman harus bersuara “MEOW” Jika dalam cerita terdapat kata “MALAM”, teman-teman harus bersuara “AUWW”

Penjelasan Tujuan & Pembuatan Kesepakatan Belajar

Calon guru penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase G (Gali mimpi). Calon guru penggerak dapatmenentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan actor tersebut. Calon guru penggerak dapat mulai membuat perencanaan program bagian judul program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. Pembukaan Diskusi hasil aksi nyata tahap B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil Pelajaran). Diskusi Penentuan Aktor yang akan dilibatkan dalam fase G (Gali Mimpi) dan menyusun strategi pelibatan aktor tersebut. Membuat rencana program bagia judul program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. Penutup

Kesepakatan kelas

Menghargai sesama peserta dan pengajar praktik. Satu berbicara, yang lainnya mendengarkan Tepat waktu Berpartisipasi aktif Fokus pada sesi belajar Serius santai dan bahagia Boleh sambil ngemil dan minum Kelas harus selalu bersih dan rapi

DISKUSI HASIL AKSI NYATA B (BUAT PERTANYAAN) DAN

Penjelasan sesi dan Pembagian kelompok

Silakan bagi kelompok menjadi 6 kelompok Berbagi cerita dalam kelompok hasil aksi nyata B dan A Saling memberikan umpan balik Membuat bahan presentasi diskusi kelompok

Sharing dalam kelompok mengenai hasil aksi nyata B dan A

Program kelompok 1 : Jaket Bang ( jaga Piket Gerbang)

Program kelompok 2 : RASIONAL ( Rabu Permainan Tradisional)

Program kelompok 3: GELANG DUA ( Gerakan Literasi Jatinunggal dua)

Program Kelompok 4 : PROMADAY (PROGRAM Market Day)

Program Kelompok 5 : KREASTIK ( Kreasi sampah Plastik)

Program Kelompok 6 : AKSI ( Gerakan Sedekah Siswa)

Presentasi dan umpan balik

MENYUSUN STRATEGI PELIBATAN AKTOR DALAM FASE GALI MIMPI

Penjelasan sesi dan Pembagian kelompok

Bekerja secara individu Membuat rencana program bagian Judul program, Tujuan, dan Latar Belakang Waktu kerja individu selama 45 menit Tulis hasilnya di kertas plano untuk dipamerkan di gallery walk

Diskusi kelompok penentuan aktor yang dilibatkan dalam fase gali mimpi dan strategi pelibatannya

Presentasi dan umpan balik

MEMBUAT RENCANA PROGRAM

Kerja individu membuat rencana program

Silakan tempel rencana program di sekeliling ruangan. Berikan identitas. Silakan berkeliling membaca rencana program rekan lain sambil membawa post it Tulis pertanyaan atau masukan tentang program rekan lain di post it, berikan identitas dan tempel

Presentasi berpasangan

Gallery walk untuk memberi masukan dan mendapatkan masukan dari peserta lain

Perbaikan rencana program dari masukan

Reviu dan penguatan dari pengajar Praktik

PENUTUP

Persiapan

Menempelkan tiga kertas plano (untuk memfasilitasi 3 pertanyaan)

Menyiapkan sticky notes, spidol kecil

Bagaimana perasaan Bapak/ Ibu setelah mengikuti sesi lokkarya 5 ini? Apa saja yang telah Bapak/ ibu pelajari di sesi lokakarya ini? Bagaimana bapak/ibu menerapkan pembelajaaran tersebut di sekolah bapak/ ibu bertugas?

Pengumuman penugasan

Calon guru penggerak mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk sesi pendampingan individu selanjutnya.

Mengingatkan CGP untuk menyebarkan, mengumpulkan dan menginput survei tentang kompetensi guru penggerak (umpan balik 360 derajat). Kegiatan ini sudah harus dilakukan sebelum pelaksanaan PI 6. Yang harus dilakukan CGP:

1) Menyebarkan kuesioner survey umpan balik 360 derajat sesuai peran dan jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden Kepala sekolah, rekan guru (5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang)

2) CGP mengisi lembar asesmen mandiri kompetensi guru penggerak.

3) CGP membuat refleksi tertulis terkait umpan balik dari para responden dan hasil asesmen mandiri. Refleksi ini diunggah di LMS pada bagian Pendampingan Individu 6 (Lampiran 2).

d. Mengingatkan CGP untuk melakuan diskusi terkait Pemetaan Aset (pelaksanaan sebelum PI 6 dilakukan), adapun hal-hal yang harus dilakukan CGP:

1) Menentukan jadwal diskusi Pemetaan aset dengan Kepala Sekolah

2) Mengundang aktor (Kepala sekolah, rekan guru, murid, orang tua, tokoh setempat dengan perwakilan gender) yang terlibat dalam diskusi

3) Membuat notulen hasil diskusi

4) Mengambil foto kegiatan

5) Mengumpulkan hasil pemetaan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

06 Oct
Balas



search

New Post