Zainaldi, M. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

MENCOBA UNTUK MENEMUKAN KEBERHASILAN

MENCOBA UNTUK MENEMUKAN KEBERHASIALAN

Tantangan hari ke-4

#Gurusiana

Oleh: Zainaldi

"Tugas kita bukanlah untuk berhasil, tugas kita adalah untuk mencoba karena di dalam mencoba, itulah kita menemukan kesempatan untuk berhasil" (ucapan buya hamka) 

Ungkapan mutiara hikmah dari ucapan buya hamka ini menjadi referensi kita didalam menemukan keberhasilan.  Mencoba bukan berarti lemahnya kemampuan dalam melakukan sesuatu tetapi mencoba adalah awal dalam menggapai keberhasilan dalam sesuatu. 

Allah tidak melihat hasil tapi Allah melihat proses seperti itu yang kudengar dalam tausiah film Amanah Wali yang ada di RCTI.  Berapa banyak diantara penulis gurusiana yang pada awalnya beranggapan tidak akan mungkin sanggup melewati tantangan menulis setiap hari samapai 30 hari,  60 hari,  90 hari bahkan sampai 365 hari. Tapi kenyataan telah menjawabnya, begitu banyak gurusiana yang telah berhasil menaklukan tantangan demi tantangan berawal dari mencoba dan dari mencoba itulah kita menemukan kesempatan untuk berhasil. 

Mencoba telah mengajarkan kita bagaimana sebuah proses telah mendewasakan kita kepada sebuah perobahan baru dalam hidup kita atau dengan istilah new normal. Ya... new normal, inilah bahasa keren hari ini.  Kita harus mencoba hidup normal gaya baru. Mencoba hidup baru dimasa pendemi.  Berbicara,  berinteraksi,  bersikap dan lain sebagainya.  Dari mencoba itulah kita akan menemukan kedisiplinan diri untuk melawan pendemi yang terus mewabah setiap hari. 

Kegagalan dalam menjaga kedisiplinan adalah bagian proses dalam pencapaian keberhasilan,  gagal lagi,  coba lagi,  gagal lagi coba lagi jangan pernah berhenti teruslah mencoba untuk hidup baru sampai virus corona ini berlalu. Setiap kali mencoba lalu gagal dan dari kegagalan timbul kehati-hatian dari kehati-hatian timbul kedisiplinan maka itulah kehidupan. 

"Kehidupan itu laksana lautan, orang yang tiada berhati-hati dalam mengayuh perahu, memegang kemudi dan menjaga layar, maka karamlah Ia digulung oleh ombak dan gelombang. Hilang di tengah samudera yang luas. Tiada akan tercapai olehnya tanah tepi"

Kehati-hatian dalam mencoba hidup normal gaya baru haruslah kita tetap terapkan dalam kehidupan jika dari mencoba kita tidak menemukan kehati-hatian dan kedisiplinan maka kita tidak akan bisa hidup normal. Hidup akan terasa dalam tekanan dan ketakutan.  Segala sesuatu akan menjadi masalah dalam hidup. Mencoba menghadapi segala sesuatu dengan Cinta karena cinta tidak mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat"

Maka teruslah mencoba menghadapi hidup new normal Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia akan memasuki tatanan kehidupan baru (new normal). Masyarakat harus berdamai dan hidup berdampingan dengan Covid-19. "Berdampingan itu justru kita tak menyerah, tetapi menyesuaikan diri (dengan bahaya Covid-19). Kita lawan Covid-19 dengan kedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan ketat," 

Seperti itulah new normal yang diwacanakan dan harus kita coba untuk melaluinya karena memang tidak ada pilihan lain.  Teruslah mencoba bertahan semoga ditemukan keberhasilan dari setiap perjuangan menuju kemenangan. 

 

Koto tinggi, 27-05-2020

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Harus siap. Salam literasiby. saiba031987.gurusiana.id

27 May
Balas



search

New Post