Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lanjutkan Langkah

Lanjutkan Langkah

Lanjutkan Langkah

Oleh:

Siti Zulaikah

SDN Pacarkembang 1/192 Surabaya

Kelulusan adalah satu masa yang selalu dinanti dari sebuah pendidikan. Mulai jenjang Sekolah Dasar hingga kuliah. Perasaan senang dan haru pastinya dirasakan yang mengalaminya serta semangat untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Pun hal ini juga dirasakan oleh Kami para Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 2 saat diumumkannya kelulusan pada Rabu, 19 Januari 2022 dalam mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) selama sembilan bulan.

Alhamdullilah semua ini adalah hanya karena Rida-Nya. Sembilan bulan adalah waktu yang cukup untuk para Calon Guru Penggerak menempa ilmu dengan tetap menjalankan tugas pokok membimbing murid di sekolah masing-masing. Manajemen waktu sangatlah utama dalam menjalani pendidikan. Mulai waktu mempersiapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), membimbing murid, menilai, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Waktu saat seorang guru mendapat amanah lainnya di luar KBM. Waktu saat membaca modul, menyimak video, mengerjakan tugas-tugas yang ada pada Learning Management System (LMS). Waktu saat mengikuti vicon, saat pendampingan, dan menghadiri lokakarya di hari Sabtu atau Minggu setiap bulannya.

Sesuai sambutan DR. Praptono, Direktur Kepala Sekolah Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan saat pengumuman kelulusan bahwa dari 3.140 Calon Guru Penggerak yang berasal dari 71 kabupaten/kota di 23 provinsi, terdapat 3.004 Calon Guru Penggerak yang dinyatakan lulus. 131 orang di antaranya karena ada kendala dan 5 orang tidak lulus.

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2 terdiri dari 3 modul yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri guru. Modul 1 adalah paradigma dan visi guru pengerak yang meliputi refleksi filosofi pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak, dan budaya positif. Modul 2 adalah praktik pembelajaran yang berpusat pada murid yang meliputi memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi, oembelajaran social dan emosional, dan coaching. Modul 3 adalah pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah yang meliputi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, dan pengelolaan program berdampak pada murid.

Aktivitas pembelajaran Calon Guru Penggerak dalam modul di antaranya mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata. Di setiap modul CGP dapat menuangkan jurnal refleksi mingguan. Selain ilmu dalam modul untuk pengembangan diri, banyak keterampilan yang di peroleh selama berproses. Keterampilan itu di antaranya tentang manajemen waktu, keterampilan bersosial saat berkolaborasi dengan kelompok yang berasal dari berbagai jenjang dan dengan rekan guru di sekolah, keterampilan teknologi saat mengerjakan video, keterampilan menulis, dan keterampilan mengaplikasikan praktik baik dari hasil berbagi antar CGP.

Sebagaimana setelah selesai dari kelulusan setiap jenjang pendidikan, pastinya harus ada tahap berikutnya. Kelulusan guru penggerak Angkatan 2 bukanlah akhir dari sebuah perjalanan atau proses. Kelulusan ini merupakan langkah awal bagi kami Guru Penggerak Angkatan 2 untuk melakukan pengabdian yang lebih besar dalam dunia pendidikan. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru terkait pembelajaran, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well being ekosistem pendidikan di sekolah.

Selamat untuk semua rekan-rekan seperjuangan dalam Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2. Lanjutkan langkah dan jangan pernah berhenti tergerak, bergerak dan menggerakkan. Semoga sang maha segala selalu memberikan rida-Nya kepada kita semua untuk amanah dan istiqomah dalam kebermanfaatan. Aamiin.

Surabaya, 20 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post