Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mudahnya Membuat Video Pembelajaran

Mudahnya Membuat Video Pembelajaran

Pembelajaran dengan video marak dilakukan guru di dalam kelas. Pembelajaran menggunakan video sebagai media haruslah dikemas sedemikian rupa agar memberi daya tarik siswa untuk menyaksikannya. Video yang disajikan hendaknya mampu menyampaikan tujuan dari materi pelajaran. Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara dalam menerapkan merdeka belajar. Paradigma merdeka belajar adalah untuk menghormati perubahan yang terjadi yaitu pembelajaran mengikuti perkembangan zaman.

Berkaitan dengan video pembelajaran, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Surabaya pada tanggal 5-10 Mei 2023 mengadakan pendidikan dan pelatihan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kegiatan gratis secara online yang diikuti oleh kurang lebih 650 peserta bertajuk Video Animasi Pembelajaran dengan Artificial Intelligence. Khusus tatap virtual yaitu pada 6 Mei 2023 pukul 10.00-12.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI. Sapaan dari Bagus Sumantri selaku ketua IGI Kota Suarabaya mengawali kegiatan. Selanjutnya Tri Endang Kustianingsih kepala bidang GTK Dinas Pendidikan Surabaya selaku keynote speaker menyapa peserta dengan ramah dan hangat serta menyampaikan bahwa semua pendidik harus semangat belajar.

Dengan gaya khasnya yang santai namun mengena, narasumber Sugeng Setyo Budi menjelaskan cara membuat video pembelajaran AI. 1. Pilih AI video generator yang ingin digunakan. 2. Buat skenario atau naskah video pembelajaran. 3. Masukkan skenario atau naskah ke dalam AI video generator. 4. Tunggu beberapa saat hingga AI video generator selesai menghasilkan video.

Sugeng mengajak peserta langsung praktik dengan menggunakan webtool Pictory dengan alamat https://app.pictory.ai/. Silahkan pilih metode login atau klik Sign Up untuk mendaftar pertama kali. Untuk membuat sebuah video pembelajaran secara otomatis, kita bisa menggunakan naskah yang sudah kita buat menggunakan ChatGPT. Klik Proceed pada menu Script to Video. Selanjutnya tuliskan judul video, pastekan naskah video, edit naskah jika diperlukan, jika naskah sudah diaggap selesai klik tombol Proceed. Pilih tema yang tersedia, lalu pilih ukuran video, lalu klik Continue untuk melanjutkan. Tuggu prosesnya sampai 100%. Video pembelajaran telah dibuat secara otomatis menggunakan teknologi AI.

Walaupun AI telah memilihkan animasi secara otomatis, namun kita masih diberi ruang untuk melakukan pengeditan terhadap video yang sudah disajikan.

Setiap peserta wajib membuat video AI sesuai materi yang diampuh dan mengirim ke kantong tugas yang sudah disediakan. Ririn Kusfantarini Hapsari salah satu peserta dari SDN Kapasari 1 menyatakan sangat beruntung mengikuti kegiatan. “Saya mendapat ilmu baru bahwa membuat video pembelajaran sangatlah mudah dengan Ai, saya akan menyampaikan dan berbagi ke teman-teman guru di Kapasari 1, “terang Ririn.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu, Bunda. Salam literasi

06 Jun
Balas

sukses juga Bapak. Salam literasi

08 Jun



search

New Post