Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemetaan 7 Aset Pengelolaan Sumber Daya di SDN Pacarkembang 1192 Surabaya

Pemetaan 7 Aset Pengelolaan Sumber Daya di SDN Pacarkembang 1192 Surabaya

3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual-Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Banyak hal-hal baru yang Saya dapatkan setelah mempelajari materi modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Sangatlah penting seorang pemimpin menyadari bahwa sumber daya yang dimiliki sekolah jika dikelola dengan baik dan bijak maka akan menjadi sebuah aset terbesar guna berperan memajukan sekolah. Setiap sekolah tentunya memiliki kekuatan aset yang berbeda-beda. Saat ini saya sebagai CGP Angkatan 2 Surabaya akan memetakan 7 Aset Sumber Daya yang di sekolah saya yaitu SDN Pacarkembang 1/192. Tujuan dari pemetaan aset adalah agar sekolah mampu memaksimalkan sumber daya yang ada untuk membantu dalam proses belajar di sekolah.

Pemetakan sumber daya tersebut berdasarkan modal manusia,modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, modal agama dan budaya. Pengembangan komunitas berbasis aset merupakan strategi atau langkah yang sangat efektif dan relevan dikembangkan dalam sebuah komunitas sekolah. Strategi ini nantinya memadukan dua kekuatan yang bersumber dari kekuatan sumber daya manusia (biotik) dan kekuatan yang bersumber dari lingkungan fisik (abiotik). Jika kedua kekuatan ini dipadukan maka akan dapat dijadikan sebuah dasar dalam mengelola sebuah komunitas sekolah agar dapat berkembang dan memiliki nilai keunikan tersendiri.

Apa yang kami kuasai?

Saya adalah guru baru di SDN Pacarkembang 1 sejak Januari 2021. Sekolah kami adalah sekolah merger dari empat sekolah sejak 1 April 2015. Sekolah terletak di lingkungan yang padat penduduk dan di seberang sekolah terdapat pasar tradisional. Selama kurun waktu dan beberapa dekade sejak merger sekolah kami telah banyak menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Begitu pula dari kondisi guru-guru yang mengajar selama kurun waktu yang berjalan tingkat kualifikasi yang dimiliki oleh guru-guru mulai dari SPG sampai sekarang yang kini semuanya sudah memiliki kualifikasi pendidikan S1. Sudah banyak prestasi yang diraih melalui lomba prestasi murid. Alhamdullilah, kontribusi dalam bidang kemajuan pendidikan sudah banyak yang diberikan. Apa saja yang kami kuasai selama ini bukan sesuatu yang luar biasa, namun kami sebagai pendidik selalu berusaha dalam memajukan pendidikan dengan melaksanakan proses pembelajaran yang berpihak pada siswa.

Apa yang kami paling banggakan dari sekolah ini? Dan murid-murid kami?

Melihat kembali seluruh perjalanan proses pembelajaran disekolah kami yang menjadi bagian penting sebuah institusi pendidikan ada suatu kebanggaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya patut kami berikan bagi keberadaan dan kontribusi yang pernah diberikan sekolah kepada masyarakat lokal di daerah kami. Banyak lulusan dari sekolah kami kini sudah sukses dan menggapai masa depan mereka. Yang paling kami banggakan dari sekolah ini adalah dengan diperolehnya banyak prestasi murid yang selama ini baik berupa prestasi lomba maupun prestasi akademik meski itu hanya sebatas prestasi tingkat lokal. Dan kamipun bangga terhadap murid-murid karena dapat menjadi bagian komunitas sekolah yang mampu menampilkan jati diri dan turut serta dalam menentukan kualitas sumber daya yang dimiliki oleh sekolah.

Apa yang membuat kami unik?

Keunikan yang dimiliki oleh sekolah kami adalah dari segi kemajemukan guru dan murid yang membuat sekolah terlihat heterogen. Baik dari guru tenaga kependidikan maupun kemajemukan murid kami. Meski letak sekolah kami berada dikawasan pemukiman dan pasar tradisional dan mayoritas penduduknya berasal dari suku jawa namun pada kenyataannya guru dan murid disekolah selalu bersatu padu dalam melaksanakan pembelajaran yang kondusif. Semenjak dibentuknya komunitas praktik di sekolah kami maka kamipun punya branding sekolah yaitu Batik. Adapun maksud dari branding ini adalah selain semua warga sekolah memahami cara pembuatan batik, batik sendiri merupakan singkatan dari Berkarakter, Aktif, Tebuka, Inovatif, dan Kreatif. Kamipun mempunyai lagu “Generasi Batik”.

Kekuatan yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas di sekitar

Seperti yang telah kami ungkapkan bahwa sekolah kami merupakan bagian dari masyarakat lokal yang ada di daerah kami. Murid yang lulus dari sekolah kami sebagian sudah menjadi sukses dan menjadi aset modal daerah kami sebagai masyarakat yang sudah memiliki kemandirian dalam mengembangkan usaha bahkan produksi kemasyarakatan. Ada beberapa yang berhasil menjadi pengusaha, PNS, wiraswasta. Tentunya keberhasilan dari mereka tidak terlepas dari latar pendidikan dasar yang mereka miliki sejak awal bersekolah. Sumber daya manusia yang tangguh yang dimiliki oleh setiap individu terkait erat dengan pengetahuan dan kapasitas pendidikan awal yang mereka miliki.

Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki lebih baik dari orang lain

Sekolah kami telah melakukan beberapa kewajiban sebagai sebuah institusi pendidikan dengan memberi layanan secara proaktif dan simultan. Tentunya peran dan kontribusi terhadap masyarakat sekitar sangatlah memberi nilai dan arti yang positif. Kami selalu berupaya melakukan yang terbaik dan memberi layanan pendidikan secara prima dan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat lokal yang ada di daerah kami khususnya masyarakat yang ada di sekitar sekolah kami .

Surabaya, 25/9/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren paparannya, ini calon Kepala SDN yang luar biasa, semoga segera turun SK KS-nya Buk Likha, Barokalllahu fiiki

25 Sep
Balas

Aamiin.Salut untuk Pak Haji yang selalu dan selalu berliterasi. MasyaaAllah untuk inspirasinya. Sehat dan sukses selalu Pak

25 Sep



search

New Post