Siti Zulaikah, S.Pd/Lika

Ridho Allah segalanya, InSyaa Allah qobul segala hajat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peta Konsep Mudahkan Belajar Murid
koleksi foto 6A

Peta Konsep Mudahkan Belajar Murid

Kurikulum Merdeka diperkenalkan Kemendikbudristek pada Februari 2022 sebagai salah satu opsi yang dapat dipilih secara sukarela oleh sekolah per tahun ajaran 2022-2023. Kurikulum ini berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Implementasi kurikulum merdeka dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kesiapan masing-masing sekolah.

Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum lanjutan dari kurikulum 2013 setelah dilakukan berbagai evaluasi. Pendidik perlu mengetahui hubungan antara murid dan guru. Pada kurikulum merdeka lebih menitikberatkan pada murid (student centered). Guru tidak lagi fokus pada dirinya sendiri dalam mengajar di kelas. Akan tetapi lebih kepada bagaimana guru mampu menyesuaikan dengan keunikan masing-masing murid. Sehingga pada akhirnya murid senang ketika proses belajar mengajar dilaksanakan.

 Selain kelas 1 dan 4 yang memang harus menerapkan kurikulum merdeka, semua kelas di SDN Pacarkembang 1 Surabaya ikut serta mengaitkan kurikulum 13 dengan kurikulum merdeka. Seperti kelas 6A pada Jumat, 23 Sepember 2022 membuat peta konsep tentang adaptasi makhluk hidup. Peta konsep yang bahasa kerennya adalah Mind Mapping adalah salah satu metode belajar yang dibuat dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis. Membuat peta konsep sangat mudah yaitu menggunakan garis percabangan, gambar, dan kata kunci yang saling berkaitan dengan konsep atau materi utama.

31 murid dibagi dalam 4 kelompok. Kelompok 1 dengan ketua Ai Syahda Nabil Setyo Suke, kelompok 2 dengan ketua Khoirun Nisa’ Asy Syauqy, kelompok 3 dengan ketua Maulana Putra Apriliano, dan kelompok 4 dengan ketua Nabil Fatqurrahman. Masing-masing ketua kelompok mengambil kertas folio bergaris A4 di meja guru. Tampak kesungguhan masing-masing kelompok saat mengerjakan peta konsep. Nisa panggilan akrab ketua kelompok 2 asyik mengunting kertas lipat untuk menghias pekerjaannya.

Dengan runtut dan lengkap setiap kelompok menuliskan peta konsep adaptasi makhluk hidup yang terdiri dari pengertian adaptasi, macam-macam adaptasi pada hewan dan tumbuhan beserta masing-masing contohnya. Waktu mengerjakan dan diskusi kelompok  2 jam pelajaran @35 menit. Pukul 09.30 WIB satu setengah jam sebelum pelajaran berakhir, presentasi kelompok dimulai dari kelompok 1 sampai kelompok 4. Di akhir pembelajaran tiap kelompok memberikan kesan dan pesan. Nano ketua kelompok 3 mewakili teman-teman mengatakan sangat senang dengan tugas yang diberikan guru, dengan membuat peta konsep menjelang Penilaian Tengah Semester (PTS) semester 1 maka kami semua lebih memahami materi adaptasi. Dengan peta konsep murid akan lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah, mempelajari materi lebih cepat dan efisien serta yang paling utama adalah pembelajaran menjadi menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post