Tessie Permata

Lulusan S2, PIPS, Unindra Jakarta, alumnus geografi unj 1995,dan sekarang adalah seorang guru IPS di SMP Negeri 161 Kebayoran Lama. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jadilah guru inspiratif
Pembelajaran dikelas dengan media digital

Jadilah guru inspiratif

Guru adalah seseorang pengajar suatu ilmu. Guru juga merupakan sosok yang dapat digugu dan ditiru. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing , mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. ( Wikipedia ). Guru adalah profesi yang kompleks dan menantang. Profesi guru yang tidak mudah dituntut pengabdian dan ketekunannya.Di zaman now kita sebagai guru tak dapat lagi mengajar secara konvensional. Metode ceramah yang satu arah, text book atau apapun istilahnya tak dapat lagi kita lakukan. Di zaman now kita dituntut untuk harus lebih kreatif daripada siswanya. Menjadi seorang guru yang kreatif dan inovatif tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Banyak sumber yang dapat kita jadikan referensi sebagai bahan pembelajaran kita. Siswa, teman guru, lingkungan sekolah dan sekeliling kita dimanapun kita berada dapat menjadi bahan untuk berpikir lebih kritis, bertindak kreatif dan inovatif. Sebagai tenaga pendidik kita harus selalu open minded, membaca dan membaca, agar pengetahuan yang kita dapat menjadi lebih luas. Guru adalah aktor utama dalam lingkup pendidikan. Oleh karena itu kita harus dapat memainkan peran tersebut untuk dapat membimbing anak didik kita. Kita tidak dapat menyalahkan mereka anak didik kita karena mereka memang berada di zaman now yang serba digital. Generasi masa kini dengan kemajuan teknologinya adalah sebuah hal yang tak dapat dihindarkan. Tinggal bagaimana kita mengarahkan dan membimbing mereka untuk dapat memanfaatkan teknologi secara tepat guna , aman dan bertanggung jawab. Untuk menjadi guru inspiratif di zaman now salah satu syarat tentunya adalah melek teknologi. Guru harus mampu menerjemahkan kemajuan teknologi secara tepat dan proporsional dalam proses pembelajaran. Walau dalam aplikasinya di lapangan tidak harus selalu dengan pemanfaatan media digital. Bagaimana dengan daerah yang masih minim teknologi? Belum lagi jangkauan internet yang tidak sampai ke daerah pelosok. Kita harus kreatif mengkondisikan agar materi yang kita berikan dapat dipahami oleh siswa. Banyak cara dan strategi tentunya yang bisa kita terapkan dengan pemanfaatan lingkungan sekitar kita. Kita dapat memanfaatkan sumber- sumber yang ada disekelilingi kita disesuaikan dengan materi yang akan kita ajar. Menjadi guru inspiratif sangatlah diharapkan para peserta didik, apalagi saat ini sudah sebagian besar menggunakan kurikulum 2013. Guru dituntut lebih kreatif mengkondisikan siswanya dalam pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui bahwa esensi yang penting dalam kurikulum ini adalah harus tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial baik yang terjadi ditingkat lokal, nasional maupun global. Disinilah tantangan kita para guru untuk dapat menjadi guru kreatif dan berinspirasi. Dengan menjadi guru inspiratif maka dapat menjadi motivator baik bagi teman sejawat ataupun siswa. Untuk teman sejawat kita dapat menularkan semangat untuk maju dan berkarya, berbuat sesuatu yang inovatif. Siswa juga akan terus mengingat motivasi yang selalu diberikan gurunya dan berusaha untuk mewujudkan dan mencapai apa yang menjadi cita citanya. Guru inspiratif bukanlah seorang guru yang hanya sekedar mengejar target dalam kurikulum, namun guru inspiratif adalah guru yang mampu mengajak siswa - siswanya berpikir kritis dan kreatif. Guru yang dapat menjadi inspirasi bagi siswa adalah guru yang sangat dinanti siswanya. Jika diajar oleh guru inspiratif, siswa akan mampu menerjemahkan apa yang dialami, , dilihatnya dan yang ada dalam pikiran mereka, sehingga kelak mereka dapat menjadi pribadi tangguh yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Jadilah guru yang dapat menginspirasi siswanya. Saat ini sangat dibutuhkan guru yang inspiratif dan kreatif, yang mampu mendidik, memberikan teladan yang baik dan mampu memotivasi siswanya kearah kemajuan. Guru inspiratif sangat terbuka dan membuka wawasan, baik untuk dirinya sendiri maupun siswa siswanya. Guru inspiratif dapat memberikan keteladanan dan menginspirasi anak didiknya agar mereka dapat mengembangkan potensi dan mempunyai akhlak yang baik. Senangnya dapat menjadi guru inspiratif. Mari kita menjadi guru inspiratif yang disenangi anak didik kita, sehingga dapat berpartisipasi walau sedikit dalam dunia pendidikan di tanah air tercinta.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Assalamualaikum salam kenal, tulisannya semoga memotivasi menjadikan guru yang inspiratif....

14 Mar
Balas

Waalaikum salam Terimakasih pak Sudarto Salam kenal .semoga pak, aamiin yra.

14 Mar
Balas

Salam kenal y bu

15 Mar
Balas

Semoga kt bisa ya Bu Tessie...

14 Mar
Balas

Aamiin yra, thanks bu Winarsih

15 Mar

Salam syuper bu Tessie Tulisannya amat inspiratif Moga kita bisa melaksanakannya.

18 Mar
Balas

Aamiin y Allah Thank you so much pak Hari Sasongko

19 Mar



search

New Post