HUNAIFAH HAKIM

HUNAIFAH, S.Pd.SD dilahirkan di Takengon, 16 Oktober 1972 mengenyam pendidikan SD sampai SMA di tanah kelahirannya. Tahun 1991 lulus di IKIP Medan sekarang UNI...

Selengkapnya
Navigasi Web

Makna Hari Raya Idul Adha

Tagur Hari Ke 409

Makna Hari Raya Idul Adha

Gema takbir menggema, umat muslim merayakan Idul Adha 1442 H. Pemerintah menetapkan Idul Adha 1442 H yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah ini jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021. Idul Adha ditandai dengan puncak ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi. Hari besar dalam Islam ini berdasarkan kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS.

Hal ini ada dalam Alquran, surat As Saffat ayat 102 yang artinya:

Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."

Kemudian, Allah SWT mengganti anak Nabi Ibrahim dengan seekor domba untuk disembelih. Hal ini ada dalam Alquran surat As Saffat ayat 107, yang artinya: Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

Sejak saat itu, umat Islam melakukan qurban, yaitu memberikan sebagian hartanya untuk dibelikan hewan qurban, menyembelih, memakan, dan membagikannya kepada orang-orang sekitar, termasuk orang miskin.

Idul Adha dapat kita maknai sebagai pengorbanan kita memberikan apa yang kita cintai dari harta benda kepada orang lain dengan maksud ibadah kepada Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan penuh hikmah dan pencerahan. Sehat dan sukses selalu Bu Hunaifah. Salam literasi.

20 Jul
Balas

Ulasan nan menawan. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H / 20 Juli 2021 M Mohon maaf lahir batin. Sehat dan sukses selalu

20 Jul
Balas

Ulasan nan menawan. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H / 20 Juli 2021 M Mohon maaf lahir batin. Sehat dan sukses selalu

20 Jul
Balas

Ulasan nan menawan. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H / 20 Juli 2021 M Mohon maaf lahir batin. Sehat dan sukses selalu

20 Jul
Balas

Bener banget Bu dan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H, mohon maaf lahir bathin

20 Jul
Balas

Selamat hari raya idul Adha. Semoga sehat selalu aamiin

20 Jul
Balas

Tulisan penuh makna. Selamat hari raya Idul Adha Bunda.

20 Jul
Balas

Mantap bun merelakan dengan ikhlas

21 Jul
Balas

Slmt hr Raya Idul Adha bunda. Slm sht sllu.

20 Jul
Balas

Terima kasih bunda pencerahan nya. Selamat hari Idul Adha. Semoga kita bisa mwmaknai hikmah dari Kisah nabi Ibrahim dalam kehidupan sehari-hari. Salam sukses.

20 Jul
Balas

Ulasan yg menginspirasi,Bu. Mari kita melakukan hal baik untuk orang lain. Salam sukses, Bu. Selamat Idul Adha.

20 Jul
Balas

Benar Bu. Tambahannya paragraf terakhir mungkin dan tidak mengharapkan balasan jasa. Itulah arti dari Ibadah ya begitu Bun. Salam sehat selalu Bunda.

21 Jul
Balas

Keren ulasannya Bunda, selamat hari raya idul Adha, salam sukses selalu

20 Jul
Balas

Keren ulasannya bunda. Selamat hari raya iedul adha ya bunda

20 Jul
Balas

Mantap Bu. Selamat Idul Adha ya Bu. Indahnya berbagi. Sukses selalu buat Ibu. Salam.

20 Jul
Balas

Selamat hari raya idul adha, maaf lahir batin , sehat dan sukses selalu bu Hunaifah

20 Jul
Balas

Ulasan nan bermanfaat...selamat hari raya Idul Adha...salam nan sukses selalu Ibu...

20 Jul
Balas

Mencerahkan bunda. Selamat Idul Adha Mohon Maaf Lahir dan Batin.

20 Jul
Balas

Selamat hari raya IdulAdha, mohon maaf lahir batin , sehat dan sukses selalu.

20 Jul
Balas

Tulisan penuh hikmah, Bun. Barakallah.Selamat Hari Raya Iduladha, Bunda.

20 Jul
Balas

Ulasan yang sangat mencerahkan. sukses selalu bunda Hunaifa. selamat hari raya Idul Adha

20 Jul
Balas

Benar sekali Bunda. Keihlasan sangat diperlukan. Sukses selalu Bunda.

20 Jul
Balas

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga sehat dan sukses selalu.

20 Jul
Balas



search

New Post