Ice Faulia,S.Pd,M.Si

Bekerja menjadi guru sejak 2000, pernah menjadi penulis naskah multimedia interaktif Pustekkom , lagi belajarf menulis artikel ilmiah di beberapa media massa, l...

Selengkapnya
Navigasi Web
Siapa Takut Jadi Pramuka#TantanganGurusianaHarike-14
Pramuka di Zaman Revolusi 4.0

Siapa Takut Jadi Pramuka#TantanganGurusianaHarike-14

Sejak kecil saya mengenal pramuka mulai dari SD, entahlah kesan [ertama waktu itu saya selalu pusing dengan kelengkapan seragam dan akibatnya saya sering dihukum karena tidak memakai seragam pramuka lengkap. Menginjak SMP saya mulai menyukai kegiatan ini masih ingat dalam memori saya bagaimana susahnya mendirikan tenda, memasak untuk regu, dan dinginnya udara malam jika berkemah di tanah lapang, tapi saya sangat menikmatinya, karena kemah mengajar saya bersyukur kita dianugerahi rumah untuk berlindung, waktu itu saya hanya berpikir bagaimana kalau saya tidak punya rumah dan harus terpaksa tidur beratapkan plastik atau tenda darurat. Memasuki SMK rasa cinta saya pada pramuka makin bertambah disitu saya mengenal baris berbaris dngan cermat walaupun waktu SD dan SMP pernah diajari namun tidak begitu menggerakkan keinginan saya untuk mempelajari, baru setelah SMA saya benyak sekali mendapatkan manfaat kegiatan pramuka ini, mulai dari tali temali, morse, PBB, dan kegiatan renungan malam, Pada waktu kuliah juga diwajibkan ikut mapel Pramuka walaupun 0 sks namun wajib mengikutinya,

Pada saat saya menjadi gurupun gerakan pramuka ini meningkat menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib, saya sangat setuju karena manfaat dari pramuka tersebut makin terlihat nyata dalam kehidupan sehari hari, membiasakan disiplin, lebih mencintai alam sekitar, meningkatkan rasa bersyukur kepada sang pencipta, melatih gigih berjuang dan pantang menyerah itu yang menjadi daya tarik pramuka.

Saya pernah membaca suatu tulisan yang menulis tentang gerakan pramuka, Gerakan Pramuka sebagai penyelenggaraan pendidikan kepanduan yang merupakan bagian pendidikan nasional, dengan tujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai potensi spritual, sosial,intelektual dan juga fisik, dimana gerakan pramuka terwujud dalam membentuk kepribadian dan akhlak mulia kaum muda, hal ini sangat jelas terlihat jika menjelang libur idul fitri atau pada saat masa mudik, saka bayangkara membantu pak polisi bersama sama mengatur lalu lintas dijalan raya, membantu menyebrangkan pejalan kaki, membantu memberikan pertolongan di tenda atau posko istrirahat dengan senang hati, pengabdian tersebut jelas sekali nyata dan masyarakat sangat diuntungkan dengan kegiatan terebut.

Manfaat berikutnya menanamkan semangat kebangsaan serta cinta tanah air dan bela negara, saka wana bakti melakukan gerakan menanam pohon pada tanah tanah yang tandus sehingga beberapa tahun kemudian akan terlihat suatu pemandangan yang hijau serta dapat mejaga keseimbangan alam dengan pohon pohonan yang mampu menyimpan air dan juga akar akarnya menguatkan tanah sehingga longsor tidak lagi terjadi, manfaat berikutnya dmenyiapkan kaum muda agar siap terjun menjadi anggota masyarakat, di era teknolog yang semakin berkembang kegiatan pramuka menyesuaikan dengan tuntutan zaman, betapa bangganya melihat adik adik pramuka dapat menguasai teknologi dengan menemukan alat tepat guna seperti detektor logam, robotik, memadukan kontrol eletronika, memanfaatkan teknologi bluetooth, memodifikasi alat dari barang bekas sehingga menjadi lebih bermanfaat, memanfaatkan teknologi yang benr-benar sangat dibutuhkan untuk kehidupannya kelak.

Dengan kejadian yang menimpa siswa dan siswi SMP 1 Turi mudah mudahan tidak menyurutkan semangat para pramuka kita, dan kembali ingat tujuan mulia dari gerakan ini, yaitu menyiapkan generasi yang tangguh untuk kehidupan mereka dimasa yang aka datang, bagi orang tua juga tidak perlu merasa takut dan melarang ananknya mengikutoi kegiatan ini karena kegiatan ini memang bermanfaat bagi kehidupan anak anak kita, bagi para pembina diharapkan agar lebih tepat membuat program dan disesuaikan dengan cuaca, permintaan masyarakat ataupun kegiatan yang lebih optimal dalam memanfaatkan teknologi.

Pramuka Indonesia sudah memiliki citra positif dengan ringan tangannya mereka menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan misalkan pada saat bencana alam atau kegiatan donor darah, erja akti dan berbagai kegiatan masyarakat lainnya.

Dengan bekal dan jiwa yang sudah terlatih Pramuka dizaman sekarang harus bisa menguasai teknologi yang berbasis robotik atau kendali mesin dalam hal ini mesin industri, membuat prototype produk yang bermanfaat bagi masyarakat denagn memanfaatkan perkembangan teknologi mikrokontroller misalnya dengan membuat aplikasi penerangan, aplikasi sumber daya alam terbarukan, teknologi mesin pintar, teknologi bluetooth, teknologi rekayasa perangkat lunak, teknologi pesawat, teknologi pertanian, perikanan dan teknologi lain yang memang sekarang sudah menjadi kewajiban untuk dikuasai para nak muda atau kaum muda termasuk pramuka.

Para Kaum mUda akan hidup di jaman yang berbeda dengan zaman orang tuanya, dengan memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mencoba berbagai hal yang positif dan memberikan peluang untuk memanfaatkan teknologi diharapkan menjadi jawabab akan tantangan hidup mereka di masa yang akan datang. Teruslah Maju pramuka Indonesia, Masa depan milik Kalian, genggamlah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post