Icha Hariani Susanti

Icha adalah alumni Unesa yang sekarang menjadi guru bahasa Inggris di SMPN 4 Bojonegoro. Sebelumnya, selama belasan tahun dia pernah mrngabdi di SMPN 2 Kedungad...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pele: The Birth of a Legend

Pele: The Birth of a Legend

*Pele: The Birth of a Legend*

Semalam saya menonton film di tivi berjudul "Pele: The Birth of a Legend" yang bercerita tentang kehidupan Pele. Tahu Pele, kan? Yupp, dia adalah legenda sepakbola Brazil.

Film ini berseting akhir tahun 50an, tepatnya tahun 1958 saat Pele menjadi penyelamat tim Brazil dalam meraih Julet Rimes trophy.

Dikisahkan, Brazil dipermalukan pada dua kali piala dunia, tahun 1950 dan 1954. Kala itu dunia mengenal Brazil dan pemain timnas Brazil sebagai tim liar yang tidak beradab. Ini semua berawal dari sejarah nenek moyang warga Brazil yang indo Afrika yang menjadi korban perbudakan. Budak-budak Brazil menciptakan seni Ginga untuk mempertahankan diri dari kejamnya perbudakan. Pada akhirnya, dunia melarang adanya perbudakan. Nah, mantan-mantan budak ini mengekspresikan seni Ginga mereka dalam permainan sepak bola. Namun sayang, dunia mencibir permainan indah mereka dan menyebutnya sebagai permainan yang tidak beradab.

Pele terlahir dengan nama Nascimento Dico. Sebutan "Pele" sebenarnya merupakan hinaan yang diberikan oleh anak-anak orang kaya kepada Dico yang lahir dari keluarga miskin. Sebenarnya, ayah Dico adalah mantan pemain timnas. Sang ayah hampir putus asa karena gaya Ginga yang dianggap sebagai permainan liar. Namun, sang ayah tetap mengajarkan Dico gaya Ginga tersebut.

Singkat cerita, Dico (Pele kecil) lolos seleksi masuk tim The Santos. Awalnya dia hampir putus asa di tim ini karena selalu mendapat tekanan dari pelatihnya yang tidak suka dengan gaya Ginga-nya. Namun pada akhirnya dia bisa bertahan bahkan meraih prestasi cemerlang di Santos. Setelah 18 bulan bermain di The Santos, Dico terpilih sebagai pemain termudah untuk memperkuat skuad Brazil di piala dunia 1958. Dico baru berusia 16 tahun ketika dia mendapat panggilan untuk masuk TC.

Pemerintah Brazil tidak ingin menanggung malu karena dikecam dunia sebagai tim liar. Karenanya, pelatih timnas Brazil melarang gaya Ginga dan meminta para pemain untuk bermain layaknya tim-tim Eropa. Hal ini sempat membuat anggota tim merasa tertekan dan tidak percaya diri. Beruntung, di detik-detik akhir menjelang laga final melawan tuan rumah Swedia, sang pelatih mengijinkan mereka untuk menjadi diri mereka sendiri. Mereka boleh menggunakan gaya Ginga sebagai gaya khas Brazil.

Akhirnya, seperti yang kita tahu, Brazil berhasil mempermalukan Swedia 4-0 dan menjadi juara piala dunia tahun 1958. Itu adalah kali pertama tropi Julet Rimes keluar dari dataran Eropa semenjak piala dunia diselenggarakan di tahun 1930. Pele menjadi pahlawan Brazil. Kehadirannya dielu-elukan di seantero negeri.

Ada banyak pesan moral yang bisa dipetik dari kisah Pele ini. Di sini kita diajarkan untuk "struggle", berjuang dan memperjuangkan impian kita. Berlatih keras, tidak kenal menyerah dan putus asa adalah hal yang bisa kita teladani dari kehidupan Pele. Dan yang tidak kalah penting ada rasa percaya diri dan kemauan untuk menjadi diri sendiri. Brazil bisa juara karena mereka bangga dengan Ginga style mereka. Mereka membuang jauh-jauh rasa rendah diri karena mereka tidak seperti tim Eropa. Be yourself and be confident... That's the key.

Bojonegoro, 9 Juli 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kriuk dan renyah banget tulisannya. Mau ngajarin aku nggak ya? Resensinya luar biasa

09 Jul
Balas

Thanks risensi filmnya. Jd pengen nonton. Nyari dulu filmnya hehe

09 Jul
Balas

Thanks risensi filmnya. Jd pengen nonton. Nyari dulu filmnya hehe

09 Jul
Balas

Thanks risensi filmnya. Jd pengen nonton. Nyari dulu filmnya hehe

09 Jul
Balas



search

New Post