Icha Hariani Susanti

Icha adalah alumni Unesa yang sekarang menjadi guru bahasa Inggris di SMPN 4 Bojonegoro. Sebelumnya, selama belasan tahun dia pernah mrngabdi di SMPN 2 Kedungad...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sitasi Seratus Persen

Sitasi Seratus Persen

Pembaca yang budiman, bagi anda yang sering menulis karya tulis ilmiah (KTI) pasti tidak asing dengan istilah sitasi. Pernahkah anda mengalami sitasi dalam KTI anda di bawah 100%? Ada kutipan, lupa tidak masuk ke dalam daftar pustaka, atau sebaliknya. Nah, sekarang anda tidak perlu kawatir hal semacam itu akan terjadi. Saya akan berbagi cara membuat sitasi kita 100% menggunakan faasilitas yang ada di office ini. Heyy… tulisan ini diperuntukkan bagi pembaca yang belum berpengalaman ya… kalau merasa sudah bisa, abaikan tulisan ini.

Untuk memasukkan sitasi, pertama-tama letakkan krusor di bodi tulisan tempat kita mengutip quote. Kemudian klik menu reference yang ada di bagian atas (toolbar), pilih style yang kita inginkan dengan cara klik menu style. Ada banyak pilihan style, misalnya APA, GOST, Chicago, Harvard, dll. Selanjutnya pilih insert citation, klik, lalu pilih add new source. Perhatikan gambar berikut.

Langkah berikutnya, pilih jenis karya yang kita kutip, apakah buku, jurnal, artikel, dsb. Isi kolom yang tertera di situ dengan informasi yang sesuai, kemudian klik OK. Amati gambar berikut.

Ulangi langkah-langkah ini sebanyak sitasi yang ingin kita masukkan.

Setelah dirasa cukup sitasi yang dibutuhkan, saatnya kita membuat daftar pustaka. Silakan pindah ke halaman baru dan ketik DAFTAR PUSTAKA seperti biasanya jika kita membuat KTI. Kita tidak perlu menulis satu demi satu daftar buku yang kita kutip dalam karya kita. Lagi-lagi, kita bisa memanfaatkan fasilitas reference. Caranya? Klik reference lagi, lalu klik bibliography. Kemudian pilih insert bibliography.

Semua judul buku, artikel, jurnal, dsb yang kita kutip secara otomatis akan muncul, tersusun dengan rapi. Praktis, bukan? Kita tidak perlu repot-repot menyusun, semua sudah tersedia. Sitasi kita pun dijamin lengkap 100%.

Oya, ada satu hal lagi. Kita juga bisa mengedit atau mendelete sitasi yang terlanjur kita tuliskan. Caranya? Yup, klik reference. Pilih manage sources, kemudian pilih delete atau edit sesuai yang kita inginkan. Mudah sekali. Namun ingat, jika kita mengedit atau mendelete sitasi padahal kita sudah terlanjur membuat daftar pustaka, kita harus menghapus daftar pustaka lama kita dan menggantinya dengan bibliography baru sesuai editan kita. Langkah-langkahnya sama dengan penjelasan di atas.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita manfaat fasilitas yang ada untuk mempermudah pekerjaan kita. Selamat datang kemudahan, selamat tinggal keruwetan.

Bojonegoro, 10 Agustus 2018

20.45 WIB

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post