AKSI NYATA MODUL 3.3 PGP
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
~ Pembuatan pupuk kompos berbahan dasar daun kering ~
1. Deskripsi Aksi nyata
a. Latar belakang program
Program aksi nyata ini saya beri judul “ Pembuatan pupuk kompos berbahan dasar daun kering”. Program ini termasuk ke dalam kegiatan ko kurikuler mata pelajaran IPA kelas 7, materi tentang Lingkungan dan alam sekitarnya. Hal yang melatar belakangi munculnya ide program ini adalah sebagai berikut :
- berdasarkan analisis aset/potensi alam yang dimiliki oleh sekolah tempat saya bertugas, yaitu di SMP Negeri 1 Widasari, sekolah memiliki aset Lingkungan berupa sampah organik yang berlimpah, sehingga saya berinisiatif untuk membuat program yang menyediakan kesempatan bagi murid untuk menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya melalui program pembuatan pupuk kompos berbahan dasar daun kering.
- Murid mempunyai antusias yang tinggi (voice) dalam mencari informasi dan menentukan mekanisme pembuatan kompos. Selain itu, murid juga menentukan sendiri time schedule dalam pembuatan pupuk kompos (ownership). Murid juga diberi kebebasan untuk memilih kelompok dan manajemen kegiatan proyeknya (choice).
- Berdasarkan pemetaan aset lingkungan sekolah dan wawancara dengan orangtua murid dan warga , Program pembuatan pupuk kompos ini dapat menjadi solusi dari kebutuhan masyarakat akan pengadaan pupuk yang ramah lingkungan.
Adapun tujuan dari program ini adalah sebagai berikut, yaitu :
- Murid dapat memanfaatkan sampah organik (daun kering) yang ada di lingkungan sekitar sekolah supaya memiliki nilai guna yang tinggi.
- Meningkatkan pengetahuan dan wawasan murid tentang pembuatan kompos berbahan dasar daun kering.
- Mengurangi ketergantungan pada pupuk anorganik yang mengandung bahan kimia yang kurang ramah lingkungan.
b. Proses jalannya aksi
Adapun langkah-langkah yang saya lakukan dalam menjalankan program ini adalah menerapkan prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA, yaitu sebagai berikut :
B_ Buat Pertanyaan
1. Hal baik apa yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan sampah organik berupa daun-daun kering di sekitar lingkungan sekolah?
2. Bagaimana cara memanfaatkan sampah organik (daun kering) untuk membuat pupuk kompos?
3. Apa manfaat pupuk kompos bagi lingkungan?
Adapun tindakan yang perlu saya lakukan untuk mendapatkan jawaban tersebut adalah :
- Mencari informasi di buku/jurnal tanaman
- Berdiskusi dengan guru/penggiat lingkungan hidup/orang tua
- Belajar dari pengalaman orang lain tentang pembuatan kompos
A_Atur rencana
1. Siapa yang akan melakukan kegiatan membuat pupuk kompos berbahan dasar daun kering?
2. Kapan kegiatan membuat pupuk kompos dilaksanakan?
3. Apa bahan-bahan untuk membuat pupuk kompos berbahan dasar daun kering?
4. Mengapa perlu membuat pupuk kompos berbahan dasar daun kering?
Adapun tindakan yang dilakukan adalah :
- Mencari profil orang atau tokoh terkenal yang ahli dalam bidang pembuatan pupuk kompos
- Mencari tahu dan mencatat bagaimana proses dan bahan-bahan untuk membuat pupuk kompos berbahan dasar daun kering
- Mencari informasi akurat tentang nilai positif/manfaat pupuk kompos berbahan dasar daun kering bagi lingkungan
- Mengatur pembagian tugas projek yang akan diselesaikan oleh murid.
G_Gali mimpi
1. Apa manfaat dari pembuatan pupuk kompos berbahan dasar daun kering?
2. Apa pengalaman belajar dan karakteristik murid yang dibangun dari program ini?
Hal yang menjadi harapan dari program ini adalah :
- Kegiatan direncanakan di luar jam sekolah (ko kurikuler)
- Semua murid kelas 7 (tujuh) terlibat secara aktif dalam kegiatan sesuai dengan pembagian tugas proyeknya
- Guru berperan mendampingi dan membimbing murid dalam proses pembuatan pupuk
- Apabila pembuatan pupuk kompos berbahan dasar daun kering berhasil, maka banyak manfaat yang didapat, diantaranya murid menjadi tahu nilai lebih dari sampah organik, lingkungan di sekitar menjadi bersih dan asri
- Pengalaman belajar yang didapat oleh murid yaitu nilai kerja sama, gotong royong, peduli lingkungan
J_Jabarkan rencana
1. Apa Langkah-langkah yang dapat dilakukan supaya membuat kompos berbahan dasar daun kering berhasil?
2. Bagaimana kerangka pembuatan kompos berbahan dasar daun kering ?
Berikut adalah langkah-langkah sistematis yang dilakukan, yaitu :
- Murid mengumpulkan daun kering sebanyak satu karung
- Membuat campuran dekomposer dengan mencampurkan nasi aking dengan air
- Mengeluarkan daun kering dari karung dan siramkan larutan decomposer ke daun kering
- Setelah semua daun lembap, masukkan daun ke dalam karung dan simpan selama beberapa hari.
A_Atur eksekusi
1. Siapa pihak yang berperan dan terlibat dalam program ini?
2. Bagaimana jalur komunikasi dalam mengelola program ini?
Berikut adalah jawabannya, yaitu :
- Pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan program ini adalah wakasek kesiswaan, murid, guru dan penjaga sekolah
- Manajemen pengelolaan kompos adalah tanggung jawab murid dengan bimbingan guru
- Time Schedule melatih karakteristik murid untuk disiplin, mandiri dan bertanggung jawab
2. Dampak yang didapatkan setelah program dijalankan
Program ini sangat memberikan solusi dari beragamnya karakter murid. Para murid akan bebas dan terarah menuangkan gagasan dan ide-ide kreatifnya dalam menjalankan program. Mereka dilatih berkolaborasi dan bekerja sama antar teman. Adapun Profil Pelajar Pancasila Yang dikembangkan dalam progam sekolah ini adalah : Mandiri, Gotong royong dan Kreatif. Manfaat yang dirasakan dari program ini jelas memberikan pengalaman berharga bagi murid dalam membentuk karakter dan keterampilan hidup (life skill) nya. Pembelajaran yang didapat murid saat berada di sekolah akan sangat berguna di masa mendatang ketika mereka berada di tengah-tengah masyarakat. Banyak hal yang menjadi catatan penting bagaimana anak-anak merencanakan, menjalankan dan menyukseskan suatu program yang berdampak pada murid. Tentunya perbaikan dan evaluasi program akan terus dilakukan secara kontinu dan berkesinambungan untuk perbaikan pada proses selanjutnya.
3. Refleksi
Hal yang saya rasakan saat menjalankan aksi nyata ini adalah bahagia dan optimis. Mengapa demikian? Karena saya yakin bahwa apa yang saya lakukan ini memberi dampak baik bagi banyak kalangan terutama para murid. Selain lingkungan menjadi bersih dan asri, para murid juga akan terlatih karakter positifnya dalam mencintai lingkungan. Berbagai kendala yang dihadapi oleh tim dalam menjalankan program ini adalah suatu tantangan yang harus ditaklukan. Muara dari keterlaksanaan progam ini adalah terwujudnya profil pelajar pancasila.
Pembelajaran yang didapatkan oleh murid dari kegiatan aksi nyata ini adalah karakter positif kemandirian, jiwa wirausaha, semangat gotong royong dan mengembangkan kreatifitas. Pengalaman pembelajaran yang bermakna saat di sekolah akan menjadi bekal berharga ketika para murid kelak dewasa dan terjun hidup di masyarakat.
Ada beberapa evaluasi dari keterlaksanaan program ini yang akan menjadi bahan untuk memperbaiki pembelajaran. Diantara yang menjadi tantangan dalam program ini adalah kerja tim yang kurang solid, waktu pelaksanaan program yang kurang efektif ( melebihi waktu yang ditentukan), hasil proyek yang kurang optimal, bahan-bahan dasar dan penunjang kompos sulit didapat (sering basah karena hujan), murid kurang focus dalam mengerjakan tugas proyek.
Untuk memperbaiki pembelajaran, saya dan para murid berencana akan mengkaji ulang tahapan BAGJA yang telah kami lakukan. Selain itu, kekurangan dalam pelaksanaan progam akan menjadi lecutan motivasi untuk memperbaiki proses dan hasil dari proyek pembelajaran ini.
~ ~ Salam Bergerak, tergerak dan menggerakkan ~ ~
Lembah Sungai Cimanuk Indramayu, 26 Juni 2022



Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap ibu..inspiratif..salam kenal juga dari Banten