Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Persiapan KBM di Bulan Ramadhan
Pembinaan Kepala Sekolah dalam Rapat Dinas diharapkan bisa Meningkatkan Kinerja Guru.

Persiapan KBM di Bulan Ramadhan

Dalam fungsinya membina para guru sebagai Kepala Sekolah UPTD SMPN 1 Bungursari Wawan Setiawan mengadakan rapat dinas secara kontinue setiap bulannya seperti hari senin, 20 maret 2023 dilaksanakan dengan agenda pembinaan dan strategi KBM di bulan ramadhan.

Kegiatan ini dibuka oleh pembawa acara Eti Kartila dan narasumber seksi kurikulum Rina Maryana yang memimpin diskusi tentang bagaimana stategi KBM di bulan ramadhan yang sampai hari ini belum diedarkan juknisnya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

UPTD SMPN 1 Bungursari akan mengadakan acara mabit seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagai ketua penyelenggara kegiatan Eva Siti menyampaikan bahwa " kegiatan Mabit bukan milik  guru PAI tetapi miliK UPTD SMPN 1 Bungursari jadi hal ini perlu kesiapan bersama."

Berikut adalah rancangan yg sudah dibuat :

 

   

 

   

 

KATA PENGANTAR

 

Bismillahirrahmanirrahim 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat dan inayah-Nya atas tersusunnya Petunjuk Teknis Kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M bagi satuan pendidikan pada jenjang SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhamad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya, serta kita semua selaku umatnya.

Bulan suci Ramadhan merupakan syahru tarbiyah (bulan pendidikan) yang sangat strategis untuk melakukan pembinaan mental spiritual dalam upaya mewujudkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta membuat kebijakan Program Masantren di Sakola di satuan pendidikan.

Petunjuk Teknis Kegiatan Masantren di Sakola ini sebagai panduan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan arah dan kemudahan dalam penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan. sehingga terwujudnya peserta didik muslim yang beriman dan bertaqwa, saleh dan salehah serta tangguh dalam menghadapi tantangan zaman.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan Petunjuk Teknis Kegiatan Masantren di Sakola ini. Namun kami berharap panduan ini dapat bermanfaat dan menjadi acuan bagi setiap satuan pendidikan  yang akan melaksanakan Kegiatan Masantren di Sakola.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi demi kesempurnaan panduan ini. Semoga bermanfaat dan menjadi amal ibadah kita semua, Aamiin. 

 

Purwakarta,  Maret 2023

Penyusun

 

SAMBUTAN  KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PURWAKARTA

 

Bismillahirrahmanirrahim

Pendidikan karakter yang menjadi visi pendidikan Purwakarta adalah amanah mulia yang harus disambut baik implementasinya oleh seluruh satuan pendidikan yang ada di kabupaten Purwakarta. Termasuk di dalamnya nilai karakter religius yang sejak dulu menjadi bingkai budaya masyarakat Purwakarta.

Bulan suci Ramadan merupakan momentum tepat untuk meningkatkan nilai spiritualitas para peserta didik dalam upaya mewujudkan karakter anak bangsa yang religius dan berakhlak mulia. Budaya mengaji yang telah melekat erat di tengah kehidupan masyarakat kita harus menjadi aset berharga bagi peningkatan kualitas pendidikan.

Melalui kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M yang diselengarakan oleh setiap satuan pendidikan diharapkan mampu menumbuhkan semangat berkolaborasi seluruh ekosistem pendidikan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan terhadap peserta didik. Terutama dalam pendidikan agama sebagai basic dalam penguatan pendidikan karakter.

Dengan mengucap alhamdulillah, saya menyambut baik hadirnya Petunjuk Teknis Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M ini, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah berkontribusi dalam penyusunannya. Semoga bermanfaat dan menjadi panduan dalam penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan di semua satuan pendidikan pada jenjang SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta.

 

Purwakarta, Maret 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta

 

 

DR. H. PURWANTO, M. Pd.

NIP. 19740305 199703 1003

             

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ............................................................................................ i

SAMBUTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KAB. PURWAKARTA …….. ii

DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii

BAB I ....................................................................................................................... 1 PENDAHULUAN ................................................................................................. 1

A. Latar Belakang .................................................................................................. 1

B.   Landasan Hukum ............................................................................................. 2

C.  Tujuan dan Sasaran .......................................................................................... 2

BAB II ...................................................................................................................... 4

PELAKSANAAN Masantren di Sakola ............................................................ 4

A.  Pola Penyelenggaraan  ………………………………...………………………4

B.    Pola Pembinaan ………………………………………………………………..4

C.   Ruang Lingkup Program ………………………………………………………5

D.  Bentuk Kegiatan ……………………………………………………………… 5

E.    Waktu Pelaksanaan …………………………………………………………….5

F.    Materi Pembelajaran …………………………………………………………...6

G.   Metoda dan Pendekatan ……………………………………………………….6

H.  Pengelola Kegiatan …………………………………………………………….7

I.     Penilaian ………………………………………………………………………..7

BAB III .................................................................................................................... 9

MONITORING DAN PELAPORAN ................................................................. 9

A.  Monitoring ……………………………………………………………………. 9

B.   Pelaporan ………………………………………………………………………9

BAB IV .................................................................................................................. 10

PENUTUP ............................................................................................................ 10

Lampiran – lampiran …………………………………………………………….11

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan potensi peserta didik. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 dinyatakan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” 

Peserta didik adalah pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Mereka adalah generasi penerus bangsa yang harus dijaga dan diperhatikan. Potensi mereka adalah harapan bagi masa depan bangsa. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan di semua jalur jenjang dan jenis pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikan agama. Dengan diberikannya pendidikan agama dan kegiatan keagamaan di sekolah, peserta didik nantinya diharapkan akan menjadi generasi emas bangsa yang beriman, bertaqwa, unggul dalam segala hal dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman.

Atas dasar itulah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta membuat satu kebijakan program pembelajaran di bulan suci Ramadan 1444 H ini melalui kegiatan Masantren di Sakola di satuan pendidikan. Sebuah kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian, menanamkan nilai-nilai religi dan memberikan pengalaman berkesan yang membekas dalam jiwa peserta didik sebagai bekal yang bermanfaat bagi pembentukan kepribadiannya kelak. Satuan pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan agama semata, tetapi juga memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk bersikap religius, mandiri, disiplin, toleran, amar ma’ruf nahi munkar, berakhlak mulia, dan terampil melaksanakan ajaran agama. Dengan begitu, diharapkan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan baik. 

Agar kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan yang diselenggarakan pada setiap satuan pendidikan dapat berjalan dengan baik, terarah programnya dan terukur capaian hasil pembelajarannya maka perlu disusun petunjuk teknis pelaksanaannya.

 

B. Landasan Hukum

1.       Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2.       Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

3.       Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan; 

4.       Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah;

5.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013;

6.       Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/12A Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah;

7.       Peraturan Bupati Purwakarta No. 69 Tahun 2015 Tentang Pendidikan Berkarakter;

8.       Perda No. 9 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaran Pendidikan di Kabupaten Purwakarta

 

C. Tujuan dan Sasaran 

Tujuan disusunnya Petunjuk Teknis Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H / 2023 M ini adalah :

1)     Mempermudah satuan pendidikan, guru pada umumnya dan guru Pendidikan Agama Islam pada khususnya dalam menyusun agenda kegiatan keagamaan selama bulan suci Ramadhan sesuai dengan kondisi, situasi dan minat peserta didik;

2)     Memberikan arah pembelajaran yang dapat dijadikan acuan kegiatan

Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M oleh guru pada setiap satuan pendidikan, disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik dan orang tua;

3)     Memberikan gambaran tentang sistematika penyusunan laporan kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan bagi guru dan satuan pendidikan.

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan ini adalah:

1)       Peserta didik pada tingkat SD dan SMP sebagai peserta pada kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan.

2)       Guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh guru pada satuan pendidikan sebagai pelaksana program kegiatan Masantren di Sakola.

3)       Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab program kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan.

4)       Pengawas sekolah sebagai pendamping kegiatan sekaligus tim monitoring dan evaluasi yang memantau penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan.

 

      

BAB II

PELAKSANAAN Masantren di Sakola

 

A. Pola Penyelenggaraan 

Pola penyelenggaraan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M pada dasarnya diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan, akan tetapi jika ada satuan pendidikan yang karena sesuatu dan lain hal tidak dapat menyelenggarakan sendiri, maka dapat bekerjasama dengan lembaga lain.

Ada tiga alternatif pola penyelenggaraan Masantren di Sakola yang dapat dilaksanakan, yaitu: 

1.     Satuan pendidikan menyelenggarakan sendiri (mandiri)

Kegiatan Masantren di Sakola diselenggarakan oleh satuan pendidikan dengan melibatkan seluruh warga sekolah, orang tua peserta didik dan komite sekolah.

2.     Satuan pendidikan dapat bekerjasama dengan pondok pesantren Pola ini memungkinkan satuan pendidikan dapat bekerjasama dengan pondok pesantren dalam melakukan tata kelola pelaksanaan kegiatan Masantren di Sakola. Kegiatan pola ini wajib tercantum dalam surat perjanjian kerjasama

3.     Sekolah dapat bekerjasama dengan lembaga masyarakat 

Penyelenggaraan Masantren di Sakola melalui pola ini diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat bekerja sama dengan lembaga masyarakat yang memiliki kapasitas dalam penyelenggaran kegiatan yang dimaksud.

 

B. Pola Pembinaan

Masantren di Sakola memiliki pola pembinaan khusus yakni lebih ditekankan pada proses pengenalan, proses penghayatan dan proses pembiasaan.

1.     Proses pengenalan

a)     Pengenalan lingkungan belajar

b)     Pengenalan ilmu-ilmu utama kepesantrenan

c)     Pengenalan tatacara beribadah

d)    Pengenalan kedekatan antara pembimbing dan peserta didik

2.     Proses penghayatan

a)     Menghayati arti ibadah dan manfaatnya

b)     Menghayati nilai-nilai karakter dan manfaatnya

c)     Menghayati arti hidup bersama di lingkungan keluarga, teman sebaya dan masyarakat

3.     Proses pembiasaan 

a)     Pembiasaan  beribadah ( shalat, dzikir, doa,  tadabur, dan lain-lain )

b)     Pembiasaan belajar bersama, bergaul dan melakukan aktivitas secara bersama-sama.

 

C. Ruang Lingkup Program

Ruang lingkup program Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M meliputi keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara :

-          Hubungan manusia dengan Allah SWT

-          Hubungan manusia dengan dirinya sendiri

-          Hubungan manusia dengan sesamanya

-          Hubungan manusia dengan lingkungannya

 

D. Bentuk Kegiatan

Masantren di Sakola 1444 H/ 2023 M dilaksanakan oleh satuan pendidikan mulai jenjang SD dan SMP sesuai jadwal yang telahp ditetapkan. Proses pembelajarannya disesuaikan berdasarkan kondisi dan situasi belajar mengajar yang berlaku.  Bentuk kegiatannya meliputi :

1.       Kegiatan Tadarus

2.       Zikir dan Doa

3.       Kajian Keislaman

4.       Praktek Ibadah

5.       Diskusi  tentang pemantapan pemahaman keagamaan, wawasan kebangsaan dan penerapan nilai- nilai karakter

6.       Pasaran Kitab Safinah melalui channel Linuhung TV

 

E. Waktu Pelaksanaan

1.   Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M berlangsung selama 2 minggu, mulai tanggal 3 s/d 14 April 2023.

2.   Pembukaan Kegiatan Masantren di Sakola dilaksanakan pada  Senin, 3 April 2023, secara virtual di Linuhung TV dan diikuti oleh  seluruh satuan pendidikan.

3.   Pelaksanaan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan disesuaikan dengan kondisi proses belajar mengajar di satuan pendidikannya masing-masing.

4.   Acara Penutupan dilaksanakan serentak pada tanggal 14 April 2023 melalui virtual  di Linuhung TV diikuti oleh seluruh satuan pendidikan.

F. Materi Pembelajaran

Materi Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M pada prinsipnya mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam yang memuat 5 ruang lingkup materi, yaitu : Al Quran, Aqidah, Akhlak, Ibadah dan Tarikh. Namun pengembangannya diterapkan melalui dua penguatan berikut:

1.       Penguatan Konsep, yaitu materi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang Agama Islam, Karakter Bangsa, Kesehatan, dan Lingkungan Sosial agar menjadi penguatan keberagamaan mereka dalam kehidupan sehari-hari. ( Materi terlampir)

2.       Penguatan Praktik, yaitu praktik baik yang berkenaan dengan ibadah mahdhah dan ghair mahdhah agar peserta didik mendapatkan pengalaman berkesan yang dapat menumbuhkan kesadaran untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. a. Jenjang SD

1)         Praktek Salat ( Bacaan dan Gerakannya)

2)         Praktek BTQ

3)         Praktek Peduli dengan Sesama

b. Jenjang SMP

1)       Praktek Salat Jenazah ( Bacaan dan  Gerakannya)

2)       Praktek BTQ

3)       Praktek Peduli Lingkungan 

 

G. Metoda dan Pendekatan Pembelajaran

Metoda pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan diharapkan menerapkan metode yang bersifat active learning sehingga peserta didik termotivasi untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas belajarnya. Selain itu dalam menentukan metode, pembimbing juga harus memperhatikan tujuan yang ingin dicapai, materi, peserta didik, sarana prasarana, waktu yang tersedia serta kondisi lainnya. 

Adapun pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk memaksimalkan capaian hasil pembelajaran, antara lain melalui : keteladanan, pembiasaan, berpikir kritis, keagamaan, kekeluargaan, emosional dan sebagainya.

 

H. Pengelola Kegiatan

Dalam pelaksanaan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan, satuan pendidikan wajib membentuk kepanitiaan yang ditetapkan melalui surat keputusan kepala satuan pendidikan. Satuan pendidikan menyusun Rencana Kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M, menetapkan nara sumber dan guru pembimbing dengan memaksimalkan peran serta seluruh guru dan seluruh ekosistem pendidikan yang ada di lingkungan satuan pendidikan. 

Berikut adalah deskripsi pembagian tugasnya. 

1.     Ketua Panitia adalah guru Pendidikan Agama Islam dan atau guru AKPK yang bertanggung jawab penuh terhadap proses pembelajaran. Tugasnya antara lain mengkoordinir dan mengarahkan seluruh proses pembelajaran agar berjalan sebagaimana mestinya dan melaporkan kegiatan secara tertulis kepada kepala satuan pendidikan.

2.     Guru Pendamping adalah guru yang bertanggung jawab mendampingi proses belajar peserta didik dari mulai hari pertama hingga akhir kegiatan. Tugasnya mengontrol perilaku dan ibadah sehari-hari sekaligus sebagai motivator bagi para peserta didiknya.

3.     Narasumber adalah pendidik yang dipandang kompeten untuk menyampaikan materi kepada peserta didik, berasal dari guru sekolah ataupun dihadirkan dari luar, seperti ulama, tokoh masyarakat, atau dari pemerintahan setempat. Tugasnya menyampaikan materi sesuai jadwal yang ditentukan, mengembangkan materi ajar dan menerapkan metoda pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan secara Islami

4.     Panitia adalah tim yang membantu dan memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Masantren di Sakola. Tugasnya mensosialisasikan kegiatan serta menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan.

Keempat komponen ini merupakan satu kesatuan kerja atau team work yang satu sama lainnya harus bekerjasama dan saling menguatkan.

 

I. Penilaian

Penilaian kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mengenai sejauh mana tingkat keberhasilan pembelajaran yang dicapai para peserta. Penilaian juga dibutuhkan sebagai umpan balik bagi penyelenggara agar diperoleh gambaran tentang tingkat ketercapaian tujuan dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Penilaian kegiatan Masantren di Sakola lebih menitik beratkan kepada upaya untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik, sikap, kepribadian, perilaku keseharian, dan keterampilan peserta didik dalam menjalankan ajaran agama Islam. Walaupun demikian, kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan Masantren di Sakola.

1.  Teknik Penilaian 

Teknik penilaian yang dapat dikembangkan untuk membuat instrumen penilaian, yaitu : a.  Pengamatan.

Guru pembimbing melakukan pengamatan terhadap sikap dan perilaku peserta didik selama kegiatan berlangsung. Umpamanya perilaku yang berkaitan dengan kedisiplinan, kejujuran, sopan santun, tanggung jawab, ketaatan beribadah, kepedulian, toleransi, dan lain-lain.

b.   Tes Lisan 

Guru memberikan pertanyaan secara lisan di akhir kegiatan pembelajaran. Tujuannya untuk mengukur ketercapaian materi pembelajaran dalam kegiatan Masantren di Sakola.

c.   Tes Praktek

Tes praktek yaitu penilaian yang menuntut peserta didik untuk menampilkan kemampuan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja. Seperti : praktek membaca Al Quran, berwudhu, mengerjakan salat,dsb.

d.  Angket 

Angket dimaksudkan untuk mengetahui kesan peserta didik setelah mengikuti kegiatan Masantren di Sakola.

 

2.  Indikator Ketercapaian Kegiatan

Untuk mengetahui tingkat ketercapaian satuan pendidikan dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui Masantren di Sakola dapat mengacu kepada indikator berikut.

1.   75 % program kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan.

2.   90 % kehadiran peserta didik dalam mengikuti kegiatan tercapai.

3.   Kesan positif terhadap penyelenggaraan kegiatan yang disampaikan peserta didik melalui angket dominan.

4.   Kolaborasi yang terjalin baik antara satuan pendidikan dengan orangtua, komite, masyarakat dan tokoh agama dalam penyelenggaraan kegiatan.

5.   Dokumentasi kegiatan yang tertib administrasi dan tertata dalam laporan.

 

 

 

 

 

 

 

      

BAB III

MONITORING DAN PELAPORAN

 

A. Monitoring

Dalam lingkup pendidikan pengendalian mutu terhadap sebuah kegiatan merupakan bagian tak terpisahkan dari tahapan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Monitoring adalah salah satu upaya pengendalian mutu yang bertujuan untuk memastikan tercapainya tujuan dan sasaran kegiatan yang direncanakan.

Pada prinsipnya, monitoring dilakukan pada saat kegiatan sedang dilaksanakan dan dimaksudkan untuk mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung tersebut sesuai dengan perencanaan dan prosedur atau tidak. Jika ditemukan penyimpangan atau kelambanan maka segera dibenahi agar kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan targetnya.

Monitoring dalam kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan dilakukan oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Pengawas Bina satuan pendidikan pada wilayah binaannya masing-masing (format monitoring terlampir).

 

B. Pelaporan 

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikannya, panitia kegiatan agar menyampaikan laporan secara tertulis kepada pejabat atasannya. Laporan disusun secara sistematis dan memberikan gambaran tentang penyelenggaraan kegiatan secara menyeluruh, mulai dari tahap persiapan sampai akhir pelaksanaan.

Sistematika laporan kegiatan dapat berbeda satu sama lain, namun demikian sekurang-kurangnya laporan yang dibuat memuat hal-hal sebagai berikut : 

1.     Lembar pengesahan, yang ditandatangani oleh ketua pelaksana, disyahkan oleh kepala satuan pendidikan dan diketahui oleh pengawas bina dan pengawas pendidikan agama Islam.

2.     Kata pengantar

3.     Daftar Isi

4.     Pendahuluan,  merupakan pernyataan awal tentang kegiatan yang akan dilaporkan. Bagian ini menjelaskan tentang latar belakang kegiatan serta maksud dan tujuannya.

5.     Isi Laporan, yaitu bagian yang menjelaskan inti kegiatan. Pada bagian ini memuat tentang tema dan jenis kegiatan, waktu dan tempat penyelenggaraan, informasi tentang peserta, susunan kepanitiaan, anggaran dan realisasi anggaran, pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir, termasuk hambatan dan kesulitan yang dihadapi.

6.     Penutup, merupakan bagian yang menyajikan simpulan dan kata penutup.

7.     Lampiran-lampiran, bagian yang memperkuat deskripsi pelaporan dengan penyajian bukti-bukti fisik kegiatannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III PENUTUP

 

 

Petunjuk Teknis ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M pada satuan pendidikan jenjang SD dan SMP. Pelaksanaan kegiatan dimaksud dapat dilaksanakan pada masing-masing satuan pendidikannya, atau dapat bekerjasama dengan lembaga lain di wilayahnya  selama tidak menyimpang dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diharapkan seluruh stakeholder Pendidikan Agama Islam dapat berperan aktif dalam mendukung kegiatan Masantren di Sakola di satuan pendidikan dan daerahnya masing-masing sehingga terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berkepribadian muslim yang kokoh. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Masantren di Sakola di satuan pendidikan ini tidak harus melaksanakan semua kegiatan dan materi Masantren di Sakola yang terdapat pada buku panduan/juknis ini, tetapi dapat memilih kegiatan dan materi yang sesuai dengan kebutuhan, situasi, kondisi, dan  potensi sekolahnya. Pelaksanaan kegiatan Masantren di Sakola harus disertai dengan kegiatan penilaian agar dapat diketahui hasil dan manfaatnya.

Apabila masih terdapat kekurangan dalam pedoman ini, bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta akan melakukan evaluasi, revisi, dan penyempurnaan, termasuk juga halhal lain yang belum diatur dalam petunjuk teknis ini. Karenanya, saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan demi penyempurnaan buku panduan/petunjuk teknis kegiatan Masantren di Sakola ini.

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

1.       Format Monitoring 

2.       Instrumen penguatan pendidikan karakter

3.       Lembar Kegiatan Ramadhan  Siswa

4.       Sertifikat Masantren di Sakola

5.       Jadwal Imsyakiyah  Ramadan 1444 H/2023 M

6.       Jadwal pasaran

                 

 

INSTRUMEN MONITORING

KEGIATAN Masantren di Sakola PADA SATUAN PENDIDIKAN

TAHUN AJARAN 2022/2023

 

         Nama Satuan Pendidikan                                              : ……………………………………………….       

                       Alamat                                                                     : ……………………………...................

 

NO

ASPEK KEGIATAN

ADA

TIDAK ADA

A.

Perencanaan 

 

1

Program Kegiatan Ramadhan

 

 

2

SK Kepanitiaan

 

 

3

Jadwal Kegiatan

 

 

4

Anggaran Pembiayaan

 

 

5

Daftar Hadir Siswa

 

 

6

Daftar Hadir Guru

 

 

B.

Pelaksanaan 

 

1

Melibatkan Seluruh Guru

Ya  / Tidak* 

2

Moda Kegiatan

 

3

Jumlah Siswa Seluruhnya

……          Orang

4

Jumlah Siswa Mengikuti Kegiatan

……          Orang

5

Jumlah Siswa Tidak Mengikuti Kegiatan

……          Orang

6

Solusi Bagi Siswa yang Tidak Mengikuti Kegiatan

 

C.

Penilaian 

 

1.

Teknik Penilaian

Pengamatan / Penugasan / Tes / Angket *

2.

Instrument Penilaian 

Ada  / Tidak Ada*

D.

Permasalahan dan Solusi Pemecahan :

 

 

 

 

 

 

Keterangan : * Coret yang tidak perlu

 

Purwakarta, ……… 2023

Mengetahui,

                       Kepala Sekolah                                                                                                                                                              Petugas Monitoring

 

 

……………………………………                                                                                                             ………………………………….

                       NIP.                                                                                                            NIP.

      

INSTRUMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M

 

Nama 

:..................................................

Kelas      

: .................................................

Sekolah

: .................................................

 

NO

ASPEK PENGUATAN

 

 

 

TANGGAL

 

 

 

SKOR

11

12

13

14

18

19

20

21

22

1.

Kehadiran 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Ketaatan Beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Keaktifan Belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Kerjasama 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Kepedulian 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

Sopan Santun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.

Tanggung Jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai 

 

 

 

 

 

 

 

 

Predikat 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Sangat Baik           :  81 – 100

Baik                       :  61 – 80

     Perlu Bimbingan   :     < 61                                        

 

                         

Purwakarta,  …………..  2023

Mengetahui,    

 

                 Kepala SD/SMP                         GPAI

         

                  

       

  NIP………………………. NIP…………………………

 

       

INSTRUMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA

SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M

Nama    

:..................................................

 

Kelas     

: .................................................

 

Sekolah 

: .................................................

 

KEGIATAN

HARI/TANGGAL

 

 

SKOR

PARAF  ORTU

Kegiatan Sehari-hari

1

2

3

4

5

6

7

8

9

...

 

 

1. Bangun untuk Sahur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Merapikan tempat tidur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Mencuci tangan menggunakan sabun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Diam di rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Memakai masker jika keluar rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Mandi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Membantu orang tua di rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Ibadah Sunnah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Sahur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Shalat Dhuha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Tadarrus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Hafalan Juz Amma

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Hafalan Do’a/ Shalawat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Infaq/Shadaqah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Menyimak Ceramah Ramadhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Berbuka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9. Shalat Tarawih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10. Shalat Witir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11. Shalat Ied

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Ibadah Wajib

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12. Shalat Subuh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13. Shalat Dzuhur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14. Shalat Ashar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15. Shalat Maghrib

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16. Shalat Isya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17. Zakat Fitrah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 

                             

                                                                                             Purwakarta, …………..   2023

          Mengetahui,                             

                       Kepala SD/SMP                              GPAI & BP

     

      NIP……………………….    NIP…………………………

 

 

LAPORAN PELAKSANAAN IBADAH 

PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA

SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M

 

Nama Siswa:  ………………………….…                                                                                                                                                                                                                                        Kelas:……………….

Tanggal

Sholat  Wajib

Sholat Sunnah

Shoum

Dzikir

Tadarus

AlQur’an

(Nomor

Surat & Ayat)

Paraf

Orang Tua

Shubuh

Zhuhur

 Ashar

 Maghrib

Isya

Jumlah

Dhuha

Tarawih

Pagi

Sore

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

v Catatlah waktu/jam pelaksanaan sholat di kolom Sholat Wajib dan Sholat Sunnah.

v Jika melaksanakan Shoum Wajib Ramadhan (senin-kamis, dll) maka beri tanda ceklis ( V ) pada kolom Shoum.

v Catatlah nama surat dan nomor ayat Al-Qur’an yang dibaca pada kolom Tadarus Al-Qur’an.

v Laporan kegiatan harus diketahui dan diparaf oleh orang tua setiap hari.

v Luruskanlah niat, beribadah karena Allah semata. Semoga Allah SWT  menerima amal sholih kita, amiin….  

 

                                                      Purwakarta,                   2023

                          

                Mengetahui,                                                     

 

Guru Mata Pelajaran PAI,                           Peserta Didik        

    

    

    

 

kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

 

NIP……………………….                                                                   ………………………

 

AMALIYAH MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN

PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA

SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M

 

Tgl.

Membaca

Menghafal

Nama Surat (ayat) / Juz

Pembimbing di Rumah

Nama Surat

Penguji di Rumah

01

 

 

 

 

02

 

 

 

 

03

 

 

 

 

04

 

 

 

 

05

 

 

 

 

06

 

 

 

 

07

 

 

 

 

08

 

 

 

 

09

 

 

 

 

10

 

 

 

 

11

 

 

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

 

14

 

 

 

 

15

 

 

 

 

16

 

 

 

 

17

 

 

 

 

18

 

 

 

 

19

 

 

 

 

20

 

 

 

 

21

 

 

 

 

22

 

 

 

 

23

 

 

 

 

24

 

 

 

 

25

 

 

 

 

26

 

 

 

 

27

 

 

 

 

28

 

 

 

 

29

 

 

 

 

30

 

 

 

 

 

                                                                                                                            Purwakarta,                    2023

                           

                                                                                                                            Mengetahui,

orang tua/wali,

   

 

…………………………

AMALIYAH MENGIKUTI PASARAN

KITAB SAFINAH DI LINUHUNG TV 

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PURWAKARTA

 

Hari/Tanggal 

: ……………………………………………………………….

Pukul                 

: ………………………………………….……………………

Nama  Pemateri

: ……………………………………………………………….

Fasal ke             

: ……………………………………………………………….

Isi/Kesimpulan

: ...............................................................................................

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………........

 

                                                                                                                            Purwakarta,                    2023

    

Mengetahui, orang tua/wali,

 

   

 

 

…………………………

 

 

      

      

JADWAL PASARAN KITAB SAFINAH DI LINUHUNG TV

Masantren di Sakola 1444 H / 2023 M

 

NO

NAMA GURU

AKPK / PAI

INSTANSI

MATERI / FASAL

KET

1

H. Taufiqurrohman

SMPN 1 Tegalwaru

 بِسْمِ اللهِ, الحمد لله

 

 اركان الاسلام

 

2

Iwan Setiawan

SDN 3 Sindangkasih

 اركان الايمان

 

 مع ىن لااله الاالله

 

3

Tesa Nur Pebriyanto

SDN Tunas Mandiri Cibatu

 علامات البلوغ

 

 رشوط إجزاء الحَجَرْ

 

4

Ustadz Sidik

SDN Cikaduu

Cibatu

 فروض الوضوء

 

 النية والرتتيب

 

 الماء قليل وكث ت

 

5

Darmana

SMPN 1 Campaka

 موجبات الغسل

 

 فروض الغسل

 

6

Muhsin Mubarok

SMPN Satap

Parakanlima

 رشوط الوضوء

 

 نوا قض الوضوء

 

من انتقض وضوؤه حرم  عليه

 

7

Ustadz Aep

SDN 1 Nagrikidul

 أسباب التيمم

 

 رشوط التيمم

 

8

Siti Aisyah

SDIT Al-Ghazali

Plered

 فروض التيمم

 

 مبطلات التيمم

 

9

Nanang Jaenudin

SDN 1 Cinangka

الذي يظھر من              النجاسة

 

 النجاسة

 

10.

Hj Nani

SDN 1 Nagrikaler

المغلظة: تطھربسبع   غسلات بعد إزالة عينھا

 

   أقل الحيض.... 

 

11

Mustaqim

SMPN 4 Sukatani

 أعذار الصلاة

 

 

NO

NAMA GURU

AKPK / PAI

INSTANSI

MATERI / FASAL

KET

 

 

 

 رشوط الصلاة

 

12

Ustadz Mahmudin

SMPN 3 Pasawahan

 أركان الصلاة

 

 النيه

 

13

Neng Maryani

SDN 1 Tegalmunjul

رشوط تكب تة             

 الإحرام

 

14

Saaeful Anwar

SMPN Satap Gunung Hejo

 رشوط الفاتحة

 

 تشديدات الفاتحة

 

15

Iis Ismawati, M.Pd

SMPN 8 Purwakarta

 يسن رفع اليدين

 

 رشوط السجود

 

16

Muslim

SDN Cipancur

Cibatu

 تشديدات التشھد

 

تشديدات أقل الصلاة  على الن   ن

 

 أقل السلام

 

17

Ahmad Mukhtar

SMPN 3 Darangdan

 أوقات الصلاة

 

تحرم الصلاة ال ر ن ليس لھا سبب متقدم  ولامقارن

 

18

Ustadz Jaenal

SDN 3 Cilandak

 سكتات الصلاة

 

الأركان ال ر ن تلزمه فيھا  الطمأنينة

 

19

Ustadz Yusuf  Nur

Ali

SDN 3 Cilandak

 أسباب سجود السھو

 

 أبعاض الصلاة

 

20

Hendra

SMPN 2 Darangdan

 تبطل الصلاة

 

21

Ahmad Sihabudin

SDN 3 Campakasari

الذي يلزم فية نية  الإمامة

 

 رشوط القدوة

 

22

Hj Nining

SMPN Satap

Ciawi

 صور القدوة

 

 رشوط جمع التقديم

 

 رشوط جمع التأخ ت

 

NO

NAMA GURU

AKPK / PAI

INSTANSI

MATERI / FASAL

KET

 

 

 

 رشوط القصر

 

23

Aminudin

SDN 1 Cisaat

Campaka

 رشوط الجمعة

 

 أركان الخطبت ىي

 

 رشوط رشوط الخطبت ىي

 

24

Ahmad Fahmi B.U

SMPN 3 Purwakarta

 الذي يلزم للميت

 

 أقل الغسل

 

25

H. Jalaludin, M.Pd.I

SDN  Pasawahan

 أقل الكفن

 

 أركان صلاة الجنازة

 

26

Ustadz Rusmita

SDN 1 Citalang

 أقل الدفن

 

 ينبش الميت

 

27

Rukman

SMPN 3 Campaka

 الإستعانات

 

الأموال ال ر ن تلزم فيھا  الزكاة

 

28

Ust Cucu

SDN Legoksari darangdan

 يجب صوم رمضان

 

 رشوط صحته

 

 رشوط وجوبه

 

29

Abdul Munawwar,

M.Pd

SMP Full Day Al-

Muhajirin

 أركانه

 

 يجب مع القضاء للصوم

 

 يبطل الصوم

 

30.

Abdul Hamid

SDN 1 Cikumpay

Campaka

 الإفطار ى ف رمضان

 

الذي لا يفطِر مما يصل  إلى الجوف

 

Do’a Penutup

 

 

Wallaahu a'lamBaarakallah lanaa wa lakum

 

#Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!!!

#Salam Guru Literat: Semangat_Hebat_Literat!!!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post