Persiapan KBM di Bulan Ramadhan
Dalam fungsinya membina para guru sebagai Kepala Sekolah UPTD SMPN 1 Bungursari Wawan Setiawan mengadakan rapat dinas secara kontinue setiap bulannya seperti hari senin, 20 maret 2023 dilaksanakan dengan agenda pembinaan dan strategi KBM di bulan ramadhan.
Kegiatan ini dibuka oleh pembawa acara Eti Kartila dan narasumber seksi kurikulum Rina Maryana yang memimpin diskusi tentang bagaimana stategi KBM di bulan ramadhan yang sampai hari ini belum diedarkan juknisnya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.
UPTD SMPN 1 Bungursari akan mengadakan acara mabit seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagai ketua penyelenggara kegiatan Eva Siti menyampaikan bahwa " kegiatan Mabit bukan milik guru PAI tetapi miliK UPTD SMPN 1 Bungursari jadi hal ini perlu kesiapan bersama."
Berikut adalah rancangan yg sudah dibuat :
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat dan inayah-Nya atas tersusunnya Petunjuk Teknis Kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M bagi satuan pendidikan pada jenjang SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhamad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya, serta kita semua selaku umatnya.
Bulan suci Ramadhan merupakan syahru tarbiyah (bulan pendidikan) yang sangat strategis untuk melakukan pembinaan mental spiritual dalam upaya mewujudkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta membuat kebijakan Program Masantren di Sakola di satuan pendidikan.
Petunjuk Teknis Kegiatan Masantren di Sakola ini sebagai panduan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan arah dan kemudahan dalam penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan. sehingga terwujudnya peserta didik muslim yang beriman dan bertaqwa, saleh dan salehah serta tangguh dalam menghadapi tantangan zaman.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan Petunjuk Teknis Kegiatan Masantren di Sakola ini. Namun kami berharap panduan ini dapat bermanfaat dan menjadi acuan bagi setiap satuan pendidikan yang akan melaksanakan Kegiatan Masantren di Sakola.
Akhirnya kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi demi kesempurnaan panduan ini. Semoga bermanfaat dan menjadi amal ibadah kita semua, Aamiin.
Purwakarta, Maret 2023
Penyusun
SAMBUTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PURWAKARTA
Bismillahirrahmanirrahim
Pendidikan karakter yang menjadi visi pendidikan Purwakarta adalah amanah mulia yang harus disambut baik implementasinya oleh seluruh satuan pendidikan yang ada di kabupaten Purwakarta. Termasuk di dalamnya nilai karakter religius yang sejak dulu menjadi bingkai budaya masyarakat Purwakarta.
Bulan suci Ramadan merupakan momentum tepat untuk meningkatkan nilai spiritualitas para peserta didik dalam upaya mewujudkan karakter anak bangsa yang religius dan berakhlak mulia. Budaya mengaji yang telah melekat erat di tengah kehidupan masyarakat kita harus menjadi aset berharga bagi peningkatan kualitas pendidikan.
Melalui kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M yang diselengarakan oleh setiap satuan pendidikan diharapkan mampu menumbuhkan semangat berkolaborasi seluruh ekosistem pendidikan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan terhadap peserta didik. Terutama dalam pendidikan agama sebagai basic dalam penguatan pendidikan karakter.
Dengan mengucap alhamdulillah, saya menyambut baik hadirnya Petunjuk Teknis Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M ini, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah berkontribusi dalam penyusunannya. Semoga bermanfaat dan menjadi panduan dalam penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan di semua satuan pendidikan pada jenjang SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta.
Purwakarta, Maret 2023
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta
DR. H. PURWANTO, M. Pd.
NIP. 19740305 199703 1003
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
SAMBUTAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN KAB. PURWAKARTA …….. ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii
BAB I ....................................................................................................................... 1 PENDAHULUAN ................................................................................................. 1
A. Latar Belakang .................................................................................................. 1
B. Landasan Hukum ............................................................................................. 2
C. Tujuan dan Sasaran .......................................................................................... 2
BAB II ...................................................................................................................... 4
PELAKSANAAN Masantren di Sakola ............................................................ 4
A. Pola Penyelenggaraan ………………………………...………………………4
B. Pola Pembinaan ………………………………………………………………..4
C. Ruang Lingkup Program ………………………………………………………5
D. Bentuk Kegiatan ……………………………………………………………… 5
E. Waktu Pelaksanaan …………………………………………………………….5
F. Materi Pembelajaran …………………………………………………………...6
G. Metoda dan Pendekatan ……………………………………………………….6
H. Pengelola Kegiatan …………………………………………………………….7
I. Penilaian ………………………………………………………………………..7
BAB III .................................................................................................................... 9
MONITORING DAN PELAPORAN ................................................................. 9
A. Monitoring ……………………………………………………………………. 9
B. Pelaporan ………………………………………………………………………9
BAB IV .................................................................................................................. 10
PENUTUP ............................................................................................................ 10
Lampiran – lampiran …………………………………………………………….11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan potensi peserta didik. Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 dinyatakan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Peserta didik adalah pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Mereka adalah generasi penerus bangsa yang harus dijaga dan diperhatikan. Potensi mereka adalah harapan bagi masa depan bangsa. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan di semua jalur jenjang dan jenis pendidikan wajib menyelenggarakan pendidikan agama. Dengan diberikannya pendidikan agama dan kegiatan keagamaan di sekolah, peserta didik nantinya diharapkan akan menjadi generasi emas bangsa yang beriman, bertaqwa, unggul dalam segala hal dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman.
Atas dasar itulah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta membuat satu kebijakan program pembelajaran di bulan suci Ramadan 1444 H ini melalui kegiatan Masantren di Sakola di satuan pendidikan. Sebuah kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian, menanamkan nilai-nilai religi dan memberikan pengalaman berkesan yang membekas dalam jiwa peserta didik sebagai bekal yang bermanfaat bagi pembentukan kepribadiannya kelak. Satuan pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan agama semata, tetapi juga memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk bersikap religius, mandiri, disiplin, toleran, amar ma’ruf nahi munkar, berakhlak mulia, dan terampil melaksanakan ajaran agama. Dengan begitu, diharapkan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan baik.
Agar kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan yang diselenggarakan pada setiap satuan pendidikan dapat berjalan dengan baik, terarah programnya dan terukur capaian hasil pembelajarannya maka perlu disusun petunjuk teknis pelaksanaannya.
B. Landasan Hukum
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan;
4. Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013;
6. Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/12A Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah;
7. Peraturan Bupati Purwakarta No. 69 Tahun 2015 Tentang Pendidikan Berkarakter;
8. Perda No. 9 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaran Pendidikan di Kabupaten Purwakarta
C. Tujuan dan Sasaran
Tujuan disusunnya Petunjuk Teknis Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H / 2023 M ini adalah :
1) Mempermudah satuan pendidikan, guru pada umumnya dan guru Pendidikan Agama Islam pada khususnya dalam menyusun agenda kegiatan keagamaan selama bulan suci Ramadhan sesuai dengan kondisi, situasi dan minat peserta didik;
2) Memberikan arah pembelajaran yang dapat dijadikan acuan kegiatan
Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M oleh guru pada setiap satuan pendidikan, disesuaikan dengan kondisi sekolah, peserta didik dan orang tua;
3) Memberikan gambaran tentang sistematika penyusunan laporan kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan bagi guru dan satuan pendidikan.
Adapun yang menjadi sasaran kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan ini adalah:
1) Peserta didik pada tingkat SD dan SMP sebagai peserta pada kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan.
2) Guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh guru pada satuan pendidikan sebagai pelaksana program kegiatan Masantren di Sakola.
3) Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab program kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan.
4) Pengawas sekolah sebagai pendamping kegiatan sekaligus tim monitoring dan evaluasi yang memantau penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan.
BAB II
PELAKSANAAN Masantren di Sakola
A. Pola Penyelenggaraan
Pola penyelenggaraan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M pada dasarnya diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan, akan tetapi jika ada satuan pendidikan yang karena sesuatu dan lain hal tidak dapat menyelenggarakan sendiri, maka dapat bekerjasama dengan lembaga lain.
Ada tiga alternatif pola penyelenggaraan Masantren di Sakola yang dapat dilaksanakan, yaitu:
1. Satuan pendidikan menyelenggarakan sendiri (mandiri)
Kegiatan Masantren di Sakola diselenggarakan oleh satuan pendidikan dengan melibatkan seluruh warga sekolah, orang tua peserta didik dan komite sekolah.
2. Satuan pendidikan dapat bekerjasama dengan pondok pesantren Pola ini memungkinkan satuan pendidikan dapat bekerjasama dengan pondok pesantren dalam melakukan tata kelola pelaksanaan kegiatan Masantren di Sakola. Kegiatan pola ini wajib tercantum dalam surat perjanjian kerjasama
3. Sekolah dapat bekerjasama dengan lembaga masyarakat
Penyelenggaraan Masantren di Sakola melalui pola ini diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan dapat bekerja sama dengan lembaga masyarakat yang memiliki kapasitas dalam penyelenggaran kegiatan yang dimaksud.
B. Pola Pembinaan
Masantren di Sakola memiliki pola pembinaan khusus yakni lebih ditekankan pada proses pengenalan, proses penghayatan dan proses pembiasaan.
1. Proses pengenalan
a) Pengenalan lingkungan belajar
b) Pengenalan ilmu-ilmu utama kepesantrenan
c) Pengenalan tatacara beribadah
d) Pengenalan kedekatan antara pembimbing dan peserta didik
2. Proses penghayatan
a) Menghayati arti ibadah dan manfaatnya
b) Menghayati nilai-nilai karakter dan manfaatnya
c) Menghayati arti hidup bersama di lingkungan keluarga, teman sebaya dan masyarakat
3. Proses pembiasaan
a) Pembiasaan beribadah ( shalat, dzikir, doa, tadabur, dan lain-lain )
b) Pembiasaan belajar bersama, bergaul dan melakukan aktivitas secara bersama-sama.
C. Ruang Lingkup Program
Ruang lingkup program Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M meliputi keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara :
- Hubungan manusia dengan Allah SWT
- Hubungan manusia dengan dirinya sendiri
- Hubungan manusia dengan sesamanya
- Hubungan manusia dengan lingkungannya
D. Bentuk Kegiatan
Masantren di Sakola 1444 H/ 2023 M dilaksanakan oleh satuan pendidikan mulai jenjang SD dan SMP sesuai jadwal yang telahp ditetapkan. Proses pembelajarannya disesuaikan berdasarkan kondisi dan situasi belajar mengajar yang berlaku. Bentuk kegiatannya meliputi :
1. Kegiatan Tadarus
2. Zikir dan Doa
3. Kajian Keislaman
4. Praktek Ibadah
5. Diskusi tentang pemantapan pemahaman keagamaan, wawasan kebangsaan dan penerapan nilai- nilai karakter
6. Pasaran Kitab Safinah melalui channel Linuhung TV
E. Waktu Pelaksanaan
1. Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M berlangsung selama 2 minggu, mulai tanggal 3 s/d 14 April 2023.
2. Pembukaan Kegiatan Masantren di Sakola dilaksanakan pada Senin, 3 April 2023, secara virtual di Linuhung TV dan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan.
3. Pelaksanaan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan disesuaikan dengan kondisi proses belajar mengajar di satuan pendidikannya masing-masing.
4. Acara Penutupan dilaksanakan serentak pada tanggal 14 April 2023 melalui virtual di Linuhung TV diikuti oleh seluruh satuan pendidikan.
F. Materi PembelajaranMateri Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M pada prinsipnya mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam yang memuat 5 ruang lingkup materi, yaitu : Al Quran, Aqidah, Akhlak, Ibadah dan Tarikh. Namun pengembangannya diterapkan melalui dua penguatan berikut:
1. Penguatan Konsep, yaitu materi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang Agama Islam, Karakter Bangsa, Kesehatan, dan Lingkungan Sosial agar menjadi penguatan keberagamaan mereka dalam kehidupan sehari-hari. ( Materi terlampir)
2. Penguatan Praktik, yaitu praktik baik yang berkenaan dengan ibadah mahdhah dan ghair mahdhah agar peserta didik mendapatkan pengalaman berkesan yang dapat menumbuhkan kesadaran untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. a. Jenjang SD
1) Praktek Salat ( Bacaan dan Gerakannya)
2) Praktek BTQ
3) Praktek Peduli dengan Sesama
b. Jenjang SMP
1) Praktek Salat Jenazah ( Bacaan dan Gerakannya)
2) Praktek BTQ
3) Praktek Peduli Lingkungan
G. Metoda dan Pendekatan Pembelajaran
Metoda pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan diharapkan menerapkan metode yang bersifat active learning sehingga peserta didik termotivasi untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas belajarnya. Selain itu dalam menentukan metode, pembimbing juga harus memperhatikan tujuan yang ingin dicapai, materi, peserta didik, sarana prasarana, waktu yang tersedia serta kondisi lainnya.
Adapun pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk memaksimalkan capaian hasil pembelajaran, antara lain melalui : keteladanan, pembiasaan, berpikir kritis, keagamaan, kekeluargaan, emosional dan sebagainya.
H. Pengelola Kegiatan
Dalam pelaksanaan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan, satuan pendidikan wajib membentuk kepanitiaan yang ditetapkan melalui surat keputusan kepala satuan pendidikan. Satuan pendidikan menyusun Rencana Kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M, menetapkan nara sumber dan guru pembimbing dengan memaksimalkan peran serta seluruh guru dan seluruh ekosistem pendidikan yang ada di lingkungan satuan pendidikan.
Berikut adalah deskripsi pembagian tugasnya.
1. Ketua Panitia adalah guru Pendidikan Agama Islam dan atau guru AKPK yang bertanggung jawab penuh terhadap proses pembelajaran. Tugasnya antara lain mengkoordinir dan mengarahkan seluruh proses pembelajaran agar berjalan sebagaimana mestinya dan melaporkan kegiatan secara tertulis kepada kepala satuan pendidikan.
2. Guru Pendamping adalah guru yang bertanggung jawab mendampingi proses belajar peserta didik dari mulai hari pertama hingga akhir kegiatan. Tugasnya mengontrol perilaku dan ibadah sehari-hari sekaligus sebagai motivator bagi para peserta didiknya.
3. Narasumber adalah pendidik yang dipandang kompeten untuk menyampaikan materi kepada peserta didik, berasal dari guru sekolah ataupun dihadirkan dari luar, seperti ulama, tokoh masyarakat, atau dari pemerintahan setempat. Tugasnya menyampaikan materi sesuai jadwal yang ditentukan, mengembangkan materi ajar dan menerapkan metoda pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan secara Islami
4. Panitia adalah tim yang membantu dan memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Masantren di Sakola. Tugasnya mensosialisasikan kegiatan serta menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan.
Keempat komponen ini merupakan satu kesatuan kerja atau team work yang satu sama lainnya harus bekerjasama dan saling menguatkan.
I. Penilaian
Penilaian kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/2023 M dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mengenai sejauh mana tingkat keberhasilan pembelajaran yang dicapai para peserta. Penilaian juga dibutuhkan sebagai umpan balik bagi penyelenggara agar diperoleh gambaran tentang tingkat ketercapaian tujuan dari kegiatan yang telah dilaksanakan.
Penilaian kegiatan Masantren di Sakola lebih menitik beratkan kepada upaya untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik, sikap, kepribadian, perilaku keseharian, dan keterampilan peserta didik dalam menjalankan ajaran agama Islam. Walaupun demikian, kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik dalam kegiatan Masantren di Sakola.
1. Teknik Penilaian
Teknik penilaian yang dapat dikembangkan untuk membuat instrumen penilaian, yaitu : a. Pengamatan.
Guru pembimbing melakukan pengamatan terhadap sikap dan perilaku peserta didik selama kegiatan berlangsung. Umpamanya perilaku yang berkaitan dengan kedisiplinan, kejujuran, sopan santun, tanggung jawab, ketaatan beribadah, kepedulian, toleransi, dan lain-lain.
b. Tes Lisan
Guru memberikan pertanyaan secara lisan di akhir kegiatan pembelajaran. Tujuannya untuk mengukur ketercapaian materi pembelajaran dalam kegiatan Masantren di Sakola.
c. Tes Praktek
Tes praktek yaitu penilaian yang menuntut peserta didik untuk menampilkan kemampuan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja. Seperti : praktek membaca Al Quran, berwudhu, mengerjakan salat,dsb.
d. Angket
Angket dimaksudkan untuk mengetahui kesan peserta didik setelah mengikuti kegiatan Masantren di Sakola.
2. Indikator Ketercapaian Kegiatan
Untuk mengetahui tingkat ketercapaian satuan pendidikan dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui Masantren di Sakola dapat mengacu kepada indikator berikut.
1. 75 % program kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan.
2. 90 % kehadiran peserta didik dalam mengikuti kegiatan tercapai.
3. Kesan positif terhadap penyelenggaraan kegiatan yang disampaikan peserta didik melalui angket dominan.
4. Kolaborasi yang terjalin baik antara satuan pendidikan dengan orangtua, komite, masyarakat dan tokoh agama dalam penyelenggaraan kegiatan.
5. Dokumentasi kegiatan yang tertib administrasi dan tertata dalam laporan.
BAB III
MONITORING DAN PELAPORAN
A. Monitoring
Dalam lingkup pendidikan pengendalian mutu terhadap sebuah kegiatan merupakan bagian tak terpisahkan dari tahapan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Monitoring adalah salah satu upaya pengendalian mutu yang bertujuan untuk memastikan tercapainya tujuan dan sasaran kegiatan yang direncanakan.
Pada prinsipnya, monitoring dilakukan pada saat kegiatan sedang dilaksanakan dan dimaksudkan untuk mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung tersebut sesuai dengan perencanaan dan prosedur atau tidak. Jika ditemukan penyimpangan atau kelambanan maka segera dibenahi agar kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan targetnya.
Monitoring dalam kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikan dilakukan oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Pengawas Bina satuan pendidikan pada wilayah binaannya masing-masing (format monitoring terlampir).
B. Pelaporan
Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas penyelenggaraan kegiatan Masantren di Sakola pada satuan pendidikannya, panitia kegiatan agar menyampaikan laporan secara tertulis kepada pejabat atasannya. Laporan disusun secara sistematis dan memberikan gambaran tentang penyelenggaraan kegiatan secara menyeluruh, mulai dari tahap persiapan sampai akhir pelaksanaan.
Sistematika laporan kegiatan dapat berbeda satu sama lain, namun demikian sekurang-kurangnya laporan yang dibuat memuat hal-hal sebagai berikut :
1. Lembar pengesahan, yang ditandatangani oleh ketua pelaksana, disyahkan oleh kepala satuan pendidikan dan diketahui oleh pengawas bina dan pengawas pendidikan agama Islam.
2. Kata pengantar
3. Daftar Isi
4. Pendahuluan, merupakan pernyataan awal tentang kegiatan yang akan dilaporkan. Bagian ini menjelaskan tentang latar belakang kegiatan serta maksud dan tujuannya.
5. Isi Laporan, yaitu bagian yang menjelaskan inti kegiatan. Pada bagian ini memuat tentang tema dan jenis kegiatan, waktu dan tempat penyelenggaraan, informasi tentang peserta, susunan kepanitiaan, anggaran dan realisasi anggaran, pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir, termasuk hambatan dan kesulitan yang dihadapi.
6. Penutup, merupakan bagian yang menyajikan simpulan dan kata penutup.
7. Lampiran-lampiran, bagian yang memperkuat deskripsi pelaporan dengan penyajian bukti-bukti fisik kegiatannya.
BAB III PENUTUP
Petunjuk Teknis ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan Masantren di Sakola pada bulan Ramadan 1444 H/ 2023 M pada satuan pendidikan jenjang SD dan SMP. Pelaksanaan kegiatan dimaksud dapat dilaksanakan pada masing-masing satuan pendidikannya, atau dapat bekerjasama dengan lembaga lain di wilayahnya selama tidak menyimpang dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Diharapkan seluruh stakeholder Pendidikan Agama Islam dapat berperan aktif dalam mendukung kegiatan Masantren di Sakola di satuan pendidikan dan daerahnya masing-masing sehingga terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berkepribadian muslim yang kokoh.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan Masantren di Sakola di satuan pendidikan ini tidak harus melaksanakan semua kegiatan dan materi Masantren di Sakola yang terdapat pada buku panduan/juknis ini, tetapi dapat memilih kegiatan dan materi yang sesuai dengan kebutuhan, situasi, kondisi, dan potensi sekolahnya. Pelaksanaan kegiatan Masantren di Sakola harus disertai dengan kegiatan penilaian agar dapat diketahui hasil dan manfaatnya.
Apabila masih terdapat kekurangan dalam pedoman ini, bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta akan melakukan evaluasi, revisi, dan penyempurnaan, termasuk juga halhal lain yang belum diatur dalam petunjuk teknis ini. Karenanya, saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan demi penyempurnaan buku panduan/petunjuk teknis kegiatan Masantren di Sakola ini.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Format Monitoring
2. Instrumen penguatan pendidikan karakter
3. Lembar Kegiatan Ramadhan Siswa
4. Sertifikat Masantren di Sakola
5. Jadwal Imsyakiyah Ramadan 1444 H/2023 M
6. Jadwal pasaran
INSTRUMEN MONITORING
KEGIATAN Masantren di Sakola PADA SATUAN PENDIDIKAN
TAHUN AJARAN 2022/2023
Nama Satuan Pendidikan : ……………………………………………….
Alamat : ……………………………...................
NO
ASPEK KEGIATAN
ADA
TIDAK ADA
A.
Perencanaan
1
Program Kegiatan Ramadhan
2
SK Kepanitiaan
3
Jadwal Kegiatan
4
Anggaran Pembiayaan
5
Daftar Hadir Siswa
6
Daftar Hadir Guru
B.
Pelaksanaan
1
Melibatkan Seluruh Guru
Ya / Tidak*
2
Moda Kegiatan
3
Jumlah Siswa Seluruhnya
…… Orang
4
Jumlah Siswa Mengikuti Kegiatan
…… Orang
5
Jumlah Siswa Tidak Mengikuti Kegiatan
…… Orang
6
Solusi Bagi Siswa yang Tidak Mengikuti Kegiatan
C.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
Pengamatan / Penugasan / Tes / Angket *
2.
Instrument Penilaian
Ada / Tidak Ada*
D.
Permasalahan dan Solusi Pemecahan :
Keterangan : * Coret yang tidak perlu
Purwakarta, ……… 2023
Mengetahui,
Kepala Sekolah Petugas Monitoring
…………………………………… ………………………………….
NIP. NIP.
INSTRUMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M
Nama
:..................................................
Kelas
: .................................................
Sekolah
: .................................................
NO
ASPEK PENGUATAN
TANGGAL
SKOR
11
12
13
14
18
19
20
21
22
1.
Kehadiran
2.
Ketaatan Beribadah
3.
Keaktifan Belajar
4.
Kerjasama
5.
Kepedulian
6.
Sopan Santun
7.
Tanggung Jawab
Total Skor
Nilai
Predikat
Keterangan :
Sangat Baik : 81 – 100
Baik : 61 – 80
Perlu Bimbingan : < 61
Purwakarta, ………….. 2023
Mengetahui,
Kepala SD/SMP GPAI
NIP………………………. NIP…………………………
INSTRUMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA
SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M
Nama
:..................................................
Kelas
: .................................................
Sekolah
: .................................................
KEGIATAN
HARI/TANGGAL
SKOR
PARAF ORTU
Kegiatan Sehari-hari
1
2
3
4
5
6
7
8
9
...
1. Bangun untuk Sahur
2. Merapikan tempat tidur
3. Mencuci tangan menggunakan sabun
4. Diam di rumah
5. Memakai masker jika keluar rumah
6. Mandi
7. Membantu orang tua di rumah
Kegiatan Ibadah Sunnah
1. Sahur
2. Shalat Dhuha
3. Tadarrus
4. Hafalan Juz Amma
5. Hafalan Do’a/ Shalawat
6. Infaq/Shadaqah
7. Menyimak Ceramah Ramadhan
8. Berbuka
9. Shalat Tarawih
10. Shalat Witir
11. Shalat Ied
Kegiatan Ibadah Wajib
12. Shalat Subuh
13. Shalat Dzuhur
14. Shalat Ashar
15. Shalat Maghrib
16. Shalat Isya
17. Zakat Fitrah
Total Skor
Purwakarta, ………….. 2023
Mengetahui,
Kepala SD/SMP GPAI & BP
NIP………………………. NIP…………………………
LAPORAN PELAKSANAAN IBADAH
PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA
SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M
Nama Siswa: ………………………….… Kelas:……………….
Tanggal
Sholat Wajib
Sholat Sunnah
Shoum
Dzikir
Tadarus
AlQur’an
(Nomor
Surat & Ayat)
Paraf
Orang Tua
Shubuh
Zhuhur
Ashar
Maghrib
Isya
Jumlah
Dhuha
Tarawih
Pagi
Sore
Keterangan:
v Catatlah waktu/jam pelaksanaan sholat di kolom Sholat Wajib dan Sholat Sunnah.
v Jika melaksanakan Shoum Wajib Ramadhan (senin-kamis, dll) maka beri tanda ceklis ( V ) pada kolom Shoum.
v Catatlah nama surat dan nomor ayat Al-Qur’an yang dibaca pada kolom Tadarus Al-Qur’an.
v Laporan kegiatan harus diketahui dan diparaf oleh orang tua setiap hari.
v Luruskanlah niat, beribadah karena Allah semata. Semoga Allah SWT menerima amal sholih kita, amiin….
Purwakarta, 2023
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran PAI, Peserta Didik
kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
NIP………………………. ………………………
AMALIYAH MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN
PESERTA DIDIK SD DAN SMP SE-KAB. PURWAKARTA
SELAMA BULAN RAMADHAN 1444 H/2023 M
Tgl.
Membaca
Menghafal
Nama Surat (ayat) / Juz
Pembimbing di Rumah
Nama Surat
Penguji di Rumah
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
Purwakarta, 2023
Mengetahui,
orang tua/wali,
…………………………
AMALIYAH MENGIKUTI PASARAN
KITAB SAFINAH DI LINUHUNG TV
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PURWAKARTA
Hari/Tanggal
: ……………………………………………………………….
Pukul
: ………………………………………….……………………
Nama Pemateri
: ……………………………………………………………….
Fasal ke
: ……………………………………………………………….
Isi/Kesimpulan
: ...............................................................................................
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………........
Purwakarta, 2023
Mengetahui, orang tua/wali,
…………………………
JADWAL PASARAN KITAB SAFINAH DI LINUHUNG TV
Masantren di Sakola 1444 H / 2023 M
NO
NAMA GURU
AKPK / PAI
INSTANSI
MATERI / FASAL
KET
1
H. Taufiqurrohman
SMPN 1 Tegalwaru
بِسْمِ اللهِ, الحمد لله
اركان الاسلام
2
Iwan Setiawan
SDN 3 Sindangkasih
اركان الايمان
مع ىن لااله الاالله
3
Tesa Nur Pebriyanto
SDN Tunas Mandiri Cibatu
علامات البلوغ
رشوط إجزاء الحَجَرْ
4
Ustadz Sidik
SDN Cikaduu
Cibatu
فروض الوضوء
النية والرتتيب
الماء قليل وكث ت
5
Darmana
SMPN 1 Campaka
موجبات الغسل
فروض الغسل
6
Muhsin Mubarok
SMPN Satap
Parakanlima
رشوط الوضوء
نوا قض الوضوء
من انتقض وضوؤه حرم عليه
7
Ustadz Aep
SDN 1 Nagrikidul
أسباب التيمم
رشوط التيمم
8
Siti Aisyah
SDIT Al-Ghazali
Plered
فروض التيمم
مبطلات التيمم
9
Nanang Jaenudin
SDN 1 Cinangka
الذي يظھر من النجاسة
النجاسة
10.
Hj Nani
SDN 1 Nagrikaler
المغلظة: تطھربسبع غسلات بعد إزالة عينھا
أقل الحيض....
11
Mustaqim
SMPN 4 Sukatani
أعذار الصلاة
NO
NAMA GURU
AKPK / PAI
INSTANSI
MATERI / FASAL
KET
رشوط الصلاة
12
Ustadz Mahmudin
SMPN 3 Pasawahan
أركان الصلاة
النيه
13
Neng Maryani
SDN 1 Tegalmunjul
رشوط تكب تة
الإحرام
14
Saaeful Anwar
SMPN Satap Gunung Hejo
رشوط الفاتحة
تشديدات الفاتحة
15
Iis Ismawati, M.Pd
SMPN 8 Purwakarta
يسن رفع اليدين
رشوط السجود
16
Muslim
SDN Cipancur
Cibatu
تشديدات التشھد
تشديدات أقل الصلاة على الن ن
أقل السلام
17
Ahmad Mukhtar
SMPN 3 Darangdan
أوقات الصلاة
تحرم الصلاة ال ر ن ليس لھا سبب متقدم ولامقارن
18
Ustadz Jaenal
SDN 3 Cilandak
سكتات الصلاة
الأركان ال ر ن تلزمه فيھا الطمأنينة
19
Ustadz Yusuf Nur
Ali
SDN 3 Cilandak
أسباب سجود السھو
أبعاض الصلاة
20
Hendra
SMPN 2 Darangdan
تبطل الصلاة
21
Ahmad Sihabudin
SDN 3 Campakasari
الذي يلزم فية نية الإمامة
رشوط القدوة
22
Hj Nining
SMPN Satap
Ciawi
صور القدوة
رشوط جمع التقديم
رشوط جمع التأخ ت
NO
NAMA GURU
AKPK / PAI
INSTANSI
MATERI / FASAL
KET
رشوط القصر
23
Aminudin
SDN 1 Cisaat
Campaka
رشوط الجمعة
أركان الخطبت ىي
رشوط رشوط الخطبت ىي
24
Ahmad Fahmi B.U
SMPN 3 Purwakarta
الذي يلزم للميت
أقل الغسل
25
H. Jalaludin, M.Pd.I
SDN Pasawahan
أقل الكفن
أركان صلاة الجنازة
26
Ustadz Rusmita
SDN 1 Citalang
أقل الدفن
ينبش الميت
27
Rukman
SMPN 3 Campaka
الإستعانات
الأموال ال ر ن تلزم فيھا الزكاة
28
Ust Cucu
SDN Legoksari darangdan
يجب صوم رمضان
رشوط صحته
رشوط وجوبه
29
Abdul Munawwar,
M.Pd
SMP Full Day Al-
Muhajirin
أركانه
يجب مع القضاء للصوم
يبطل الصوم
30.
Abdul Hamid
SDN 1 Cikumpay
Campaka
الإفطار ى ف رمضان
الذي لا يفطِر مما يصل إلى الجوف
Do’a Penutup
Wallaahu a'lamBaarakallah lanaa wa lakum
#Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!!!
#Salam Guru Literat: Semangat_Hebat_Literat!!!!!
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar