Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pribadi yang Sehat Jiwa Raga Mampu Hadapi Tantangan Hidup
Aku Sehat Lahir Batn Tanpa Bullying

Pribadi yang Sehat Jiwa Raga Mampu Hadapi Tantangan Hidup

“Arti sehat itu merupakan akumulasi dari sehat lahir dan sehat batin. Walaupun batinnya sehat, pikirannya sehat tapi fisiknya tidak sehat, orang akan sulit melihat dirinya sebagai refleksi sehat secara seluruh. Sebaliknya, tubuhnya sehat namun pikiran dan batinnya tidak, maka akan berpotensi tidak hanya merusak dirinya tapi juga lingkungannya,” demikian yang dsampaikan DR. H.M Hidayat Nur Wahid, MA mantan Ketua DPR RI periode 2004-2009.

kesehatan adalah nikmat yang sangat mahal. Namun, terkadang banyak manusia tak menyadarinya. Dalam diri manusia, yang diperlukan bukan hanya fisik yang sehat, melainkan juga batin yang sehat. Sebab manusia terdiri dari dua dimensi utama, yakni dimensi ruh dan jasad. Keduanya mestinya sama-sama dijaga demi terjaganya keseimbangan hidup. Fisik yang sakit dapat memengaruhi kondisi kebatinan (ruhiyah) seseorang. Demikian pula sebaliknya, batin yang sakit dapat memengaruhi kondisi fisik seseorang.

Ibnu Sina pernah mengatakan bahwa kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah awal dari kesembuhan. Terdapat pula sebuah teori sebelumnya mengatakan dalam bahasa latin, “Mens sana in corpore sano”, artinya, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Dalam bahasa Arab teori itu berbunyi, al-‘aql as-salim fi al-jism as-salim, akal yang sehat terdapat pada badan yang sehat.

Upaya untuk menjaga kesehatan, baik lahir maupun batin, harus diseimbangkan. Untuk sehat lahir atau fisik harus dijaga dengan tetap menjaga sistem imun tubuh dengan makan-makanan yang bergizi, berolahraga, .Adapun untuk menjaga kesehatan batin atau spiritual perlu diberi “nutrisi” dengan memperbanyak dan memperbagus ibadah kepada Allah. Misalnya, dengan memperbanyak zikir dapat membuat hati menjadi tenang atau melakukan ibadah lainnya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Pencipta.

Selain itu kondisi lingkungan juga bisa mempengaruhi kesehatan baik lahir maupun batin. Seperti yang sekarang sedang banyak diperbincangkan yaitu tentang bulliying atau perundungan. Terjadinya kondisi itu bisa mempengaruhi kesehatan. Untuk itu maka lingkungan harus terbebas dari perundungan atau bulliying.

Dikutip dari American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, istilah bullying merujuk pada arti kata perundungan, intimidasi, atau penindasan.

Ada jenis-jenis bullying yang mungkin dialami anak dan perlu diketahui oleh orangtua, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Bullying fisik

Biasanya perundungan fisik adalah salah satu dari jenis bullying pada remaja yang paling mudah dikenali. Sering kali, yang menjadi korban akan menerima berbagai perlakuan fisik yang kasar.

Menurut National Center Against Bullying, jenis perundungan fisik bisa berupa menghalangi jalan korban, menyandung, mendorong, memukul, menjambak, hingga merusak barang.

2. Bullying verbal

Salah satu dari jenis bullying pada remaja lainnya adalah perundungan verbal. Tindakan ini bisa dilakukan dengan kata-kata, pernyataan, julukan, dan tekanan psikologis yang menyakitkan atau merendahkan.

3. Tindakan pengucilan

Jenis perundungan lainnya yang juga cukup sering terjadi yaitu pengucilan.

Anak Anda tidak disakiti secara fisik maupun verbal, tetapi justru dimusuhi dan diabaikan oleh lingkungan pergaulannya.

4. Cyberbullying

Faktanya, bullying tak hanya terjadi di dunia nyata. Sekarang ini, bullying di dunia maya atau cyberbullying umum terjadi.

Artinya, jenis perundungan ini tidak dilakukan di lingkungan sekolah atau kehidupan sehari-hari secara langsung, tetapi di dunia maya melalui internet.

Umumnya media yang digunakan untuk melakukan perundungan di dunia maya yaitu media sosial, aplikasi chatting, atau surat elektronik (e-mail).

Perundungan yang terjadi biasanya berupa hinaan atau sindiran. Bisa juga berupa gosip tentang anak Anda yang disebarkan melalui media sosial.

5. Bullying seksual

Jika anak Anda sudah memasuki usia remaja awal, jenis perundungan ini lebih mungkin dialami.

Pelaku perundungan akan mengomentari, menggoda, berusaha mengintip, bahkan menyentuh korban secara seksual.

Dalam beberapa kasus, perundungan seksual termasuk dalam tindakan kriminal yaitu pelecehan atau kekerasan seksual, yang memungkinkan pelaku ditindak secara hukum.

Contoh perundungan seksual pada remaja

Tak hanya itu, perundungan seksual pada remaja adalah jenis bullying dengan cakupan yang cukup luas, seperti:

· menyebarkan foto korban yang bersifat sensual dan pribadi,

· mengambil foto korban diam-diam dengan tujuan memuaskan gairah seksual pelaku, atau

· memaksa korban menonton atau melihat hal-hal yang berbau pornografi.

6. Bullying antar saudara

Jenis bullying lainnya yang bisa terjadi pada remaja adalah perundungan dari saudara terdekat.

Hal ini bisa terjadi ketika ada salah satu pihak yang merasa bahwa ia diperlakukan kurang baik dibandingkan dengan adiknya.

Remaja yang pernah dirundung pada masa kecilnya dilaporkan cenderung lebih rentan mengalami masalah mental sewaktu dewasa.

Inilah bahaya bullying di rumah yang perlu lebih diwaspadai setiap orangtua.

Referensi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/berita-kesehatan/sehat-lahir-sehat-batin

https://www.republika.id/posts/18311/sehat-lahir-batin

https://hellosehat.com/parenting/remaja/kesehatan-mental-remaja/bullying-pada-anak-remaja/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post