Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MAKNA IDUL FITRI
Kembali kepada asal kejadian manusia"_ 

MAKNA IDUL FITRI

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Dinukil dari ulasan Prof. DR. M. Quraisy Shihab, jumat 21/04/2023 SCTV jelang fajr.

Makna idul fitri yang pertama Kata ied berarti kembali dan fitri berarti suci, manusia asal kejadiannya  tanpa dosa. Saat idul fitri manusia bermaaf-maafan dengan sesama sehingga diharapkan dosanya yang berhubungan dengan manusia bisa hilang dan setelah berpuasa di bulan ramadhan selama sebulan penuh Allah dapat mengampuni dosa-dosa yang berhubungan dengan Allah swt.

Selain itu makna idul fitri dikembalikan kepada asal kejadian manusia juga bermakna memfungsikan kembali organ-organ/ alat-alat tubuh yang dianugerahkan Allah kepada manusia  sesuai fungsinya yang sebenarnya.

Manusia diciptakan memiliki mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, kaki untuk berjalan. Jangan gunakan mata untuk mendengar, telinga untuk melihat karena bukan itu maksud Allah untuk menciptakan alat-alat tersebut. Jangan gunakan kaki untuk pergi ke tempat-tempat buruk karena kaki diciptakan Allah bukan untuk itu.

Bahkan lebih dari itu integrasikanlah semua organ-organ yang dianugerahkan Tuhan yang ada dalam diri kita. Gabungkankah akal dengan qalbu sehingga akal tidak arogan. Gabungkan juga rasa dengan qalbu agar supaya rasa tidak menyimpang. 

Teladani Allah dalam sifat Al-Ahadiyah dan Ash-Shomadiyah yang tercantum dalam surat Al-Ikhlash. Allah sifatNYA menyatu sehingga dengan idul fitri diharapkan sifat-sifat baik kita menyatu dan kita memiliki sifat integritas. Semua organ-organ anugerah yang Allah berikan terimtegrasi dalam diri kita sehingga menjadi manusia seutuhnya.

 

Wallaahu a'lam

Baarakallah lanaa wa lakum

 

#Salam Literasi: Indonesia_Berkarya!!!

#Salam Guru Literat: Semangat_Hebat_Literat!!!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pisan ulasannya Teh. Sukses selalu

21 Apr
Balas



search

New Post