Ida Kholidah, S. Ag.

Wanita sunda ini lahir di kota simping Purwakarta pada tanggal 1 Desember 1976 dari keluarga petani pasangan alm. H. Anwar Ghozali dan Hj. Nunung Robi’ah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
WORKSHOP PENGUATAN  IMPLEMENTASI IKM TERINTEGRASI TdBA
Penguatan Konsep Dasar, Teknis dan Desain Pembelajaran Tatanen di Bale Atikan

WORKSHOP PENGUATAN IMPLEMENTASI IKM TERINTEGRASI TdBA

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) menggulirkan kebijakan pengembangan kurikulum dengan nama Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). yang menawarkan kemudahan dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan karena menjadi lebih disederhanakan kurikulumnya dalam mengelola pembelajaran dengan substansi materi yang esensial.

Senada dengan program pemerintahan Pusat, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta mengeluarkan kebijakan berupa kurikulum lokal yaitu Pembelajaran Tatanen di Bale Atikan (TdBA) dengan tujuan untuk penguatan karakter peserta didik. Dua kebijakan ini mempunyai substansi yang senada sehingga program ini bisa diimplementasikan keduanya secara harmonis antaraTdBA terhadap Kurikulum Merdeka, sebab TdBA bukan struktur terpisah dari kurikulum, terlebih dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, serta bukan hanya menjadi Platform Merdeka Mengajar akan tetapi benar-benar membantu para guru dengan penyediaan referensi untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Dalam upaya penguatan konsep dasar, teknis dan desain pembelajaran Tatanen di Bale Atikan (TdBA) Dinas Pendidikan merasa perlu mengadakan workshop terhadap sekolah-sekolah model TdBAnya. Hal ini dilakukan karena menyadari bahwa mengimplementasikan TdBA di sekolah itu tidak mudah yang menjadikan perubahan besar dalam pembelajaran sehingga TdBA bisa diimplementasikan secara kerkelanjutan sesuai dengan tujuannya sebagai pembelajaran pancaniti yang berbasis semesta untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis.

Workshop penguatan TdBA ini dilakukan secara bergantian di beberapa wilayah gabungan sekolah model TdBA di kabupaten Purwakarta. Salah satunya di SMPN 2 Campaka yang meliputi SMPN 1 Bungursari, SMPN 3 BBC dan SMPN 1 Cibatu.Materi acara diisi dengan paparan pengenalan sekolah model TdBA sekaligus sambutan oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Campaka Edy Setuaddy. Dilanjutkan dengan pembinaan dari Kasi PTK SD Rusyana kemudian penjelasan interaktif oleh sumber Moch Irvan Afrizal.

Kegiatan ini diharapkan bisa memfasilitasi sekolah dalam mengimplementasikan program TdBA disandingkan dengan Kurikulum Merdeka beserta dengan segala kendalanya.

Wallaahu a'lam

Baarakallah lanaa wa lakum

Salam Literasi: Indonesia_Berkarya !!!!!

Dokumentasi pribadi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

26 Jul
Balas

TTerima kasih komentarnya menambah bangkitnya semangat kami untuk terus melanjutkan program yang mulia ini walau syarat dengan kendala. Salam literasi: Indonesi berkarya !!!!!

27 Jul

Keren ulasannya. Salam sukses.

26 Jul
Balas

Terima kasih komentarnya yang membuat maju terus pantang mundur. Salam sukses berkah.Salam Literasi: Indonesia_Berkarya !!!!!

27 Jul

Terima kasih komentarnya yang membuat maju terus pantang mundur. Salam sukses berkah.Salam Literasi: Indonesia_Berkarya !!!!!

27 Jul
Balas



search

New Post