Idal

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

DI DALAM TUBUH YANG SEHAT MELAHIRKAN MAHAKARYA YANG DAHSYAT

Setiap orang pasti mendambakan tubuh dan pikiran yang sehat. Sehat dalam artian harfiah maupun secara batiniah. Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat akan melahirkan mahakarya yang dahsyat. Kesehatan adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Sehat bukan hanya berarti tubuh yang prima, tetapi juga pikiran yang sehat. Dalam esai ini, saya akan menjelajahi bagaimana dengan berolahraga dapat meningkatkan fisik yang sehat dan dengan berkarya dapat menjaga kesehatan mental.

Mengapa pentingnya berolah raga? Olahraga adalah kegiatan fisik. Olah raga merupakan aktivitas (gerak badan) yang memerlukan ketangkasan, kemahiran, atau tenaga yang dilakukan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh atau fisik. Aktivitas yang melibatkan fisik dapat membantu memperkuat otot, meningkatkan daya tahan, dan menjaga berat badan. Banyak orang yang ingin berolahraga yang cukup, tetapi mereka tidak memiliki waktu yang cukup. Mereka sibuk dengan aktivitas bekerja sehari-hari, sehingga aktivitas berolah raga kerap terabaikan.

Menurut saya, olah raga yang cukup akan berimabas positif pada ksehatan tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut; (1) Berolahraga dapat meningkatan kesehatan jantung. Jika olahraga dilaksanakan secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi; (2) Berolahraga dapat meningkatkan kesehatan mental. Berolahraga yang cukup melepaskan endorfin, yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan perasaan bahagia; (3) Berolahraga dapat mengontrol berat badan, aktivitas fisik membakar kalori dan membantu menjaga berat badan; dan (4) Berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu tidur lebih nyenyak, dan terasa segar di pagi hari.

Apa korelasi olah raga dengan berkarya? Kesehatan tubuh dan kesehatan pikiran adalah dua aspek yang saling terkait dan tak bisa terpisahkan dalam kehidupan. Berolahraga dan berkarya merupakan dua kegiatan yang memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan. Bagaimana berolahraga yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, dan bagaimana pula berkarya dapat memengaruhi kesehatan pikiran?

Berkarya atau mencipta, baik dalam bentuk seni, menulis, atau hobi lainnya, adalah cara yang efektif untuk merawat kesehatan mental. Cara efektif merawat alam pikir. Menuangkan ide dan gagasan dengan melahirkan karya besar adalah cara terbaik dalam menjaga kesehatan mental dan pikiran. Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan fisik. Aktivitas fisik teratur seperti berlari, berenang, bahkan berjalan kaki dapat membantu mempertahankan berat badan, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, bahkan dapat mengurangi tingkat stres. Ini membantu kita merasa lebih bugar dan energik sepanjang hari, yang pada akhirnya memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Namun sejatinya, sehatnya tubuh saja tidak cukup. Pikiran juga membutuhkan perhatian dan perawatan. Inilah mengapa berkarya sangat penting. Berkarya tidak hanya berarti mengejar karir seni dan menulis, tetapi juga melibatkan diri dalam aktivitas yang membuat kita merasa produktif. Misalnya menulis, melukis, bermain musik, atau bahkan memasak adalah bentuk-bentuk berkarya yang dapat memberi kepuasan dan merangsang pikiran. Saat kita berkarya, otak kita terlibat dalam tugas-tugas kreatif, yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan kreativitas, dan mengurangi tingkat stres.

Mengapa harus berkarya? Setidaknya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berkarya, di antaranya adalah sebagai berikut; (1) Melatih ekspresi diri. Berkarya memungkinkan kita mengungkapkan perasaan, pemikiran, dan kreativitas kita, yang dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan; (2) Melatih fokus dan konsentrasi. Ketika kita terlibat dalam aktivitas berkarya, kita cenderung fokus pada tugas tersebut, yang dapat membantu meredakan pikiran yang gelisah; (3) Mengasah keterampilan. Berkarya dapat memungkinkan kita untuk mengasah dan mengembangkan keterampilan baru, memberikan rasa pencapaian dan meningkatkan kepercayaan diri; (4) Meningkatkan interaksi sosial. Melalui berkarya, kita dapat terlibat dalam komunitas yang berbagi minat yang sama, meningkatkan dukungan sosial dan perasaan keterhubungan.

Pada akhirnya, menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan menjaga kesehatan pikiran dengan berkarya adalah dua komponen penting dalam kehidupan manusia dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Keduanya saling melengkapi, membantu mencapai keseimbangan yang optimal antara fisik dan mental. Oleh karena itu, kita seharusnya tidak hanya merawat tubuh kita dengan aktivitas fisik, tetapi juga memberikan waktu untuk berkarya dalam bentuk yang kita nikmati. Dengan demikian, kita dapat mencapai kehidupan yang lebih sehat dan bahagia secara menyeluruh serta sehat secara fisik dan sehat secara alam pikir.

BIODATA

Saya bernama Idal, M.Pd. Saya terlahir dari keluarga sederhana di Desa Tampunik, 1 Juli 1990 Kabupaten Pesisir Selatan. Saya anak ke-4 dari 7 bersaudara. Pendidikan terakhir S2 Pendidikan bahasa Indonesia. Saat ini saya mengajar di SMP Negeri 18 Padang sebagai guru mata pelajaran.

Nomor WA: 081363856991

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post