Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd.

Menjadi seorang guru telah menjadi impian sejak kecil, Lulus Pendidikan Bio D3 IKIP Yogyakarta pada tahun 1987. Pada tahun 1989 ia memperoleh SK Penempatan di S...

Selengkapnya
Navigasi Web
DONOR DARAH DI SEKOLAH

DONOR DARAH DI SEKOLAH

DONOR DARAH DI SEKOLAH

Oleh Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd. 

Guru Biologi SMAN 1 Rangkaabitung

 

Kegiatan Donor Darah di SMAN 1 Rangkasbitung merupakan bagian sari program PMR dan UKS SMAN 1 Rangkasbitung yang diselebggaran setiap tahun  4  kali. Kegiatan ini dikawal oleh Pembina PMR ibu Iis Sri Mulyati, S.P., M.Pd. Seperti kita ketahui bahwa darah merupakan bagian dari tubuh kita yang 80 %nya dari berat badan kita, dan tentunya merupakan bagian yang sangat vital. Darah diproduksi oleh tubuh dalam proses regebwrasi setiap 120 hari sekali masa satu siklus hidipnya. Darah juga bagian dari tubuh yang karakteristik dan jenis golongan darah diwarikan dari kwdua orang tuanya. Oleh karena itu golongan darah seseorang sangat spesifik. Dan tentunya menjadi donor darah darah adalah kebaikan yang sangat bermakna, karena dapat menyambungvnyawa seseorang. 

Kegiatan Donor darah telah diselenggarakan  tgl 20 September 2022 di Aula SMAN 1 Rangkasbitung dari jam 07.30 hingga jam 14.00 lancar dan tertib. Dari kegiatan tersebut terkumpul 37 kantong darah. Semua golongan Darah alhamdulillah ada.Terdir  dari i golongan  darah A, B, AB, dan O. Diantara 4 golongan  tersebut golongan AB hanya terkumpul 1 kantong darah.  Memang paling langka adalah golongan sarah AB. 

Penggolongan darah A, B, AB dan O merupakan penggolongan darah berdasarkannada tidaknya alutinogen dan ahlutinin dalam dalam darah. Aglutinigen dan aglutinin merupakan protein yang terdapat dalam darah. Orang yang bergolingan darah A artinya dalam eritrositnya mengandungcaglutinogen A dan  aglutin  beta.  Selanjutnya golongan darah B artinya eritrosinya mengandung aglutinogen B dan plasmanyacmengandung aglutinin alfa. Sedang golongan darah O eritrositnya tidak mengabdungcahlutinogen namun plasmanya mengandung aglutin alfa dan beta. Serta golonganbsarah AB kebalikan dari golongan darah O yaitu eritrositnya mengandung aglutinogen AB dan plasmanya tidak mengandung aglutinin alfa dan beta. Oleh karena itu secara teori pindah tuang darah atau Donor ( yang membwri) dan Resepien ( yang meberima) maka golongan darah O dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah. Aglutinogen artinya yang menggumpalkan sedangvaglutinin yang digumpalan. Berdasarkanbteori tersebut maka Golongan darah O yang eritositnya tidak mengandung aglutimogen A dan B naka bisa memvwrikan darahnya je semua golonganbsarah. Golongan darah O bersifat donor universal. Dan sesungguhnya kenapa diberi nama O yang sesungguhnya adalah dari makna nol (0) tidak mengandungcaglutinogen A maupun B. 

Syarat dan kwtentuan donor tentu ada. Diantaranya nya sudah berusia 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, tensi normal, tidak salam minumnobat tertentu. Juga berat badan normal . Dan khusus bagi wanita yidak dalam kondisi haid dan hamil atau menyusui. Selamat berdonor darah. Jangan khawatir setiap 120 hari arau 3 bulan produksi sarah kita bertambah kemvali. Darahmu adalah penyambungvnyawa bagi orang lain yang sangat membutuhkan. Tabarokallah. 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kegiatan yang sangat positif dan menyelamatkan banyak nyawa

23 Sep
Balas

Terima kasih bu Sofiawati. Salam literasi

23 Sep

Terima kasih bu Sofiawati. Salam literasi

23 Sep

Mantap bun

23 Sep
Balas

Terima kasih bu Maryati

23 Sep

Terima kasih admin Mediaguru Indonesia

23 Sep
Balas

Mantull kegiatan PMR/UKS sekolahnya. Berbagi untuk sesama. Semoga sehat selalu.

23 Sep
Balas

Mantull kegiatan PMR/UKS sekolahnya. Berbagi untuk sesama. Semoga sehat selalu.

23 Sep
Balas

Wah terlewati, aku belum dua bulan dari terakhir donor darah. Salam literasi.

19 Nov
Balas

Wah terlewati, aku belum dua bulan dari terakhir donor darah. Salam literasi.

19 Nov
Balas

Wah terlewati, aku belum dua bulan dari terakhir donor darah. Salam literasi.

19 Nov
Balas

Wah terlewati, aku belum dua bulan dari terakhir donor darah. Salam literasi.

19 Nov
Balas



search

New Post