Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd.

Menjadi seorang guru telah menjadi impian sejak kecil, Lulus Pendidikan Bio D3 IKIP Yogyakarta pada tahun 1987. Pada tahun 1989 ia memperoleh SK Penempatan di S...

Selengkapnya
Navigasi Web
TUGAS MENYUNTING PELATIHAN SELF EDITING IPP JATIM

TUGAS MENYUNTING PELATIHAN SELF EDITING IPP JATIM

Purna Siswa Kelas 9, Awal Menuju Masa Depan yang Sukses dan Berakhlakul Karimah

Oleh: Ahmad Syaihu

Pada Rabu, 14 Juni 2023 di Hall Victoria, Gedung Srijaya, Surabaya berlangsung acara “Purna Siswa Kelas IX MTsN 4 Kota Surabaya.” Acara tersebut dibuka oleh Kepala MTsN 4 Kota Surabaya, Bapak H. Choirur Roziqin, S.Ag., M.Pd. Acara berlangsung secara khidmat. Sebanyak 270 siswa, dari kelas 9 A—9 H mengikuti acara tersebut dengan disaksikan oleh para wali siswa beserta undangan lainnya.

Lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah dinyanyikan oleh seluruh peserta beserta undangan yang hadir. Kepala Kementerian Agama Kota Surabaya Bapak Dr. H. Pardi, M.HI. juga berkenan hadir dalam acara tersebut, sekaligus memberikan pembinaan. Kemudian dilanjutkan dengan acara prosesi wisuda purna siswa kelas 9 MTsN 4 Kota Surabaya. Pada kesempatan tersebut, para siswa maju satu per satu menuju panggung kehormatan untuk menerima map berisi ijazah dari wali kelas masing-masing. Kemudian para siswa saling bersalaman dan berfoto bersama kepala madrasah.

Acara prosesi purna siswa kelas 9 MTsN berlangsung selama 90 menit, berjalan dengan khidmat dan gembira, disaksikan oleh seluruh keluarga dan para undangan lainnya. Setelah prosesi wisuda, acara hiburan dengan tema ”Indahnya Indonesia Laksana Zamrud Katulistiwa” menampilan kolaborasi tari dari seluruh Indonesia. Ikut memeriahkan acara tersebut diantaranya: ada tari Remo khas Jawa Timur, tari Serampang 12, tari Ular, tari Saman dan tari-tarian lainnya yang mencerminkan keragaman budaya nusantara.

Makna purna siswa bagi siswa kelas 9 MTsN 4 Kota Surabaya adalah

1) sebagai perwujudan rasa syukur atas keberhasilan selama belajar di jenjang MTsN dan dinyatakan lulus 100 %,

2) bukan akhir, namun awal menuju pendidikan ke tahapan selanjutnya,

3) sebagai pijakan untuk membocorkan masa depan yang lebih baik dengan melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK/MA atau ke pondok pesantren.

Seluruh Guru MTsN 4 Kota Surabaya melakukan foto bersama dengan seluruh peserta untuk dokumen pribadi, sebelum acara berakhir. Semoga para alumni bisa menjadi generasi emas Indonesia di masa depan, yaitu alumni madrasah yang hebat, bermartabat, mandiri, berprestasi dan berakhlaqul karimah.

(Sumber: Blog Gurusiana, 14 Juni 2023, @Kolom)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap tugasnya nih. Salut

20 Aug
Balas

Keren Bund

07 Aug
Balas

Jempol. Salam literasi.

24 Jun
Balas



search

New Post