IFA FATANI

Mengajar di SD JAGERAN, SEWON, BANTUL. DIY....

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksara Jawa

Aksara Jawa

Siang hari, panas, gerah, pusing berkumpul jadi satu. Pembelajaran bahasa Jawa menulis aksara Jawa dan membaca aksara Jawa dirasakan sulit oleh anak-anak. Tak apalah belajar bahasa ibu. Meski sulit harus dikerjakan.

"Seandainya boleh sambil membuka aksara Jawa akan lebih mudah, Bu". Celetuk anak-anak.

Akhirnya saya izinkan juga mereka membuka aksara Jawa. Mungkin karena mereka belum hafal sehingga merasa kesulitan . Ada juga yang menganggap nulis aksara jawa itu lebih sulit dibandingkan dengan mengerjakan soal matematika.

Namanya juga belajar. Kita harus terus belajar dan melestarikan budaya kita. Bahasa Jawa adalah bahasa ibu. Karena kita lahir di tanah Jawa. Mari kita tingkatkan kualitas kita dalam belajar bahasa Jawa supaya bahasa Jawa tetap lestari. Unggah-ungguh dalam budaya Jawa juga perlu kita jaga. Meskipun lebih sulit dari matematika.

Mari kita belajar

Agar nanti menjadi pintar

Tak hanya duduk terdiam

Energi kita manfaatkan

Mungkin ini jauh lebih sukar

Akan tetapi usaha harus dibakar

Tuk meraih impian

Ikuti langkah kemajuan

Kuatkan hati dan iman

Agar hati tak mudah goyang

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sepakat Bunda Ifaaaa.......mari kita uri-uri budaya jawa, lengkap dengan unggah ungguhnya agar anak-anak memiliki kepribadian

01 Nov
Balas

Jadi teringat dulu waktu masih anak-anak diajari si mbah nulis aksara jawa. Soalnya di Medan kan tidak ada pelajaran aksara jawa. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

01 Nov
Balas

Sukses,sukses dan sukses mantap

01 Nov
Balas

Semoga selalu sukses dan berkah ya Bu, aamiin YRA.

01 Nov
Balas

Sukses selalu dan barakallah

01 Nov
Balas

Iya trmksh bpk ibu semua. Memang kadang terasa orang Jawa Ning ora jawani. Sy juga perlu banyak belajar. Kadang mengajar bahasa Jawa juga kesulitan. Kadang kamus bahasa Jawa pun selalu saya bawa. Hehehe. Kalau aksara Jawa membaca lebih sulit dibandingkan menulis menurut saya. Kalau membaca harus mengeja. Kalau menulis yang penting hafal aksara, sandangan, pasangan pasti bisa.

01 Nov
Balas

Boleh nanti kita belajar juga bunda,, Aksara jawa tampak menarik untuk dipelajari... Anacaraka datasawala...... Dst.

01 Nov
Balas



search

New Post