IKA IFFAH ILMIAH

Ia lahir dan besar di kota Jember. Ia memiliki segudang ekspektasi dalam hidupnya. Ia seorang guru kimia yang akan selalu berusaha menjadi yang terbaik bagi aga...

Selengkapnya
Navigasi Web
MERENGKUH KESELARASAN TIM EKSTRAKURIKULER
Dokumen pribadi

MERENGKUH KESELARASAN TIM EKSTRAKURIKULER

Oleh: Ika Iffah Ilmiah

Kegiatan ekstrakurikuler tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014. Tujuan kegiatan ekstrakurikuler tertuang pada Pasal 2, yaitu untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. Sedangkan pada Pasal 3 ayat 1, kegiatan ekstrakurikuler terdiri atas dua jenis, yaitu ekstrakurikuler wajib (pramuka) dan ekstrakurikuler pilihan (sesuai bakat minat peserta didik).

Untuk penguatan implementasi peraturan di atas maka Selasa, 10 Januari 2023, pukul 15.00 WIB. Bertempat di ruang rapat lantai 2. Tim Ekstrakurikuler MAN 2 Jember melakukan koordinasi awal semester genap tahun pelajaran 2022-2023. Koordinasi dibuka oleh moderator, Danang Teguh Pambudi, S.Pd (Koordinator Tim Ekstrakurikuler). Kemudian dilanjut dengan paparan evaluasi semester ganjil oleh Rizki Mariatus Sholeha, S.Pd (Sekertaris Tim Ekstrakurikuler).

Koordinasi kali ini membahas tentang program kerja, target dan sekaligus perkenalan pembina baru. Hadir dalam koordinasi adalah pembina pramuka, paskib, PMR, english club, atletik, olimpiade, KTI, tari, dan hadrah. Tim pengelola ekskul juga menyampaikan perubahan sistem presensi pembinaan yang diubah dalam bentuk presensi digital. Selain itu diharapkan pembina melakukan presensi tepat waktu. Kondisi ini digunakan sebagai sarana memantau kegiatan peserta didik setiap minggu.

Sebagai closing statement, "Kita tidak hanya bertugas membina peserta didik saja. Namun juga harus menyolidkan agar kita mampu mengevaluasi diri dan kegiatan", tegas Waka Kesiswaan. Ia juga menitipkan kepada para pembina untuk mampu berkomunikasi dan memahami peserta didik secara baik agar target pembinaan teraih.

Pada kesempatan ini, tak lupa disediakan sesi sharing pendapat tentang beberapa kendala pembina kepada madrasah. Harapan koordinasi intensif ini adalah menjalin komunikasi, kerjasama dan keselarasan tujuan.

3
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post