KI-KD Vs Capaian Pembelajaran
Tulisan ini bukan tentang sebuah kompetisi. Yang mempertemukan secara Head to Head. Yaitu dua kontestan untuk memperebutkan kemenangan. Yang satu mengalahkan yang lain. Semua itu tidak akan pernah ada. Karena ini tidak akan menghasilkan pemenang. Apakah KI-KD yang menang, atau Capaian pembelajaran. Yang ada yaitu yang satu versi lama dan yang lain terbaru. Yang satu tidak mengalahkan yang lain. Namun, sebagai pemulihan.
KI-KD Vs Capaian pembelajaran. Maksudnya, keduanya saling dihadapkan. Dibandingkan dari beberapa sisi. Dengan tujuan untuk semakin membuat paham, bahkan menguatkan. Dengan demikian akan membuat pemahaman bermakna. Sehingga mempermudah langkah selanjutnya dalam implementasi kurikulum merdeka. Ini bisa dianggap sebagai pembuka jalan. Istilah mudahnya pintu gerbang kurikulum merdeka.
Perbandingan pertama, KI-KD diawali dengan angka-angka. Misalnya, untuk pengetahuan dengan angka 3.1, 3.2, 3.3 dan seterusnya. Ketermpilan dengan kepala 4, misalnya 4.1, 4.2, 4.3 dan seterusnya. Bagaimanakah dengan capaian pembelajaran? Tidak ada angka-angka. Langsungn berupa kalimat yang diawali dengan elemen.
Perbandingan kedua, pada KI-KD Setelah angka tersebut diikuti dengan uraian kompetensi dalam bentuk kalimat. Yang jumlahnya banyak. Guru tidak usah memilah lagi. Langsung membuat tujuan pembelajaran.Bagaimanakah capaian pembelajaran? Tidak lagi diawali angka-angka dan lebih sederhana.Kalimatnya dalam bentuk paragrap dengan diawali elemen. Namun, guru harus memilahnya untuk selanjutnya membuat tujuan pembelajaran.
Perbandingan ketiga, KI-KD dibuat per kelas. Misalnya, kelas 1 memiliki KI-KD sendiri. Kelas 2 juga memiliki KI-KD sendiri. Berbeda dengan capaian pembelajaran Ia sesuai dengan fase. Misalnya, fase A untuk kelas I dan II. Mengapa dua kelas dalam satu fase? Karena masih dalam satu level. Kelas III dan IV berada dalam satu level yaitu fase B. Begitu pula kelas V dan VI dalam fase C.
Perbandingan keempat, KI-KD terdiri atas spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan capaian pembelajaran dilebur jadi satu. Wajar jika dalam capaian pembelajaran, kompetensinya lebih sederhana (berupa paragraf bukan poin angka.
Pemahaman mudahnya, KI-KD di kurikulum 2013 menjadi Capaian Pembelajaran di kurikulum merdeka.
Itu saja!
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi