Mohammad Ihsan

Founder & CEO Gurusiana. Pemimpin Umum Media Guru Indonesia (MediaGuru). Pemimpin Umum Majalah Literasi Indonesia. Penggagas gerakan nasional Satu Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lomba Menulis Gurusiana MediaGuru Oktober 2022 'Membangun Peradaban melalui Perpustakaan'

Lomba Menulis Gurusiana MediaGuru Oktober 2022 'Membangun Peradaban melalui Perpustakaan'

Secara berkala, Media Guru Indonesia mengadakan lomba menulis buku pada tanggal 1 setiap bulan. Temanya seputar literasi dan pendidikan. Harapannya, buku yang diterbitkan berisi kumpulan tulisan para pemenang lomba bisa menjadi inspirasi bagi guru se-Indonesia.

Lomba menulis Gurusiana periode Oktober 2022 dalam rangka Hari Perpustakaan Sekolah Internasional yang diperingati tiap 18 Oktober, mengangkat esai atau pengalaman dengan tema "Membangun Peradaban melalui Perpustakaan".

TEMA LOMBA:

Membangun Peradaban melalui Perpustakaan

Judul: Membangun Peradaban melalui Perpustakaan

Penulis: Gurusianer MediaGuru

Sinopsis:

Jika literasi menjadi salah satu kunci kemajuan suatu bangsa maka perpustakaan seharusnya menjadi jantung kemajuan peradaban. Tanpa perpustakaan yang memadai, gairah literasi akan sulit berkembang. Apalagi di tengah gempuran kesenangan dunia maya.

Di sekolah, kondisi perpustakaan dapat dijadikan cerminan gairah literasi sekolah tersebut. Bila gairah literasi sekolah tersebut positif maka perpustakaan akan penuh dengan pengunjung.

Namun, untuk menciptakan perpustakaan yang nyaman agar ramai dengan pengunjung tentu tidak mudah. Dalam buku ini, para penulis berbagi pengalaman bagaimana mereka berinovasi dan berkreasi untuk menciptakan perpustakaan yang menarik dan nyaman.

Penulis dapat menuliskan esai atau pengalaman orisinalnya dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

SYARAT PESERTA:

(1) Bergabung Grup Facebook Media Guru Indonesia (MediaGuru) Baru.

Jika belum, silakan join di sini: www.facebook.com/groups/MediaGuruIndonesiaBaru

(2) User Gurusiana

Jika belum punya akun, silakan daftar di sini: www.gurusiana.id

KETENTUAN NASKAH:

1) Isi tulisan berupa esai atau pengalaman dengan tema "Membangun Peradaban melalui Perpustakaan".

2) Tulis artikel sesuai tema dengan ketentuan: ukuran A4, font Arial 12pt, margin normal (simpan dalam format doc., docx., atau rtf.)

3) Panjang artikel 450 - 600 kata.

4) Sertakan foto pendukung (minimal satu foto).

5) Sertakan biodata penulis singkat dalam bentuk narasi di bawah artikel. Minimal memuat nama lengkap, tempat tanggal lahir, jabatan, instansi, alamat e-mail, nomor WA aktif, dan 1 (satu) foto close up bergaya santai.

6) Posting tulisan di blog www.gurusiana.id dan bagikan ke grup Facebook Media Guru Indonesia (MediaGuru) Baru.

7) Naskah diketik dengan MS Word dan dikirimkan dalam format .DOC atau .DOCX, dilengkapi data pendukungnya, melalui form online: lombaoktober2022.mediaguru.id

8) Batas maksimal pengiriman naskah: Kamis, 20 Oktober 2022, pukul 23.59 WIB.

9) Panitia berhak mengedit naskah yang terpilih tanpa mengubah substansinya.

10) Naskah yang lolos seleksi akan diterbitkan dalam buku antologi.

11) Ketentuan panitia tidak dapat diganggu-gugat.

12) Setiap penulis hanya boleh mengirimkan satu naskah.

KRITERIA PENILAIAN:

1. Kesesuaian dengan tema

2. Orisinalitas cerita

3. Keunikan cerita

4. Kelengkapan naskah

5. Kerapian naskah

Surabaya, 1 Oktober 2022

Mohammad Ihsan

Pemimpin Umum MediaGuru, CEO Gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insyaallah siap

04 Oct
Balas

mantap, tema lomba yg menantang gurusianer

03 Oct
Balas

Semoga bisa ikut,bismillah

04 Oct
Balas

Keren Pak Komandan

04 Oct
Balas

Insya Allah, ikut.

03 Oct
Balas

Waw....mantap

06 Oct
Balas

Semoga bisa ikut

07 Oct
Balas

Sangat menginspirasi temanya ssuai dengan akm

03 Oct
Balas

In syaa Allah

04 Oct
Balas

Semoga bisa berkontribusi, Pak Ceo

14 Oct
Balas

InsyaAllah ikut, smangat

05 Oct
Balas

Tema yang super keren. Semoga dapat kembali berpartisipasi.

03 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas

alhamdulillah siap

06 Oct
Balas



search

New Post