Iin Indrawati

Guru Biologi dan Wakasek Kurikulum di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Sumut...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menularkan Ilmu dari Media Guru untuk Anakku

Menularkan Ilmu dari Media Guru untuk Anakku

Menularkan Ilmu dari Media Guru untuk Anakku

(Tantangan Hari ke-5)

Aku sedang berpikir mau nulis apa malam ini, tiba-tiba sapaan anakku memecah konsentrasiku. “Mi, boleh tolong bantu cek tugas adek Mi?” pinta anak bungsuku Ummu Sitta Anjani. Kulihat ia sudah selesai mengerjakan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia, setelah seharian hari ini tidak henti -hentinya mengerjakan tugas beruntun. 

“Bantu apa nak?” tanyaku.

“ini Mi, tolong cekkan, adek disuruh menganalisis bahasa koran, apakah sudah benar menurut tata bahasa, baik penggunaan titik koma, maupun penggunaan kata dan lainnya”. Jelas anakku sambil memberikan laptop ke arahku untuk kuperhatikan.

Ternyata tugasnya menganalisis bahasa berita di koran tertentu, apakah sudah sesuai dengan tata bahasa yang sebenarnya. Untunglah setelah mengikuti pelatihan sagusabu dan rajin menulis  di Gurusiana, sedikit banyaknya aku mengerti tentang penulisan yang benar sesuai standar KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). 

Segera kuambil laptop dari tangannya, kuletakkan dipangkuanku. Bagaikan seorang ahli, mulailah aku memeriksa satu persatu kata demi kata bahasa koran yang diambil sebagai sampel untuk dianalisis. Tadinya aku berpikir, bahasa berita dalam koran atau surat kabar pastilah sudah baik dan memenuhi standar bahasa yang benar. Akan tetapi setelah kuperiksa ada beberapa penulisan yang masih perlu diperbaiki. Analisis yang dibuat oleh anakku sudah benar namun ada beberapa yang perlu ditambahkan.

“Analisis yang adek buat ini lebih baik dibuat dalam bentuk tabel nak, supaya mudah diamati dan terlihat jelas bagian mana yang dianalisis dan perlu direvisi”. aku memberi penjelasan dan menyarankan penggunaan tabel. 

“Boleh Mi, buat tabel seperti yang umi bilang” jawab anakku.  

Mulailah kurancang tabel analisis dan revisi tulisan yang terdapat dalam berita koran tersebut. Tabel berisi nomor, paragraf ke-, baris ke-, tertulis, seharusnya. Selanjutnya kuarahkan anakku untuk mengisi tabel sesuai apa yang seharusnya dibuat.

Aku teringat ketika naskah bukuku selesai editing, aku diminta untuk memeriksa kembali tulisanku selanjutnya mengisi tabel revisi dan diajukan kembali ke tim editing. Nah ilmu ini yang ku berikan pada anakku. 

Tidak memakan waktu lama, akhirnya tugas menganalisis bahasa dalam berita koran pun selesai sudah. 

Alhamdulillah ilmu yang kuperoleh dari media guru manfaat bukan hanya untuk diriku tetapi juga untuk anakku, untuk siswaku dan untuk orang-orang yang membutuhkan di sekitarku. 

Salam Literasi!

Indrawati, S.Pd.,M.Sc.

#TantanganGurusiana

Rumahku, 12 Mei 2020

Remedi ke-4

 
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terima kasih pak sudah singgah

13 May
Balas

Wow. keren bu

13 May
Balas



search

New Post