Iin Indrawati

Guru Biologi dan Wakasek Kurikulum di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Sumut...

Selengkapnya
Navigasi Web

Usaha Mewujudkan Ahlakul Karimah pada Anak (Bagian ke-2)

Usaha Mewujudkan Ahlakul Karimah pada Anak (bagian ke-2)

(Tantangan Hari ke-12)

Orang tua harus menyadari bahwa anak yang memiliki ahlak mulia kelak akan menjadi orang-orang yang terhormat dan kehadirannya akan diterima dengan baik dan penuh kebanggaan oleh lingkungan di mana ia berada.

Orang-orang yang ada di sekitarnya baik sesama orang seiman, maupun masyarakat umum, akan berprilaku baik terhadapnya. Jika ada orang yang benci dan memusuhi, bahkan berniat jahat padanya, dengan ahlak mulia mereka akan menyadari dan akhirnya akan berprilaku baik pula.

Secara umum ahlakul karimah yng harus dimiliki oleh anak adalah :

1. Mengerti, memahami dan dapat mempraktikkan bertatakrama yang sesual dengan tuntunan agama, adat istiadat budaya bangsa, dan norma yang berlaku di tengah masyarakat yang tidak bertentangan dengan agama.

2. Dalam keluarga, mereka harus mengerti dan memahami hak-haknya orang tua, memahami besarnya jasa kedua orang tua, wajibnya taat terhadap kedua orang tua terutama ibunya, dan beratnya dosa serta siksaan yang Allah berikan di dunia maupun di akhirat jika berprilaku tidak baik bahkan menentang kepada kedua orang tua.

3. Dalam pergaulan dengan teman mereka harus daoat memilih teman yang baik, mengerti dan memahami karakter teman, mampu beradaptasi, memberikan contoh yang baik, dapat memengaruhi teman ke arah yang baik, tidak terpengaruh kepada hal-hal negatif.

4. Dalam pergaulan di sekolah, mereka harus memahami tugas dan tanggungjawab sebagai pelajar. Dapat menghargai dan menghormati guru. Dapat berinteraksi dengan baik kepada warga sekolah, menyelesaikan tugas tepat waktu, disiplin, dan dapat menjadi pelajar yang memiliki karakter baik dan mampu berprestasi sehingga menjadi kebanggaan bagi keluarga.

5. Dalam pergaulan di tengah masyarakat, mereka harus mengerti, memahami bahwa dirinya merupakan bagian dari masyarakat pada umumnya, sehingga harus bisa berinteraksi dengan baik, tidak mengasingkan diri. Mereka harus tetap dapat menjaga keimanannya dapat berpengaruh baik dan tidak terpengaruh kepada hal hal yang tidak baik. Tetao bisa menjaga kehormatan dirinya dan keluarganya, serta tetap menjaga kepahaman agamanya. Berusaha menjadi orang yang manfaat di lingkungannya, terutama bisa menunjukkan pribadi yang jujur dan amanah

Salam Literasi

Indrawati, S.Pd.,M.Sc.

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bu dan sukses ya bu

20 May
Balas

Mantap

20 May
Balas

Edukasi

20 May
Balas

Salam literasi. Smoga anak bangsa menjadi insan cendikia berakhlakul Karimah.

20 May
Balas



search

New Post