IIN SUPMAWATI

Anak kedua dari tiga bersaudara. Tinggal di Jember. Guru Penggerak Angkatan 3. Pengajar Praktik PGP Angkatan 9. Pengurus LDB dan KGBN Jember. Pelatih...

Selengkapnya
Navigasi Web

3.2.a.3. Mulai dari diri

Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

3.2.a.3. Mulai dari diri

1. Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?

Jawaban :

Sosok pemimpin yang pernah saya tahu selama berprofesi sebagai guru adalah seseorang yang bijaksana, tegas, disiplin, dan dapat menjadi suri teladan bagi orang yang dipimpinnya. Beliau juga fleksibel dan mempunyai empati yang tinggi, sehingga dalam kepemimpinannya berjalan nyaman namun tetap disiplin.

Hal yang paling saya ingat dari sosok pemimpin tersebut adalah beliau mau mendengarkan pendapat dari orang yang dipimpinnya dan berusaha memusyawarahkan segala hal untuk mencapai kemufakatan.

2. Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?

Jawaban :

Setelah mengingat sosok pemimpin yang saya tahu, menurut saya pribadi sosok pemimpin yang ideal adalah seseorang yang berkharisma, mempunyai wibawa, disiplin, tegas namun fleksibel, dan mau mendengarkan pendapat dari orang yang dipimpinnya, jujur, dapat menjadi suri teladan yang baik.

Tugas seorang pemimpin antara lain menurut saya

a. melayani dan mengayomi orang yang dipimpinnya

b. menjadi contoh yang baik,

c. mampu memanajemen waktu

d. membuat rencana kegiatan untuk mencapai tujuan yang sama,

e. dapat memberikan job description yang jelas supaya semua paham akan tugas dan kewajibannya

f. memberikan hak-hak yang harus diterima oleh orang yang dipimpinnya.

g. Dapat memotivasi pengembangan diri menjadi lebih baik lagi.

h. Menginspirasi

3. Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu? Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

Jawaban :

Masih ingat, Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah antara lain :

Faktor biotik meliputi kepala sekolah, guru, murid, penjaga, TU, tanaman, hewan. Faktor abiotik meliputi sarana dan prasarana, keuangan, bangunan.

Yang berarti hubungan antar manusia dengan lingkungannya, hubungan murid dengan guru, murid dengan murid, juga hubungan antara murid dengan sarana sekolah. Jika sarana dan prasarana dirawat dengan baik oleh pihak sekolah dan dipakai dengan hati-hati oleh guru dan murid akan berdampak pada keseimbangan ekosistem sekolah. Faktor pembuangan sampah di fasilitas sekolah juga dapat mempengaruhi keseimbangan sekolah.

4. Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah? Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?

Jawaban :

Peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah adalah memaksimalkan penggunaan sumber daya yang sudah ada untuk kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid.

Sumber daya yang dimiliki oleh sekolah, antara lain :

a. Sumber Daya Manusia, antara lain Kepala sekolah, guru, murid, komite, penjaga, TU, wali murid, pedagang, dan masyarakat.

b. Sumber Daya Alam, antara lain bumi, udara yang bersih, taman, tumbuhan, hewan , dan tanah di sekeliling.

c. Bangunan fisik, antara lain gedung, ruang kelas, perpustakaan, mushola, ruang guru, sarana dan prasarana, kamar mandi, lapangan olahraga, tempat parkir, dan lain-lain.

d. Modal sosial antara lain norma dan aturan yang mengikat masyarakat, investasi yang berdampak bagi manusia contohnya kepemimpinan kerjasama saling percaya, dan organisasi.

e. Modal finansial antara lain dana BOS, tabungan, investasi, pendapatan pajak, gaji, termasuk juga pengetahuan.

f. Modal politik, antara lain ukuran keterlibatan sosial lembaga pemerintah yang memiliki hubungan dengan komunitas, seperti komunitas sekolah, komite, pelayanan kesehatan, pelayanan listrik.

g. Modal agama dan budaya, antara lain perhatian, kasih sayang, kebudayaan, adat istiadat, kelembagaan, dan tokoh-tokoh penting.

5. Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

Jawaban :

Saya menggambarkan posisi diri saya dalam ekosistem sekolah yaitu sebagai guru yang harus menjaga hubungan baik dengan sesama guru, kepala sekolah, murid dan wali murid, juga harus merawat dan menjaga lingkungan sekitar.

Gambaran diri saya dalam pengelolaan sumber daya sekolah

Saya merupakan aset sebagai seorang guru yang memiliki kekuatan dapat berkolaborasi, semangat, dan memotivasi murid-murid untuk menjaga lingkungan dan merawat lingkungan sekitar.

Kelemahan saya kurang memiliki waktu di sekolah, dikarenakan banyaknya tugas yang harus dilaksanakan di luar sekolah.

6. Apa saja Harapan pada diri anda sebagai seorang pendidik pemimpin dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Jawaban :

Diri sendiri : dapat memaksimalkan kekuatan pada diri saya sendiri sebagai seorang pendidik dan pemimpin pembelajaran untuk mengelola sumber daya yang ada di sekolah.

Murid : saya mengharapkan murid-murid menjadi lebih peduli pada lingkungan sekitar, mampu mengelola dan memanfaatkan, serta merawat.

Sekolah : saya mengharapkan sekolah mempunyai sumber daya dan sarpras yang lengkap supaya proses pembelajaran dapat berjalan maksimal.

7. Apa saja kegiatan materi manfaat yang anda harapkan ada dalam modul ini?

Jawaban :

Yang saya harapkan dari materi dalam modul ini yaitu cara-cara untuk memaksimalkan sumber daya yang ada di ekosistem sekolah dengan menggali manfaat yang semaksimal mungkin untuk pembelajaran yang berpihak pada siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

salam literasi...

22 Feb
Balas

Salam

07 Feb



search

New Post