IIN SUPMAWATI

Anak kedua dari tiga bersaudara. Tinggal di Jember. Guru Penggerak Angkatan 3. Pengajar Praktik PGP Angkatan 9. Pengurus LDB dan KGBN Jember. Pelatih...

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMBEKALAN CPP HARI KE-6

Elaborasi Konsep Pendidikan Yang Memerdekakan

 

Setelah selesai menonton, pilih konteks penerapan yang akan Anda bahas, sekolah tempat Anda bekerja atau sekolah-sekolah di wilayah kerja. Lalu, buatlah kerangka penerapan Pendidikan yang Memerdekakan pada konteks yang sudah dipilih. Namun sebelum itu, untuk memudahkan Anda dalam membuat kerangka, Anda diminta untuk mempertimbangkan jawaban dari beberapa pertanyaan berikut.

 

 1.       Pemikiran apa yang harus ditanamkan?

 

Pemikiran yang harus ditanamkan adalah bahwa anak sebagai makhluk yang secara kodrat diciptakan sempurna dengan akal, emosi,potensi dengan kesadaran dan kehendak yang dimiliki. Pendidikan yang memerdekakan yakni mengembalikan manusiasebagai makhluk yang sempurna, merdeka dari tekanan dan merdeka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

 2.       Praktik-praktik pembelajaran apa yang menurut Anda bisa diterapkan?

Praktik-praktik pembelajaran yang menurut saya bisa diterapkan, antara lain melakukan evaluasi bersama tentang kelebihan dan kekurangan, anak-anak diberi kesempatan untuk membuat perencanaannya sendiri, fungsi sekolah sebagai penghubung siswa dengan dunia nyata, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman, aturan yang diganti dengan kesepakatan.

 3.  Praktik-praktik pembelajaran apa yang menurut Anda perlu dihilangkan?

Praktik-praktik pembelajaran yang menurut saya perlu dihilangkan, yaitu pemberian hadian pada anak yang lebih, pemberian hukuman bagi anak yang melanggar, serta pembuatan keputusan/aturan tanpa melibatkan siswa.

 4.       Potensi apa yang bisa mendukung penerapan prinsip Pendidikan yang Memerdekakan?

Potensi yang bisa mendukung penerapan prinsip Pendidikan yang Memerdekakan antara lain lingkungan belajar yang nyaman dan aman, warga sekolah yang memahami satu visi, pemahaman masyarakat umum dan orang tua tentang pendidikan yang memerdekakan, kemauan guru untuk memperbaiki pembelajarannya.

 5.       Tantangan apa saja yang dihadapi?

Tantangan yang dihadapi yaitu kewenangan yang dimiliki belum menyentuh seluruh aspek, masih di sekitar kelas, perkembangan teknologi yang sangat pesat, ketidak siapan masyarakat umum dan orang tua murid terkait pendidikan yang memerdekakan.

 6.       Langkah pertama apa yang harus dilakukan?Langkah pertama yang harus dilakukan melakukan dialog dengan warga sekolah, orang tua, tokoh praktisi, dan masyarakat umum.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya.

16 Oct
Balas



search

New Post