IIN SUPMAWATI

Anak kedua dari tiga bersaudara. Tinggal di Jember. Guru Penggerak Angkatan 3. Pengajar Praktik PGP Angkatan 9. Pengurus LDB dan KGBN Jember. Pelatih...

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMBEKALAN CPP HARI KE-8

Mulai Dari Diri - Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan

1. Hal apa saja yang pernah Anda lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar rumah)?

2. Bagaimana dampak atas transformasi pendidikan yang Anda lakukan pada ekosistem pendidikan terdekat?

3. Apa yang sudah/belum berjalan dengan baik ketika Anda memprakarsai transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat?

( Jawaban )

1. Hal yang pernah saya lakukan untuk membuat transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat (sekolah, sekitar rumah) yaitu melakukan pengimbasan atau diseminasi terkait pembelajaran yang memerdekakan dalam hal budaya pisitif.

2. Dampak atas transformasi pendidikan yang saya lakukan pada ekosistem pendidikan terdekat yaitu adanya peningkatan oemahaman dari konsep pembelajaran yang memerdekakan. Guru lebih sabar dan mau memahami anak, melayani dengan sebaik mungkin.

3. Yang sudah berjalan dengan baik ketika saya memprakarsai transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat terwujudnya komunitas belajar kegiatan rutin di gugus untuk berbagi praktik baik.

Yang belum berjalan dengan baik ketika saya memprakarsai transformasi pendidikan di ekosistem pendidikan terdekat yaitu terbatasnya waktu, belum diterapkannya praktik baik dari rekan sejawat.

Sebelum Anda memulai pembelajaran di sesi kedua ini, silahkan pelajari pertanyaan-pertanyaan berikut ini lalu cobalah untuk menjawab pertanyaan tersebut (tanpa harus ditulis).

Apakah transformasi pendidikan yang sudah anda prakarsai pada pembelajaran I sudah membawa dampak pada ekosistem pendidikan terkait? Faktor penting apa yang membuat prakarsa tersebut berhasil atau gagal diimplementasikan? Jika sudah memberikan dampak, bagaimana prakarsa transformasi pendidikan itu dapat terus berkelanjutan? Apa sumber daya yang dibutuhkan?

(Jawaban)

1. Iya, transformasi pendidikan yang sudah saya prakarsai pada pembelajaran I sudah membawa dampak pada ekosistem pendidikan terkait namun belum maksimal.

Faktor penting yang membuat prakarsa tersebut berhasil diimplementasikan adalah adanya dukungan dari kepala sekolah dan rekan sejawat. Prakarsa transformasi pendidikan itu dapat terus berkelanjutan apabila komunikasi dan kolaborasi dengan stakeholders terkait dapat terjalin dengan baik. Sumber daya yang dibutuhkan antara lain modal manusia (Dinas pendidikan, KS, rekan sejawat, anggota gugus, orang tua, murid)

Refleksi Hari ke 8 model 4P

Peristiwa apa yang terjadi?

Hari ini sangat luar biasa. Dimana banyak pengetahuan baru yang saya dapat. Dibuka dengan pemaparan praktik baik dari rekan sesama CPP tentang prakarsa perubahan menggunakan kanvas ATAP yang menginspirasi. Dimana praktik baik tersebut dapat diterapkan di sekolah. Sesi siang belajar tentang transformasi pendidikan, mengetahui lebih dalam 3 elemen kunci yaitu inisiatif, pemimpin, pengikut. Ditutup dengan presentasi secara kelompok tentang prakarsa perubahan menggunakan BAGJA.

Perasaan apa yang muncul?

Perasaan yang saya rasakan yaitu bahagia, dan semangat untuk menerapkan hal-hal yang menarik. Tumbuh banyak ide yang akan saya bagikan pada murid dan pada rekan sejawat.

Pembelajaran apa yang diambil?

Pembelajaran yang diambil saya dapat merefleksikan elemen kunci dalam memimpin sebuah transformasi pendidikan. Saya dapat mengenali model BAGJA Inkuiri Apresiatif untuk melakukan perubahan sosial.

Bagaimana pembelajaran dapat digunakan di masa depan?

Pembelajaran dapat digunakan di masa depan dalam merefleksikan penerapan filosofi Inkuiri Apresiatif dalam praktik pendidikan yang telah dilakukan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post