Iis Sa'adiah

Pernah Belajar di Universitas Islam Nusantara.. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan...sekarang mengajar di MTs N 1 Kota Cilegon - Banten...

Selengkapnya
Navigasi Web

Dimsum ala Rumahan

Hari ini..Minggu, 3 Mei 2020...hari ke 10 Di bulan Ramadhan 1441 H.... Sudah 9 hari terlewati..ramadhan di rumah saja... Tidak ada kegiatan keluar rumah untuk buka bersama dengan sanak saudara, kerabat, rekan kerja atau dengan gank Ema-ema...seperti ramadhan tahun lalu... Banyak kebaikan ketika kita kumpul bersama keluarga hampir 24 jam sehari semalam...tidak kemana-mana..stay at home.. Banyak pula kegiatan-kegiatan rumah yang dikerjakan bersama dengan anak-anak... Padahal kami jarang sekali kumpul..apalagi masak dan makan bersama..paling kita makan bersama di luar...jajan di tempat-tempat makanan ataupun jajanan selera meraka..selera anak muda.....orang tua ngikutin aja....

Seperti hari ini...cucuku mau buka bersama omanya...minta omanya masak masakan yang serba bakar dan kukus ..alias tidak goreng-gorengan...walhasil hari ini oma siapin ayam filet untuk dibuat dim sum (makanan anak jaman now)...ayam filet dibagi dua bagian....sebagian diblender untuk dijadikan adonan dim sum..sebagian lagi diiris dadu untuk dibuat sate taichan (begitu anakku ngasih nama ..padahalmah sate ayam).. Semua pengerjaan kulakukan sendiri dengan senang hati..bisa memenuhi permintaan anak dan cucuku...karena..bila tidak stay at home..boro-boro mau bikin sate...masak juga jarang...karena hampir semua anggota keluarga punya kegiatan diluar rumah..dan makanpun dilakukan di tempat kerja... Yaaa begitulah....ada barokah dibalik musibah...tapi tetap saja doa dan harapan kita..musibah ini segera berakhir.. Karena aktifitas di luar..terutama sebagai pekerja..pedagang..kantoran..kuli dll..harus bekerja di luar rumah..bila tidak pemasukan mereka akan berkurang..bahkan bisa jadi diphk dan tidak bekerja lagi..karena buruh ataupun karyawan akan dirumahkan ketika perusahaan atau tempat dia bekerja ditutup dan tidak beroperasi lagi....

Begitulah...imbas dari musibah yang sedang melanda dunia ini... Hari ini kita jalani seperti air mengalir saja..ngikutin irama perkembangan yang setiap saat bisa kita pantai..lihat dan dengar di media sosial..televisi..radio dan alat komunikasi lainnya.... Persiapan buka puasa hari ini sudah disiapkan sebentar lagi dieksekusi.... Mumpung masih ada waktu..saya sempatkan untuk menulis...info buka puasa buat para sahabat MGIku....

Untuk info saja...barangkali ada yang mau mencoba dimsum buatan rumah..inilah bahan-bahan dan bumbunya serta cara membuatnya....... Sediakan ayam filet kira-kira 1/2 kg..1 butir telur.. 4 - 5 sendok makan tepung aci...1 buah wortel ukuran sedang..3 lembar daun seledri...jangan lupa beberapa lembar pangsit yang siap saji...

Untuk bumbu... Sediakan 1 bungkus masako...1 bungkus saori..3 siung bawang putih..dan garam (sesuai selera..karena dari masako sudah ada rasa asin).... Cara membuatnya...daging ayam filet yang sudah dipotong kecil-kecil diblender bersamaan dengan semua bumbu dan telur...setelah halus..campurkan dengan tepung aci kemudian masukan pula irisan daun seledri (kecil-kecil saja) dan wortel yang sudah diparut (agar lebih indah, pakai parutan keju)

Setelah semua adonan siap...masukan satu sendok adonan ke dalam pangsit...kemudian satukan semua ujung pangsit, agar bisa menutupi semua adonan...masukan kedalam langseng yang airnya sudah mendidih..sambil mengukus..sambil juga membuat adonan...... SELAMAT MENCOBA..

#dimsumalaoma#

#stayathome,tatapjagakesehatan#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bulan Ramadhan jadi banyak kreasi...bisa mencoba banyak masakan..yang tersebar banyak di embah google...apapun jadinya hasil kreasi kita....kalau di bulan ramadhan bawaannya enaaaaak aja......mungkin efek lapar kali yaaaaa...

04 May
Balas

Terimakasih Bu, resepnya

12 May
Balas



search

New Post