Illah nafilah,s.pd

Berusahalah tuk menjadi lebih baik setiap hari...

Selengkapnya
Navigasi Web
Badan Sehat Berkarya Tak Berat

Badan Sehat Berkarya Tak Berat

Menjadi manusia yang penuh dengan karya dan bermanfaat bagi sesamanya, pastilah menjadi keinginan semua orang. Kalau ada orang yang memiliki pikiran sebaliknya, maka hal itu tentunya terjadi karena ada hal-hal yang kurang wajar dalam diri.

Siapa orangnya yang tidak ingin berkarya dan berkarir. Walau keinginannya kuat, namun jika tidak tau jalan yang harus di pilih mana, maka seseorang tidak akan dapat meraih keinginannya itu. Untuk menjadikan diri kita memiliki karya, tentunya tidak hanya satu faktor saja, akan tetapi ada beberapa faktor, diantaranya bekerja keras, ulet, tahan uji, mengulangi jika terjadi kegagalan, dan satu yang penting yaitu sehat badan, yang tentunya mencakup sehat jiwa dan raga.

Membicarakan point terahir ini tentunya menarik, karena ada hubungan yang erat antara badan yang sehat dengan karya yang dihasilkan.

Kok bisa ya.

Begini, jika badan kita dalam kondisi kurang sehat atau sakit, adakah kita terpikir untuk membuat sesuatu?

Membuat sesuatu untuk diberikan atau dipersembahkan kepada pada orang lain?

Secara alamiah kita akan menjawab 'tidak', walau dalam kenyataannya ada beberapa orang yang dengan sakitnya dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Namun ini terjadi dalam seribu berbanding satu, atau bahkan sejuta banding satu. Sejuta orang sakit hanya satu orang yang bisa menghasilkan karya dalam sakitnya itu.

Jika demikian adanya, maka untuk menghasilkan karya tentulah memerlukan tubuh yang sehat, juga jiwa dan raga yang sehat pula. Karena ada orang yang memliki tubuh sehat, namun jiwanya tidak sehat, sehingga dalam Berkarya merugikan orang lain, korupsi misalnya.

Oleh karena itu, mari kita jaga anugerah terindah dari Allah Subhanahuwata'ala Tuhan yang Maha Esa berupa tubuh kita ini, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik dan tidak berlebihan, istirahat yang cukup, dan yang paling tidak boleh tertinggal dan terlupakan yaitu olahraga.

Meskipun kedengarannya agak aneh bagi sebagian Ibu-ibu rumah tangga, namun jika disadari betapa pentingnya olahraga ini bagi tubuh, tentunya tidak akan di tinggalkan.

Mendengar kata olahraga yang terbayang dibenak kita adalah para atlit di lapangan sepak bola atau badminton dan yang lainnya. Padahal olahraga ringan bisa kita lakukan setiap hari dengan durasi yang tidak terlalu lama, semisal berjalan kaki di komplek perumahan lima belas sampai tiga puluh menit setiap hari.

Dengan olahraga ringan dan tak berbayar ini, Insya Allah akan menjadikan kita orang yang sehat dan Insya Allah bisa berkarya dan berkarir dengan baik.

Mengapa demikian?

Apakah benar hanya dengan berjalan kaki setiap hari badan kita akan bugar?

Bukankah setiap hari juga kita berjalan kaki?

Jawabannya sangat luar biasa, karena mantaat berjalan kaki itu banyak, diantaranya: Menjaga berat badan ideal, Mengontrol gula darah, Meningkatkan suasana hati, Membantu melancarkan pencernaan, Menguatkan tulang otot kaki, Memelihara kesehatan sendi, Meningkatkan daya tahan tubuh dan Menjaga kesehatan jantung.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat ini, yakinkah akan meninggalkan olahraga murah ini.

Maka, jagalah selalu lesehatanmu agar engkau mampu berkarya untuk negaramu, sebisa dan sekemampuanmu. Singsingkan lengan, kayuh dengan sepenuh jiwa semangat dalam dada, semoga Allah Subhanahuwata'ala selalu menyerta. Aamiin

Profil penulis

Illah Nafilah,S.Pd

Kepala Sekolah SD Negeri 021 Berapit kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu Riau.

Fb. Bunda Nafilah

IG. Bunda Nafilah

Wa. 085265088877

Email . [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

15 Sep
Balas

Mantap semua jadi ringan ya

15 Sep
Balas



search

New Post