Ilma Wiryanti

Ilma Wiryanti, mengajar adalah aktivitas sehari-hari saya. Namun saya punya hobi menulis dan berkebun. Hal yang juga menarik minat saya adalah masalah lingkunga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pandangan RA Kartini tentang Pendidikan Pedagogik Kunci dari Pengajaran.
Kartini 2022 sumber detik.com

Pandangan RA Kartini tentang Pendidikan Pedagogik Kunci dari Pengajaran.

“Tetapi apalah artinya pandai dalam ilmu yang hendak diajarkan itu, apabila ia tidak dapat menerangkan secara jelas kepada murid-murid”..

RA Kartini.

***

Pemikiran Kartini tentang dunia pendidikan memang sangat jelas. Seorang bisa dikatakan seorang pendidik apabila dia pandai dalam menerangkan suatu ilmu kepada muridnya. Keterampilan dan seni mendidik inilah yang kita kenal dengan istilah pedagogik.

Pedagogik merupakan suatu ilmu pengetahuan yang wajib dikuasai oleh para tenaga pengajar, dimana di dalamnya terdapat kajian tentang proses pengajaran dan pembelajaran, cara mengelola tempat belajar-mengajar, organisasi sekolah, dan interaksi guru dan pelajar.

Tujuan pedagogik adalah untuk memanusiakan manusia, agar dapat menjadi seseorang menjalani hidup dengan bahagia. Dengan kata lain, sebuah persiapan agar seseorang dapat mejalani hidup dengan baik di lingkungan sosial. Hal ini seiring dengan hakikat pendidikan itu sendiri.

Ada 7 aspek dalam kompetensi pedagogik yang harus dikuasai, yaitu:

1) Karakteristik para peserta didik.

2) Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik.

3) Pengembangan kurikulum.

4) Pembelajaran yang mendidik.

5) Pengembangan potensi para peserta didik.

6) Cara berkomunikasi.

7) Penilaian dan evaluasi belajar.

Begitu penting ilmu ini dikuasai oleh seorang pendidik, bahkan RA Karitini mengungkapkan tidak ada artinya seseorang itu sangat menguasai suatu ilmu, tapi dia tidak pandai mengajarkannya kepada muridnya.

Singaraja, 21 April 2022

Selamat Hari Kartini

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post