Ilwati

Hj.Ilwati, S.Pd, M.MPd. Bertugas di MAN 2 Kota Payakumbuh-provinsi Sumatera Barat, sebagai guru kimia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Kimia itu Menyenangkan Merakit Elektrolit Tester

Belajar Kimia itu Menyenangkan Merakit Elektrolit Tester

Menumbuhkan semangat dan motivasi serta kreativitas peserta didik dalam pembelajaran merupakan tugas kita sebagai guru. Kerinduan pembelajaran tatap muka sudah terwujud. Kreativitas peserta didik sudah bisa kita amati.

Pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk sulit bagi peserta didik. Kenapa? Karena mempelajari hal yang abstrak. Mempelajari atom, ion, molekul. Untuk memahami materi, butuh pengamatan untuk membuktikan yang abstrak tersebut.

Materi kali ini tentang larutan elektrolit dan non elektrolit. Peserta didik harus bisa membedakan mana larutan elektrolit dan nonelektrolit. Peserta didik sebelumnya juga dituntut punya keterampilan untuk merancang alat untuk mengujinya. Namanya elektrolit tester. Untuk itu, peserta didik harus bisa merancang alat tersebut. Mereka antusias mengerjakannya. Mereka sangat gembira saat alatnya berhasil mereka rakit. Alat yang sederhana. Merupakan gabungan dari ilmu fisika dan kimia.

Alhamdulillah... Semangat belajar mereka muncul setelah hampir dua tahun dengan pembelajaran daring. Alat sudah selesai dirakit, siap untuk digunakan. Mudah-mudahan mereka bisa lebih memahami apa yang mereka pelajari, sehingga mereka lebih menyukai pekerjaan kimia. Ternyata belajar kimia itu menyenangkan.

Tagur H.15#TantanganGurusiana

Payakumbuh, Sabtu 15 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Buk il. Bagian ini hobby saya waktu kecil, hingga menghitung tahanan resistor, kapasitor, dioda yang menghasilkan lampu flip-flop, radio kristal tanpa batrai, aneka bunyi hingga robot. Waktu itu hanya memakai solder cimporong hiks ...

15 Jan
Balas



search

New Post