Ilwati

Hj.Ilwati, S.Pd, M.MPd. Bertugas di MAN 2 Kota Payakumbuh-provinsi Sumatera Barat, sebagai guru kimia. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Saatnya Action dengan Karya Mereka Sendiri (Praktikum Daya Hantar Listrik dalam Larutan)

Saatnya Action dengan Karya Mereka Sendiri (Praktikum Daya Hantar Listrik dalam Larutan)

Saatnya praktikum. Kerinduan peserta didik untuk bisa praktikum di laboratorium kimia alhamdulilah terlaksana. Alat yang mereka rakit sendiri sudah bisa mereka praktekkan.

Elektrolit tester sudah selesai dirakit oleh anak didikku. Masing-masing kelas ada 6 kelompok. Berarti ada 6 set elektrolit tester dalam satu kelas, yang merupakan karya mereka sendiri.

Sekarang saatnya mereka action. Mereka semua antusias melakukan praktikum menguji daya hantar listrik larutan. Mereka bisa mengamati gelembung gas yang terjadi pada elektoda positif dan negatif, ada gelembung, banyak, sedikit atau tidak ada sama sekali. Gejala yang bisa diamati yang lain adalah bola lampu, menyala atau tidak. Nah, dari pengamatan tersebut mereka bisa kategorikan larutan tersebut ke larutan elektrolit kuat, elektolit lemah dan nonelektrolit.

Setelah mereka lakukan praktikum, mereka bisa menjawab, kenapa larutan tersebut bisa menghantarkan arus listrik? Mereka bisa temukan sendiri jawabannya. Dengan demikian, mereka bisa pahami apa yang mereka pelajari. Semangat belajar meningkat dan hasilnyapun insyaallah akan memuaskan.

Tagur H.17#TantanganGurusiana

Payakumbuh, Senin 17 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post