Imam Fahruzi

Tutor Pendidikan Kesetaraan di SPNF SKB Balikpapan Selatan sejak 2007. Mengampu Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Ketua DPD FTPKN Provinsi Kalimantan Timur. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERANG BANJAR
Tambang Batu Bara Oranje Nassau di masa lalu.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERANG BANJAR

Faktor eksternal

Revolusi industri mendorong Belanda untuk mencari sumber daya baru untuk menggerakkan mesin-mesin industrinya. Setelah mengetahui tanah jajahannya di Banjarmasin terdapat tambang batu bara tradisional, Belanda memaksa Sultan Banjar waktu itu untuk memberi konsensi tambang batu bara. Maka berdirilah tambang batu bara pertama di nusantara (Indonesia) pada tanggal 21 September 1849 yang diberi nama tambang batu bara Oranje Nassau.

Faktor internal

1. Suksesi pergantian Sultan Banjar pasca wafatnya Sultan Adam tahun 1857 yang menjadi konflik karena Belanda turut campur dalam urusan istana.

2. Akhir tahun 1858 lahirnya gerakan nativisme, yakni gerakan yang ingin mengembalikan kebudayaan dan konsensi kesultanan seperti pada waktu Kesultanan Banjar dipimpin oleh Sultan Kuning. Gerakan ini dipimpin oleh Datuk Aling.

Pengaruh gerakan Datuk Aling ini mendapat dukungan dari Pangeran Antasari sehingga gerakannya makin meluas ke Banua Lima.

Sultan Tamjid menganggap gerakan ini menjadi ancaman baginya. Maka dibuatlah perintah untuk menangkap Datuk Aling dan memanggil Pangeran Antasari menghadap Sultan Tamjid.

Mula-mula gerakan rakyat ini adalah bentuk protes rakyat kepada pemerintahan Sultan Tamjid, lama-lama berubah menjadi anti Belanda. Oleh Pangeran Antasari gerakan-gerakan rakyat di Banua Ampat dan Banua Lima ini diarahkan langsung kepada pemerintahan penjajah Hindia Belanda.

Maka, pada tanggal 28 April 1859 diseranglah Tambang Batu Bara Oranje Nassau di Pengaron sebagai awal permulaan Perang Banjar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

jadi tahu penyebab perang banjar, terima kasih pak

28 Apr
Balas

sama-sama Pak. Terima kasih telah sudi membaca dan memberi komentar. Semoga selalu sehat dan bahagia. Aamiin..

28 Apr



search

New Post