Iman Rozikin Bayu Aji

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Ajining diri soko lathi, Ajining rogo soko busono

AJINING DIRI SOKO LATHI

AJINING ROGO SOKO BUSONO

Saya sangat ingin menulis buku tentang “ Ajining diri soko lathi, Ajining rogo soko busono “ alasan saya menuli buku ini karna perjalanan hidup saya dan pengalaman saya selama hidup dan bergaul dengan masyarakat, disaat sekarang ini banyak orang dengan berbagai gaya hidup baik dalam hal cara berpakaian dan cara berbicara. Ada orang yang berpakaian asal-asalan, asal menutupi badan, ada juga orang yang selalu berpakaian selalu rapi, bersih dan selalu tertata dalam berpakaian. Begitu juga dengan cara berbicara setiap orang memiliki cara berbicara yang berbeda-beda, ada orang yang berbicara keras, lebmut, dan sedang. Begitu juga dengan cara berbicara ada orang yang berbicara dengan tertata, sopan menjaga perasaan orang yang di ajak berbicara seolah olah tidak mau menyakiti perasaan orang yang diajak bicara, tetapi ada juga orang yang berbicara tanpa melihat dan tanpa menghiraukan perasaan orang yang di ajak berbicara dia tidak memiliki etika cara berbicara yang baik dengan orang lain. Begitulah ragam orang dalam berpakaian dan berbicara di masarakat kita. Khususnya kita sebagai guru sebagai seorang pendidik yang mendidik anak untuk menjadikan anak yang berakhlak mulia dan berkarakter yang baik, kita sebagai guru harus tau cara berpakaian dan berbicara yang baik, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Kita sebagai guru di sekolahan setiap gerak gerik kita, tingkah laku kita di lihat dan perhatikan oleh anak didik kita, murid-murid juga memperhatikan dan meniru cara berbicara dan berpakaian seorang guru. Oleh karena itu kita sebagai guru harus benar-benar memperhatikan cara kita berbicara dan berpakaian di lingkungan sekolah, agar anak didik kita bisa meniru seperti apa yang telah di lakukan oleh guru di sekolah, orang akan di segani oleh orang lain karena salah satunya karna cara kita berpakaian, dan orang juga akan di segani orang lain karna cara bicara kita, apabila bicara kita tertata, bicara yang benar tidak berbohong dapat di percaya maka kita akan di percaya dan di hormati dan disegani oleh orang lain. Maka kita sebagai eorang guru harus benar-benar memperhatikan semua hal tersebut, dalam bahasa jawa ada kalimat yang berbunyi “ Ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono “ yang dala bahasa Indonesia kurang lebihnya berarti harga diri kita dilihat dari cara bicara kita yang baik dan harga diri badan kita di lihat dari cara kita berpakaian, apabila cara kita berbicara dengan baiak dan cara kita berbusana atau berpakaian baik dan rapi maka kita akan di hormati dan di segani oleh orang lain. Jadi pada dasarnya kita harus berpakaian dan berbicara yang baik di hadapan orang lain terutama di hadapan peserta didik kita agar anak didik kita menerapkan cara-cara bicara dan berpakaian yang baik di lingkungan mayarakat.

Penyusun : Peserta Sagusabu 2 Purbalingga

SD Negeri 1 Bakulan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masukan buat Tulisannya 1. Penulisan kalimat bahasa Jawanya mungkin perlu perbaikan, 2. Tulisan bisa dibuat menjadi beberapa paragraf Semoga bermanfaat. Salam kenal dari guru di pelosok Wonosobo

29 Oct
Balas

Selamat datang di gurusiana, teruslah berkarya, berkreasi. Terima kasih tulisannya memotivasi kita. Saya alumni sagu sabu Purbalingga 1, salam.

29 Oct
Balas

Mksh pak, komennya..

29 Oct
Balas

terimakasih pak

30 Oct
Balas



search

New Post