Im Tri Suyoto

Im Tri Suyoto, anak desa yang terdampar di kota tanpa bisa melepaskan kedesaannya. Sekarang berumah di Semarang, Jawa Tengah....

Selengkapnya
Navigasi Web
Menimbang

Menimbang "Komentar" di Gurusiana

Komentar adalah ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, teks dan sebagainya untuk menjelaskan atau menerangkan (KBBI).

Secara sederhana komentar itu merupakan tanggapan atau ulasan atas berita atau teks.

Karena komentar merupakan tanggapan atau ulasan, maka orang yang komentar harus membaca dan memahami berita atau teks yang dibaca.

Jadi syarat pertama memberikan komentar adalah membaca. Kedua mampu menangkap isi bacaan, dan ketiga mampu menyampaikan pikiran untuk menanggapi isi bacaan.

Menanggapi sebuah bacaan, teks, atau artikel sebenarnya cukup sederhana. Mulailah dari satu kata seperti, setuju; bagus; bermanfaat; inspiratif; tidak setuju; kurang tepat; dan sejenisnya.

Agar kita tidak jadi pencela atau sekadar pengagum maka, kata-kata tersebut sebaiknya kita lengkapi dengan alasan.

Sebagai misal, Setuju sekali, Bu. Dengan berlatih menulis setiap hari, kepikunan kita akan tertunda.

Beberapa Keuntungan Menulis Komentar

Ada beberapa keuntungan jika kita rajin menulis komentar. Keuntungan itu di antaranya:

1. Keterampilan membaca kita meningkat

2. Meningkatkan kemampuan menulis kita

3. Meningkatkan daya kritis edukatif

4. Membuat orang lain (penulis) merasa senang

Demikian, sekilas saja tentang menulis komentar. Jadi, kita bisa mulai belajar menulis dengan memberikan komentar pada artikel teman di Gurusiana.

***Berikut akan saya beri contoh menulis komentar pada artikel Bapak dan Ibu. (Untuk Bapak dan Ibu yang merespon tulisan ini). Salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih pak Im, ambil contoh komentar pada tulisan saya, salam kenal dan salam literasi

15 Sep
Balas

Baik, Pak Ahmad Syaidu. Mohon maaf saya tidak ijin kepada Bapak terlebih dahulu. @Saya akan juga berlatih memberikan komentat pada tulisan Bapak. #Salam dari Semarang

15 Sep

Setuju Pak Im

15 Sep
Balas

Baik, terima kasih Bu Dyahni. Saya akan membuka salah satu artikel Ibu dan akan saya berikan tanggapan, seperti janji saya pada akhir tulusan di atas

15 Sep

Bagus, setelah membaca karya orang lain sebaiknya memberi tanggapan atau meninggalkan komentar. Itu bentuk apresiasi dan jejak literasi kita di dunia maya.

15 Sep
Balas

Terima kasih Ibu Eko, saya akan belajar juga. @ Beberapa saat saya akan menepati janji, membaca artikel Obu, dan memberikan komentar

15 Sep

Benar sekali pak, mengapresiasi juga menumbuhkan semangat pd diri sendiri

15 Sep
Balas

Terima kasih Bu Siti. Saya akan membuka artikel Bu Siti dan akan berlatih (contoh) memberikan tanggapan. @salam

15 Sep

Tepat sekali Pak. Membuat komentar dengan membaca isi bacaan secara total akan menambah khasanah bacaan dan informasi serta melatih kita untuk menulis juga. Salam kenal dari Purwokerto.

15 Sep
Balas

Terima kasih Pak Ayo Sugiryo. #saya juga akan segera buka artikel Bapak, dan belajar menanggapinya. Latihan menepati janji. @Salam

15 Sep

Saya selalu memberi komentar Pak....

15 Sep
Balas

Bagus Bu Rini. Ibu pasti sudah beramal dan tanpa terasa tulisan-tulisan Ibu semakin tajam. #Saya juga akan membaca artikel Ibu Rini yg dan memberikan contoh, eh anu.... latihan memberikan komentar.

15 Sep



search

New Post