Nadiman

Humoris, pendiam, gaul , aktif dan humble serta tidak sombong seorang yang ingin berkarya demi mencerdaskan bangsa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Workshop Kurikukum 2013, Ekstrakurikuler dan UKS Berbasis Zonasi

Workshop Kurikukum 2013, Ekstrakurikuler dan UKS Berbasis Zonasi

Bertempat di SD Negeri Karangasem 08 Kab. Batang, salah satu sekolah yang dipilih Direktorat Jendral GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan bantuan pembinaan kurikulum berbasis zonasi Sekolah Dasar tahun 2019. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Bimtek Pembinaan Kurikulum 2013 yang berbasis Zonasi di Sekolah Dasar pada tanggal 17 – 20 Juli 2019 di Yogjakarta, yang diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah penerima bantuan sepulau Jawa, SDN Karangasem 08 Batang sebagai salah satu peserta bimtek tersebut. Maka sebagai bentuk tanggung jawab, dua hari ke depan dari tanggal 4-5 November 2019 SD Karangasem 08 mengadakan kegiatan pemgimbasan dari bimtek yang telah di ikuti.

Kegiatan yang dibuka langung oleh Pak Warsito, S.Pd dari Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan SD mewakili kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang. Dalam sambutannya beliau berpesan agar para guru harus menguasai teknologi, guru harus bisa mempelajari kemajuan teknologi dengan memanfaatkan gawai. Guru harus aktif mencari informasi lewat media online seperti rumah belajar, gurusiana untuk memperkaya khasanah pengetahuan guru lewat gawai yang dimiliki . Ditambahkan oleh beliau bahwa Menteri Pendidikan yang baru, Mas Nadiem akan berinovasi dengan teknologi dengan tetap mengedepankan karakter siswa dan juga akan memasukan kembali mata pelajaran Bahasa Inggris untuk SD dalam kurikulum. Apalagi ada instruksi dari presiden untuk sang Menteri agar merombak kurikulum secara besar-besaran.

Materi yang akan didapatkan peserta bimtek ini terdiri atas empat bagian besar yaitu praktik baik pembelajaran kurikulum 2013, penilaian dan lierasi, ekstrakurikuler dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Keempat narsumber itu adalah Kunarso, S.Pd, Herdi Sukengtyas, S.Pd dari Pengawas SD, lalu Kak Mukhni dari Kwartir Ranting Batang, dan dr. Ida Murlija dari Puskesmas Batang 2. Harapan dari kegiatan ini adalah peserta bimtek bisa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya di tempat kerja masing-masing.

Hari pertama bimtek, 4 November 2019. Materi yang disampaikan narasumber hari ini adalah tentang kurikulum 2013 meliputi praktik baik dalam pembelajaran kurikulum 2013, penilaian dan literasi. Narasumber begitu gamblang dan jelas menerangkan tentang kurikulum 2013 sehingga peserta di buat enjoy dalam mendengarkan uraian dan materi yang disampaikan narasumber. Setidaknya ada enam jenis litrerasi yang diterangkan narasumber yaitu literasi baca-tulis, literasi digital, literasi numerisasi, literasi finansial, literasi sains dan literasi budaya dan kewargaan. Penerapan literasi di sekolah agar dibudayakan sehingga menjadi kebiasaan siswa di sekolah masing-masing. Kegiatan hari pertama selesai pukul 15.30 berbarengan dengan seluruh peserta keluar dari ruang bimtek dan akan kembali esok hari dengan materi yang akan lebih menarik lagi, yaitu tentang kepramukaan dengan narasumber dari Kwaran Batang dan materi UKS narasumber dari Puskesmas Batang 2. Bagaimana kegiatan hari kedua bimtek berikutnya, Kita tunggu besok yah…..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post