Imron, M.Pd

Guru SMAN 1 Lasem dan founder SMK Cendekia Lasem. Saat ini sudah selesai menulis 3 buah buku. Satu buku dengan Judul Literasi dan Sekolah Penggiran ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Konstruksi Hubungan Timbal Balik dalam menunjang Perilaku Organisasi
Paparan mata kuliah Perilaku Organisasi

Konstruksi Hubungan Timbal Balik dalam menunjang Perilaku Organisasi

Selama empat hari ini aktivitas yang penulis lakukan sungguh di luar batas kemampuan secara umum. Hari Jumat lalu harus kuliah di kampus UNNES dari pagi sampai hampir magrib. Malamnya harus  pulang ke Lasem Rembang. Karena hari Sabtu ada Lokakarya CGP Angkatan 6 sehari full. Malamnya sampai Minggu pagi melengkapi berkas PAK. Minggu pagi berangkat ke Solo, karena siangnya ada kegiatan di STIE STEKOM Kertasura. Malamnya ke Semarang untuk istirahat paginya kuliah luring lagi di kampus. Malam saat tidur, ingat tugas mata kuliah Perilaku Organisasi. Sehingga, malam bersama teman satu kelompok melemburnya. Paginya membuat presentasi dan sorenya langsung presentasi.

Dari artikel jurnal berjudul :Reciprocity in Organizational Behavior Studies: A Systematic Literature Review of Contents, Types, and Directions dapat dijelaskan bahwa teori pertukaran sosial/ Social exchange theory ( (SET) secara luas diakui sebagai salah satu paradigma konseptual yang paling berpengaruh untuk memahami perilaku organisasi (Cropanzano & Mitchell, 2005). Banyak model perilaku organisasi yang dapat dibingkai menggunakan SET berdasarkan aturan atau prinsip pertukaran tertentu, di antaranya timbal balik.

Sejak zaman kuno, timbal balik, sebagai aturan emas, telah membentuk koeksistensi di antara manusia, memengaruhi budaya, dan menempatkan dirinya sebagai salah satu elemen utama dari kode moral manusia. Misalnya, yang disebutlex talionis dalam kode Hammurabi dan Alkitab (mata ganti mata dan gigi ganti gigi), memberikan norma moral untuk memastikan persetujuan atau balas dendam sosial dan untuk mencegah penganiayaan. Pendapat bahwa timbal balik memiliki implikasi yang kuat untuk penegakan kontrak norma sosial, dan tindakan kolektif.

Konsep dan pendekatan ini juga mengarah pada interpretasi dan penerapan norma timbal balik yang luas. Dapat menyebabkan ketidakjelasan dan ambiguitas dalam bagaimana timbal balik didefinisikan, diklasifikasikan, dan digunakan, khususnya di bidang perilaku organisasi. Adopsi SET yang luas dalam banyak fenomena sosial membawa masalah ambiguitas kritis, konstruksi yang tumpang tindih, dan prediksi perilaku yang secara teoritis tidak tepat. Membawa pertukaran sosial dari kerangka unidimensi ke ruang dua dimensi, penulis mengatasi masalah kutipan yang mendukung struktur yang lebih eksplisit dan terorganisir untuk konstruksi terkait pertukaran sosial.Secara konstruksi organisasi yang berbeda menggunakan fitur timbal balik yang berbeda yaitu :

a)     Pengawasan yang ketat

pengawasan yang kasar dalam kerangka timbal balik, terutama sebagai bentuk timbal balik negatif, langsung, dan tidak seimbang. Pengawasan yang kasar terkait dengan timbal balik negatif, karena merupakan sinyal pertukaran sosial yang berkualitas rendah dan hubungan antara manajer dan bawahan.

b)    Ketidaksopanan

Karena ketidaksopanan yang dirasakan oleh target memicu keinginan untuk membalas dengan perilaku tidak beradab lainnya, hal ini menimbulkan spiral konflik antarpribadi; oleh karena itu, spiral ketidaksopanan adalah contoh yang jelas tentang bagaimana timbal balik negatif dapat terjadi di dalam suatu organisasi. Selain itu, tindakan negatif dari agresi yang lebih rendah seringkali merupakan langkah awal menuju bentuk agresi yang lebih intens yang berkembang dalam spiral timbal balik negatif

c)     Pertukaran pemimpin anggota

Dalam kasus pertukaran berkualitas tinggi, semakin besar otonomi dan dukungan yang diberikan pemimpin kepada anggota, semakin besar imbalan loyalitas dan komitmen mereka. Timbal balik bahkan lebih intuitif dalam pertukaran berkualitas rendah, di mana pemimpin membuat permintaan berdasarkan kontrak kerja atau posisi organisasi sementara pengikut mematuhi tugasnya karena pemimpin mengontrol penghargaan

d)    Perilaku Organisasi Kewarganegaraan

bahwa OCB adalah timbal balik dari tindakan positif dengan cara yang tidak seimbang. Dengan kata lain, ketika OCB dilakukan, sulit untuk menemukan kesetaraan yang tepat dari kontribusi timbal balik baik dalam jumlah maupun waktu.

e)    Komitmen Organisasional

Komitmen organisasi dapat dibingkai dalam konteks timbal balik yang positif, seperti penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa individu dengan kualitas hubungan yang lebih rendah, ditandai dengan kepentingan pribadi, mengembangkan sikap kerja yang secara signifikan lebih rendah. . Tindakan positif organisasi meningkatkan komitmen melalui norma timbal balik, dan rasa hutang ini lebih tinggi pada karyawan dengan ideologi pertukaran yang kuat.

f)      Dukungan organisasi yang dirasakan

Pemberi kerja perlu menghargai upaya karyawan, tetapi di sisi lain, karyawan merasa perlu dievaluasi secara adil oleh organisasi; oleh karena itu, norma timbal balik dapat mendamaikan kedua perspektif yang berbeda ini. Analisis anteseden dan konsekuensi dari POS menunjukkan bahwa sulit untuk menemukan keseimbangan timbal balik dari perilaku positif. Persepsi dukungan yang dirasakan karyawan menghasilkan berbagai tindakan positif lainnya.

g)     Kontrak Psikologis

Kurangnya keseimbangan sempurna dalam tindakan timbal balik dapat dipahami dengan lebih baik jika kita mempertimbangkan hasil pemenuhan kontrak psikologis. Ketika seorang karyawan merasakan bahwa dia diperlakukan dengan baik oleh organisasinya, dia membalasnya dengan komitmen

Dalam paparan selama 15-20 menit tersebut dan dalam kondisi sedikit mengantuk. Akhirnya, tuntas Kami berdua paparan materi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post