Indah Fermatasari, M.Pd

Indah Fermatasari, M.Pd adalah Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Lulusan Sarjana Ilmu Keguruan dan Pendidikan M...

Selengkapnya
Navigasi Web
Salam NYENTRIK MKKS  Bangka di Kegiatan Pengimbasan Program PPPTK IPA Bandung

Salam NYENTRIK MKKS Bangka di Kegiatan Pengimbasan Program PPPTK IPA Bandung

Sungailiat, (26/03/22)- Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka menyelenggarakan kegiatan Pengimbasan Program PPPTK IPA Bandung tentang Supervisi Pembelajaran IPA, Eksrtrakulikuler IPA dan Diklat Daring Masif dan Terbuka (DIDAMBA) bertempat di UPTD SMP Negeri 2 Sungailiat Bangka. Kegiatan Pengimbasan dihadiri sebanyak 48 Peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Bangka, Pengawas, Kepala Sekolah SMP/MTS sekabupaten Bangka, dan guru IPA.

Mohammad Dong, M.Pd selaku, Ketua Panitian Pelaksana Kegiatan Pengimbasan Program P4TK IPA Bandung Tentang Supervisi pembelajaran, Ekstrakulikuler IPA dan DIDAMBA menyampaikan bahwa tiga kegiatan tersebut telah diperoleh dan diikuti sepuluh kepala sekolah di Kabupaten Bangka pada tahun 2021. Hasil kunjungan dan kegiatan peningkatan kompetensi kepala sekolah tanggal 14 s.d 18 Februari 2022 dan menindaklanjuti Kepala P4TK IPA Bandung agar dideseminasikan di forum MKKS dan guru IPA se Kabupaten Bangka.

Melalui kegiatan Pengimbasan hari ini diharapkan Kepala sekolah dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan Supervisi Pembelajaran IPA, Landasan Kegiatan Esktrakulikuler IPA dan Keikutsertaan Guru IPA dalam program DIDAMBA yang menjadi program unggulan PPPTK IPA Bandung. Lanjut Kepala UPTD SMP N 1 Puding besar ini.

Rozali, SH, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga memaparkan pentingya acara pengimbasan untuk mengingkatkan wawasan kepala sekolah dan guru IPA dalam wawasan tentang Supervisi Pembelajaran IPA, Ekstrakurikuler dan DIDAMBA.

Kepala sekolah dapat menjadi coach bagi guru IPA dan guru mata pelajaran lainnya di satuan pendidikan, guna mengadaptasi dari program supervisi pembelajaran IPA dan Ekstrakulikuler.

Beliau juga menjelaskan program Merdeka belajar yang telah di informasikan dari Kemenrisetdikti, dan program dariPPPTK IPA Bandung agar di implementasikan di satuan Pendidikan.

Andriana Marsianti, S.Pd sebagai Fasilitator memaparkan salah satu hal mendasar dalam kegiatan Supervisi Pembelajaran IPA adalah Perencanan , dan tindak lanjut. Kepala sekolah dapat berdampingan bersama guru yang disupervisi untuk melaksanakan program supervisi IPA. perlu disepakati dalam telaah instrument supervisi. Buatlah Kesepakatan yang pada akhirnya guru yang disupervisi dapan menemukenali keunggulan dan kelemahan sebagai refleksi pembelajaran dan pemimpin pembelajaran yang Profesional” Tungkas Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sungailiat ini.

Repinarsi , S.Pd Bio selaku Pemateri kedua juga menyampaikan landasan dari kegiatan Ekstrakulikuler IPA di Pendidikan menengah salah satu diantaranya adalah Karya Ilmiah misalnya Karya Ilmiah Remaja dan Eksrkakulikuler IPA sebagaimana diatur dalam Permendikbud RI Nomor 62 tahun 2014.

Satuan Pendidikan juga sangat perlu memikirkan potensi, karakteristik peserta didik dan daya dukung lain untuk kesinambungan pembinaan kegiatan ekstrakulikuler yang terprogramkan. Kegiatan Ekstrakulikuler yang bersifat kompetitif dan kreatif menjadikan salah satu bentuk evaluasi pelaksanaan kulikuler dan bermakna bagi peserta didik dalam kehidupan sehari –hari. ujarnya Ketua MGMP IPA Kabupaten Bangka .

“ Salam Nyentrik” Sains, senyum , menarik , demikian yel- yel PPPTK IPA disemarakkan seluruh peserta kegiatan Pengimbasan pada sesi Ekstrakulikuler IPA”

Adven Setyadi, S.Pd fasilitator pengimbasan kegiatan diklat daring Masif dan Terbuka menegaskan DIDAMBA dapat diikuti oleh guru IPA dan materi yang disajikan mengikuti trend pendidikan pada tiap angkatannya. Guru IPA dan mata pelajaran lain dapat mengikuti DIDAMBA dengan mengakses link https://didamba.p4tkipa.net . Program Unggulan DIDAMBA menyediakan tujuh belas program salah satu dintaranya adalah Dasar – dasar robotika, Suhu dan Kalor, pemanfaatan media digital dalam pembelajaran IPA.

Adven juga menyarankan untuk angkatan 15 akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Karena Kelas DIDAMBA peminat yang tinggi oleh seluruh guru di Indonesia. sehingga peluang untuk mendapat kelas didamba harus diikuti oeh calon peserta didamba dengan tekad yang kuat.

“ Tingkatkan kompetensi dan profesionalitas bapak ibu guru melalui program DIDAMBA. Perlu diingat peserta didik saat ini adalah generasi alpha sehingga upgrade guru sangat diperlukan” ujar adven menutup pemaparan pengimbasan DIDAMBA.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen reportasenya, Bunda. Salam literasi

26 Mar
Balas

Terimakasih bapak Dede, salam literasi

26 Mar

Terimakasih bapak Dede, salam literasi

26 Mar

Terimakasih bapak Dede, salam literasi

26 Mar



search

New Post