Indah Fermatasari, M.Pd

Indah Fermatasari, M.Pd adalah Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Bakam Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Lulusan Sarjana Ilmu Keguruan dan Pendidikan M...

Selengkapnya
Navigasi Web
Yuk, Menulis Tanpa Plagiat

Yuk, Menulis Tanpa Plagiat

Plagiat merupakan salah satu istilah mengulangi kalimat dari pengguna atau rujukan tulisan penulis utama. Plagiat bisa diminalisir dengan cara menulis dengan tahapan tertentu . Tulisan yang di publish oleh penulis kebanyakan belum memastikan layak atau tidak. Penulis di era digital seharusnya mendeteksi tulisan dengan berbagai uji plagiat. Ini merupakan hal penting, terutama tulisan yang akan penulis kirim akan editor cek keaslian tulisan dengan uji plagiat. Salah satunya Turnitin, namun penulis pemula tidak perlu Khawatir jika tidak memiliki aplikasi Turnitin, karena terdapat jenis uji plagiat yang fungsi nya hampir sama.

Penulis pemula biasanya sangat sulit untuk tidak plagiat. Nah , untuk mengetahui tingkat Original tulisan yang dibuat , Anda bisa menggunakan laman Plagiarism Checker secara online. Diketahui bahwa Plagiarim Checker ini tidak berbayar alias free.

Guru milenial di era digital harus memanfaatkan ini.

Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi laman Chrome atau Mozila atau laman akses internet di Komputer anda

2. Ketik Plagiarism Checker atau https://smallseotools.com/plagiarism-checker/, maka akan terbuka di layar monitor seperti gambar 1 di bawah ini

3. Tahap berikutnya ,pilih dokumen yang akan diuji plagiat nya dengan cara copy dan paste di kolom plagiarism Checker yang tertera di muka laman. Anda bisa memindahkan dokumen maksimal 1000 kata, nah yang saya contohkan adalah artikel di guru siana saya yang 223 kata

Bagi anda yang bingung , kalimat yang akan di paste pada kolom di bawah tulisan berikut

PLAGIARISM CHECKER

To use this plagiarism checker, please copy and paste your content in the box below, and then click on the big red button that says “Check Plagiarism!” then sit back and watch as your artcle is scanned for duplicated conten.

4. Tulisan dalam bentuk dokumen word lebih dari 1000 kata , Anda harus memilih Choose file terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengecek

5. Penambahan file dari data yang di simpan , pilih document yang akan di check plagiarism klik open .

6. Tahap berikutnya pilih Check Plagiarism jika berhasil maka akan muncul persentase dan deretan persetiap kalimat.

7. Tampilan beikutnya akan muncul persentase result, plagiarized dan unique. Plagiarized atau kata yang berwarna merah, maka tulisan Anda harus di susun kembali tata bahasanya (compare)

8. Uniqe (kata hijau) adalah bagian kalimat yang tidak perlu anda ubah, karena dipastikan tidak plagiat

9. Ciri hasil file 100 % tingkat keasliannya seperti tampilan di bawah ini

10. Di laman Check plagiarism anda juga bisa Check Grammar. Check grammar tentunya berlaku ketika artikel atau Tulsan yang anda buat dalam kalimat dan bahasa Inggris.

Sepuluh tahapan di atas bisa langsug diterapkan, lebih cepat lebih baik. Hal ini juga akan membantu sang editor dalam mereview tulisan yang Anda kirim. Hal lain Anda tidak perlu khawatir karena tulisan di blog gurusiana tentang KTI, Kolom, Resensi, reportase, cerpen Anda Insya Allah tingkat keaslian tidak diragukan .

Yuk, Menulis Tanpa Plagiat

Selamat mencoba, salam literasi

Pangkalpinang, 5 Februari 2019 (2.08 a.m)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ayooo..cintai orisinilitas...lebih bermartabat yaa

05 Feb
Balas

Oke 2... semangat menulis

06 Feb

Kreativitas dalam mencari inspirasi... #saveorisinilitaskarya

06 Feb
Balas

Nggh .... ayo giat menulis

06 Feb

Mantap, dan membantu

06 Feb
Balas



search

New Post