Indah Nurhayati

Jentikan jarimu bisa mengubah dunia ...

Selengkapnya
Navigasi Web
RASA ITU TETAP SAMA
Supervisi kelas

RASA ITU TETAP SAMA

Hari yang dinanti telah tiba. Supervisi kelas sudah dijadwalkan dalam minggu ini. Ada yang menyambut gembira, ada yang gelisah ada pula yang biasa saja. Berbagai komentar datang dari beberapa rekan guru. Komentar positif dan komentar negatif. Guru yang sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran pasti akan menyambut gembira. Sikap gelisah nampak pada rekan guru yang selama ini hnaya sekedar mengajar (maaf). Alasan klise selalu dipakai, perangkat sudah ada tapi.....masih diLaptop.

Supervisi kelas seharusnya dianggap sesuatu biasa. Setiap semester kita sebagai guru mau tidak mau suka ataupun tidak harus menghadapi itu. Karena dengan supervisi kelas kita bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan kita dalam melaksanakan proses belajar di kelas. Diharapkan dengan supervisi kelas yang kontinyu berdampak pada peningkatan kualitas mengajar guru.

Refleksi pelaksanaan supervisi dari kepala sekolah dapat diketahui kelebihan dan kekurangan guru mengajar di kelas. Dengan demikian guru bisa mengatasi kelemahan itu dengan kegiatan pengembangan diri yang tepat. Pembalajaran yang berkualitas dikelas pada akhirnya akan meningkatkan hasil & prestasi siswa. Keberhasilan siswa merupakan ukuran keberhasilan guru juga.

Meskipun setiap semester saya sebagai guru menghadapi supervisi. Ketegangan dalam mempersiapkan selalu ada. Berbagai pikiran berkecamuk sebelum hari pelaksanaan. Memeriksa kelengkapan RPP, media yang harus digunakan, serta kondisi siswa di kelas. Terkadang kelaspun terasa berbeda dari biasanya karena ada kepala sekolah sebagai penilai. Ternyata...oh...ternyata rasa menghadapi supervisi tetap sama. Deg..degan...hee...hee...hee...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Iya bun. Salam literasi..terima kasih sdh membaca.

28 Feb
Balas

Deg degan selalu muncul ketika kita sedang diuji atau dinilai. Demikian ketika disupervisi, pasti deg degan Bund. Tapi akhirnya berlalu jua. Sukses selalu dan barakallah fiik

25 Feb
Balas

Iya bu. Terima kasih. Salam kenal

26 Feb

Berjuta rasa menghadapi supervisi yaa Bunda. Salam Literasi

26 Feb
Balas



search

New Post