indah puspitasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengalaman Pelatihan Editor di Jakarta

Pelatihan editor merupakan pelatihan lanjutan setelah saya di latih sebagai penulis. Pelatihan ini diadakan selama dua hari. Dari tanggal 4 November 2017 sampai 5 November 2017. Di SMP Islam Al-Ikhlas Jakarta Selatan.

Hari pertama kami diberi materi tentang syarat dan kode etik sebagai editor. Ternyata seorang editor juga memiliki kode etik yang harus di ikuti.

Tahap selanjutnya mencari satu artikel yang ada di suatu media on line dan memindahkannya ke komputer masing masing. Artikel tersebut di amati dan di analisa dan lakukan tugas sebagai editor ternyata banyak sekali tata bahasa yang masih tidak sesuai dengan kaedah atau peraturan dalam bahasa Indonesia.

Ada beberapa catatan sebagai seorang editor:

1. Seorang editor harus memahami kata baku, kata tidak baku, dan kata serapan.

2. Seorang editor harus memiliki beberapa buku diantaranya : buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.

Tugas berikutnya kami diminta untuk menganalisa tulisan sendiri, dari beberapa halaman ternyata banyak juga kesalahan eja yang ada. Tugas berikutnya, tugas ketiga kami diberikan satu naskah dan kami harus meng-edit tulisan tersebut. Tulisan ini sebagai pekerjaan rumah yang wajib dikumpulkan pukul 21.30.

Hari kedua, pertama kami membahas pekerjaan rumah ternyata masih banyak juga kesalahan dan perbaikan yang harus dilakukan. Disinilah banyak sekali teknik-teknik penulisan dan tata bahasa yang bisa dipelajari.

Tugas berikutnya menganalisa kembali tulisan yang telah dibuat dan temukan kesalahan dari kesalahan eja, panjang paragraf, konten bermasalah pada halaman ke berapa. Masukkan Penemuan kesalahan tersebut kedalam tabel temuan swasunting.

Lagi Lagi masih banyak kesalahan yang ada. Ternyata memang tidak mudah untuk jadi Editor.

Disamping keseriusan kami mengerjakan semua tugas, catatan berikutnya seorang editor harus memiliki sifat sabar, ikhlas dan yang lebih penting ternyata seorang editor sebelum memulai pekerjaan editor wajib memeprsiapkan bekal cukup banyak untuk menemani. Hi.hi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Berat tapi jadi tertantang ya bu Indah.

05 Nov
Balas

Betul Pak.

05 Nov
Balas



search

New Post