Indah Sukawati

Qudrat sebagai Literat. Inilah amanah yang pertama dititipkan Sang Pencipta kepada manusia, agar menjadi mulia dan mampu memimpin dunia. Mari membaca....

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyusun Materi Daring dengan Sway Office

Menyusun Materi Daring dengan Sway Office

TG hari ke-88

 PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) bukahlah semata-mata vicon (video conference) saja atau mengirimkan tugas yang menjemukan siswa. Alih-alih paham dan mencapai kompetensi yang diharapkan, yang ada malah siswa menjadi bosan bosan dengan tugas-tugas yang hari demi hari semakin menumpuk saja. Mengemas materi semasa pandemi, harus benar-benar dipilih secara jeli karena guru tidak secara langsung mendampingi. Aplikasi Sway Office yang menjadi salah satu fitur Microsoft 365 dapat menjadi pilihan.

Sway adalah aplikasi baru dari Microsoft Office 365, yang memudahkan pengguna untuk membuat dan berbagi laporan, kisah pribadi atau presentasi yang interaktif serta banyak hal yang lain. Ternyata aplikasi ini sangat bagus dipilih guru untuk digunakan menyampaikan materi secara daring, sebagai pendamping pelaksanaan vicon (video conference) yang telah dilakukan.

   Sway merupakan kanvas interaktif yang penuh warna dan animasi yang bisa membuat siswa semangat mempelajari materi, tanpa menimbulkan kejenuhan. Karena guru dapat menambahkan teks yang berisi materi pelajaran dan menambahkan gambar-gambar yang relevan dengan animasi gerak yang menarik. Selain itu guru juga dapat mencari, mengimport, dan menambahkan konten dari sumber lain, lalu biarkan sway yang menyesuaikan dan menyusunkan hingga tampil cantik.  Selain teks dan gambar, konten yang dimasukkan oleh guru dapat berupa video atau power point teks, yang diambil melalui dunia maya atau dapat juga dari device (perangkat) yang sudah dimiliki guru, yaitu dari dalam laptop atau PC (Personal Computer).

      Selain materi pelajaran dengan berbagai bentuk media yang disisipkan dalam sway, guru sekaligus dapat menyematkan materi dengan form evaluasi yang akan langsung dikerjakan siswa secara online. Form evaluasi online yang dibuat oleh guru sesuai materi, dapat dengan mudah disisipkan link atau tautannya. Dengan form evaluasi online guru mengukur kemampuan siswa tanpa harus melakukan penilaian dan mengoreksi perkejaan siswa secara manual.

     Tanpa memiliki kemampuan desain khusus atau memahami ilmu coding komputer, guru dengan mudah mampu menyusun materi dan menampilkan informasi dalam cara yang modern, interaktif dan menarik. Karena dengan sway, tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mem-format desain. Mesin desain bawaan dari aplikasi akan membantu menyempurnakan kreasi guru dalam menyusun materi. Jika desain awal tidak sesuai selera atau suasana hati, maka guru dapat dengan mudah menerapkan desain lain atau sepenuhnya mengubah sesuai tata letak dan keinginan.

      Maka ketika siswa merasa sedang menikmati sebuah karya animasi, padahal sesungguhnya mereka sedang berada dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Lalu pada akhir tayangan siswa akan menyelesaikan soal-soal evaluasi dengan mudah dan senang.

    Yang paling istimewa dari aplikasi ini adalah, bahwa siswa tidak perlu men-download atau mengunduh aplikasi apapun dalam perangkat mereka. Guru cukup menyajikannya dalam bentuk link atau alamat tautan. Hanya dengan satu kali klik saja, siswa sudah mendapatkan materi pelajaran dengan tampilan yang menyenangkan dan istimewa, sekaligus menyelesaikan evaluasinya.

     

Guru literat yang hebat selamat mencoba!

Tutorial pembuatannya sudah tersaji banyak di dunia maya.

Karena amanah pendidikan ada di tangan kita.

 

      

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bermanfaat ilmunya bun. Terima kasih. Sukses selalu.

19 Jul
Balas

Wow.. keren sekali bu.. di follow agar lebih dekat.. Indahnya berbagi ya bu

19 Jul
Balas

Makasoh bu Maria cantik.. Siap

19 Jul

Terima kasih bunda telah berbagi ilmu,sangat bermanfaat, salam

20 Jul
Balas

Keren bu

19 Jul
Balas

Matur nuwun bu Sofi

19 Jul

Belum pernah mencoba, menarik tampaknya.

20 Jul
Balas

Bermanfaat sekali infonya bund.terimakasih.

19 Jul
Balas

Alhamdulillaah..bu Nazlah..makasih

19 Jul

Kereen, Bu. sangat bermanfaat. Terima kasih ilmunya, Bu

19 Jul
Balas

Makasih bu Cici yang selalu aktif komen utk saya

19 Jul



search

New Post